Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020

Mitra Mitra, Rahendra Maya, Moch Yasyakur

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh globalisasi sehingga minimnya karakter religius di sekolah dasar negeri. Lembaga pendidikan formal yang mengadakan kegiatan penanaman karakter religius salah satunya adalah sekolah dasar negeri Kotabatu 04, kecamatan Ciomas, kabupaten Bogor.  Metode penelitian ini bersifat kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya bersifat deskriptif interpretatife. Adapun hasil penelitian: 1. Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius pada siswa Kelas V sekolah dasar negeri Kotabatu 04 desa Kotabatu kecamatan Ciomas kabupaten Bogor tahun ajaran 2019/2020 yaitu: sebagai pengajar, pendidik, teladan, pembimbing, dan pendorong kesadaran keimanan. 2. Faktor pendukungnya yaitu: (a) motivasi yang tinggi siswa dan guru; (b) kondisi kesehatan siswa; (c) minat siswa besar; (d) dukungan orang tua; (e) pengaruh teman; (f) lingkungan tempat tinggal khas religius; (g) sarana prasarana yang memadai; dan (h) lingkungan sekolah dan peraturan sekolah. 3. Faktor penghambatnya yaitu: (a) alokasi waktu yang kurang; (b) sikap dan prilaku siswa beragam; dan (c) kurangnya perhatian orang tua. 4. Solusi faktor penghambat yaitu: (a) mengadakan belajar diluar jam kelas; (b) memperlakukan peserta didik dengan adil, berinteraksi dengan akhlak mulia, memberikan nasehat, dan motivasi; dan (c) bangun hubungan interaksi guru dengan orang tua secara langsung atau tidak langsung

Keywords


peran; guru PAI dan Budi Pekerti; karakter religius

Full Text:

PDF

References


Sumber Jurnal/ Prosiding

Anwar, Syaiful. 2016. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 (11).

Bafadhol, Ibrahim. 2017. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (11).

Fauzi, Fadil Yudia, et. All. 013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jakarta: Jurnal PPKN UNJ Online, 1 (2).

Hakim, Lukman. 2012. Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. Vol. 10. (1).

Hidayat, Rahmat. 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Islam, 1 (1).

Lailatussaadah. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Intelektual, (1).

Maya, Rahendra. 2013. Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (3).

Maya, Rahendra. 2016. Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1179).

Maya, Rahenda. 2017. Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06 (11).

Maya, Rahendra. 2017. Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2).

Maya, Rahendra. 2017. Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (03).

Maya, Rahendra. 2017. Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (11).

Wahidin, Unang. 2018. Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7 (02).

Yasyakur, Moch. 2017. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (09).

Sumber Skripsi

Anifah, Siti. 2017. Peran Pendidik dalam Menanamkan Sikap Religius Peserta Didik di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Skripsi. IAIN Purwokerto.

Ahmad, Maulana. 2018. Peranan Dewan Guru dalam Pembiasaan Ibadah Sholat Peserta Didik di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Skripsi. UIN Antasari.

Sumber Buku

Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2019. Kitab Al-Quran Asy-Syifaa: Hapalan dan Tajwid Berwarna. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Faturrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2014. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Majid, Abdul dan Andayani Dian. 2013. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: PT Remaja


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mitra Mitra, Rahendra Maya, Moch Yasyakur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats