Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1. Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter religius siswa yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi program intrakurikuler dan ektrakurikuler. 2. Faktor pendukung yaitu prasarana dan sarana di sekolah, semangat guru dalam mengajar, lingkungan yang bersih dan nyaman, program kegiatan sekolah meliputi intrakurikuler dan ektrakurikuler. 3. Faktor penghambat: kurangnya motivasi dari internal siswa, adanya pengaruh faktor keluarga siswa, pengaruh pertemanan, pengaruh penggunaan handphone, dan kurangnya keteladanan dari para guru. 4. Solusi mengatasi faktor penghambat: melakukan pendekatan persuasife, belajar memahami, dan mengenal psikologis siswa, mengadakan pembinaan dan pertemuan orang tua, guru memberikan nasehat agar memilih teman yang baik, mengajak orang tua siswa untuk ikut serta mengawasi siswa dalam pergaulan, mengoptimalkan media komunikasi, menghimbau batasan penggunaan smartphone pada siswa, dan memberikan suri teladan yang baik dan budaya saling mengingatkan dalam kebaikan.
References
Ginanjar, M. Hidayat. 2017. “Keseimbangan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).
Heri, Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Mansyur, Imam, Rahendra Maya and Unang Wahidin. 2019. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Jujur Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor.†Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B).
Maya, Rahendra. 2013. “Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter.†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2)
Maya, Rahendra. 2017. “Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î.†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 6(12).
Priyatna, Muhamad. 2020. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.†Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan, 5(10).
Samani, Mukhlas, and Haryanto. 2017. Karakter Konsep Dan Model Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saputra, Taman. 2010. “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia 6 – 12 Tahun.†Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).
Solihin, Rahendra Maya, and Muhamad Priyatna. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Melalui Program Salat Berjamaah dan Salat Duha Siswa Kelas VIII di SMPN 9 Bogor Tahun Ajaran 2019/2020.†Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(9).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin. 2018. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Wahidin, Unang. 2017. “Pendidikan Karakter Bagi Remaja.†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).
Wahidin, Unang. 2018. “Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Yasyakur, Moch. 2017. “Model Pembelajaran Berkarakter dalam Perspektif Al-Quran (Pada Sekolah Islam Terpadu Full Day School).†Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan, 06(11).