STRATEGI MUDIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI (STUDI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR)

Authors

  • Reza Purnama Alumni Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Dosen Tetap Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin Dosen Tetap Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.297

Abstract

Keberhasilan dari hafalan Al-Qur’an salah satunya ditentukan oleh strategi mudir yang disusun secara khusus dalam meningkatan hafalan Al-Qur’an tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi mudir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif interpretatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan tempat penelitiannya adalah di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi mudir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri yaitu dengan tahsin, tasmi’, sabiq, muroja’ah, dan imtihan. Kedua, faktor pendukungnya adalah (a) Akhlak santri yang baik, (b) Lingkungan yang asri, (c) Bersungguh-sungguh, (d) Punya harapan yang tinggi, (e) Kekhusyuan dalam menghafal; dan (f) Sudah bisa membaca Al-Qur’an. ketiga, adapun faktor-faktor penghambatnya adalah (a) Niat yang belum ikhlas; (b) Pikiran yang sibuk dengan kegiatan lain; (c) Belum bisa menikmati bacaan Al-Qur’an, (d) Banyak bermaksiat; (e) Kurangnya kesabaran; (f) Manajemen waktu yang kurang baik; dan (g) Kurangnya muroja’ah.

 

Kata kunci: strategi, mudir, hafalan Al-Qur’an.

References

Maya, A. A. R. (2017). PERSPEKTIF AL-QUR ‘AN TENTANG KONSEP AL-TADABBUR. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Ahmadi, Abu dan Prasetya, Joko Tri. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arief Furchan. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Arifin. (2009). Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Indisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama. (2011). Al-Qur’an dan terjemahnya. Bekasi: Jakarta.

Ginanjar, M. H. (2017). AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM BEASISWA DI MA’HAD HUDA ISLAMI, TAMANSARI BOGOR). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20.

Gunawan Imam. (2013). Metode Penelitian Kualiatif Teori dan Prakik. Jakarta: Bumi aksara.

Mawardi. (2013). Pengantar Ulumul Qur’an. Banda Aceh: Pena.

Munawwir, Ahmad Warson (1997). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Tambunan, Toman Sony. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-10-02

How to Cite

Purnama, R., Maya, R., & Sarifudin, S. (2018). STRATEGI MUDIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI (STUDI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR). Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 69–75. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.297

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>