PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 KOTA BOGOR

Authors

  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Afifah Fira Nuraeni STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Annisafitri Ramadhani STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Assyifa Fauziah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ira Rahmatussyahtiyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v6i01.8794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Kota Bogor serta menganalisis faktor-faktor pendukung, faktor-faktor penghambat, dan solusi dalam mengatasi faktor-faktor penghambat dari peran guru PAI dan Budi Pekerti tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan (field research) yang dilakukan di SMKN 1 Kota Bogor. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur-dokumentatif. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan pendekatan deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, dalam mengimplementasikan karakter religius pada peserta didik di SMKN 1 Kota Bogor guru PAI dan Budi Pekerti berperan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembentukan karakter peserta didik, tidak sekadar memberikan nilai-nilainya saja. Kedua, faktor pendukungnya karena sekolah menyediakan fasilitas dalam pengimplementasian karakter religius secara khusus dan pendidikan karakter secara umum termasuk dengan mendukung program kerohanian Islam atau IRMA dan karena terjalinnya kolaborasi guru-guru mata pelajaran lain, terutama guru PPKN, terutama melalui melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Ketiga, faktor penghambatnya antara lain berasal dari penggunaan HP terutama dalam mengakses konten materi yang tidak layak tonton serta berkaitan dengan pengawasan orang tua di rumah dan kurangnya kordinasi antara orang tua dengan pihak sekolah. Keempat, solusi untuk mengatasi faktor penghambatnya adalah dengan mewaspadai dan memfilter aktivitas peserta didik di media sosial dan tentunya dengan memperkuat kerjasama dengan orang tua; selain melalui guru PAI dan Budi Pekerti juga dibantu oleh guru BK, wali kelas, dan bagian kesiswaan.

References

Ahiruddin, Rasyid, Harun, dan Prasetyo, Ridwan Dwi. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok pada Perilaku Korban Perundungan di SMK Negeri 1 Bogor. Journal on Education, 5(2): 5095-5101. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1246.

Akhimelita, Lita, Sumarto, dan Abdullah, Ade Gafar. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(1): 27-33. http://dx.doi.org/ 10.21067/jmk.

Apriyanti, Nurul Aulia, Mustari, Mohamad, dan Kurniawansyah, Edy. (2023). Implementasi Penguatan Karakter Religius Siswa Berbasis Budaya Sekolah di SMK Negeri 3 Kota Bima. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2): 1723-1733. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9863.

Assidiq, Muhamad Lutfi, Maya, Rahendra, dan Priyatna, Muhamad. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Pesat Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2): 87-98. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2.413.

Azizah, Mar’atul, Jariah, Safinatul, dan Aprilianto, Andika. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1): 29-45. https://doi.org/10.59373/ngaos.v1i1.2.

Badriyah, Siti, Sa’dijah, Chalimatus, dan Subekti, Ahmad. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK Negeri 12 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2): 103-107. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3230.

Baqi, Ahmad Rizqul dan Suneki, Sri. (2024). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 7 Semarang Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1): 2286-2300. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2769.

Dahaluddin, Rakib, Muhammad, dan Apriyanti, Eka. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler pada Siswa SMK Negeri 1 Pangkep. Jurnal Education and Development, 10(1): 129-135. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3305.

Dhori, Muhammad dan Nurhayati, Tiara. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(1): 1-12. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i1.1966.

Firmansyah, Ahmad, Annur, Saipul, dan Hartatiana. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan Pembiasaan Keagamaan. Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4(1): 17-36. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v4i1.9256.

Handayani, Nurlaili dan Wulandari, Taat. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural di SMK Negeri 2 Mataram. Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 14(2): 1-15. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17642.

https://kbbi.web.id/.

https://smkn1bogor.sch.id/.

Khairat, Yaumil. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2): 185-196. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i2.3198.

Khoiruddin, M. Arif dan Sholekah, Dina Dahniary. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Vol. 06 No. 01: 123-144. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i1.576.

Listari, Sinta. (2024). PKM Gathering Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran pada SMK Negeri 1 Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 5(2): 131-140. https://doi.org/10.37641/jadkes.v5i2.1666.

Luyus, Mukhtaliful, Maya, Rahendra, dan Priyatna, Muhamad. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2020/2021. Cendekia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01): 137-150. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/1451.

Mawarni, Indah Dwi dan dan Hanani, Retna. (2021). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 7 Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 10(3): 111-122. https://doi.org/10.14710/jppmr.v10i3.31184.

Maya, Rahendra. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02): 21-43. https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.177.

Mitra, Maya, Rahendra, dan Yasyakur, Moch. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Cendekia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01): 95-104. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/1435.

Mufiq dan Lutfiah, Khulatul. (2017). Implementasi Nilai Religiusitas dalam Kehidupan Sekolah. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga-Press.

Neliwati, et.al. (2024). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMK Tritech Informatika Medan. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS), 1(3): 318-324. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.591.

Pambudi, Zakky Estu, Sa’dullah, Anwar, dan Ardiansyah, Arief. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Membaca Surat Yasin dan Asmaul Husna di SMK Negeri 3 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 7(6): 195-205. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/17015.

Pramono, Setio, Sarma, Ma’mun, dan Munandar, Jono M. (2017). Kepuasan dan Loyalitas Siswa dan Orang Tua Terhadap Penggunaan Layanan Online Berdasarkan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Tampilan Laman (Web) di SMK Negeri 1 Kota Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8(1): 43-59. https://doi.org/10.29244/jmo.v8i1.18600.

Rojaki, Much. (2024). Literature Review: Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2): 13-21. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i2.276.

Salda, Findy, Kasidi, dan Satyarini, Marhaeni Dwi. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa SMK Palapa Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 3(1): 11-20. https://doi.org/10.31331/jeee.v3i1.2147.

Solihin, Maya, Rahendra, dan Priyatna, Muhamad. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Melalui Program Salat Berjamaah dan Salat Duha Siswa Kelas VIII di SMPN 9 Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01): 1-14.

Solina, Amalin, Lestari, Prawidya, dan Sururiyah, Siti Khusniyati. (2023). Implementasi Kegiatan Keagamaan untuk Mengembangkan Pendidikan Karakter dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas X di SMKN 3 Purworejo. Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, 6(1): 48-61. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v6i1.487.

Sulistiyorini, Defi dan Nurfalah, Yasin. (2019). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Dewan Jamaah Mushola (DJM) di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1): 40-49. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.834.

Turistiati, Ade Tuti dan Ramadhan, Hafizh Faikar Agung. (2019). Pelatihan Soft Skills dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK di Kota Bogor untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2): 1-8. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.31334/jks.v2i1.286?domain=https://ojs.stiami.ac.id.

Utama, Wahyu. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XI di SMKN 1 Bogor. Nucleus, 3(1): 107-113. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i1.899.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Maya, R., Nuraeni, A. F., Ramadhani, A., Fauziah, A., Rahmatussyahtiyah, I., & Rahmawati, R. (2025). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 KOTA BOGOR. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), 45–54. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v6i01.8794

Citation Check