Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Berbasis Android Muslim Pro dan Keterikatan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMAN 1 Ciemas

Authors

  • Ida Rusmiati Universitas Islam Jakarta, Indonesia, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6133

Keywords:

Muslim Pro Application, Teacher Engagement, Al-Qur'an Reading Skills

Abstract

Tujuan dari penelitian ini memberikan penlajasan dalam memanfaatkan aplikasi android yang terdapat pada smartphone Muslim pro dengan keterikatan guru terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMA Negeri 1 Ciemas tahun ajaran 2023-2024. Sampel penelitian sebanyak 161 orang siswa, diambil dengan teknik proportional random sampling dengan rumus Solvin. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner, dengan instrumen sebanyak 40 item pernyataan, dan tes membaca Al-Qur’an. Sedangkan analisis datanya adalah secara kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif, serta analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan aplikasi smartphone berbasis android Muslim Pro terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan keterikatan guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan aplikasi smartphone berbasis android Muslim Pro dan keterikatan guru secara simultan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, hal ini ditunjukkan dengan besaran pengaruhnya 37.4%.

References

Amirin.T. 2017. “Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin.†Erlangga, Jakarta.

Deka, Faerera, Sukma Samudra, Aswin Rosadi, and Triuli Novianti. 2019. “Rancang Bangun Aplikasi Jadwal Sholat Dan Pengantar Ke Masjid Terdekat Berbasis Android.†Jurnal Ilmiah Computing Insight Vol.1 1 (1).

FADLILATUL QORI’AH. 2019. “AL-QUR’AN DIGITAL DALAM SMARTHPHONE DALAM PERSPEKTIF NAHDLATUL ULAMA, MUHAMMADIYAH DAN MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) KABUPATEN TULUNGAGUNG.†Journal Information.

Febriyanti, Meliyana, Hindun Hindun, and Rina Juliana. 2022. “IMPLEMENTASI PROGRAM METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.†Islamic Education Studies : An Indonesia Journal 5 (1). https://doi.org/10.30631/ies.v5i1.36.

Firdaus, Muhamad Yoga. 2022. “Digitalisasi Khazanah Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Di Era Digital.†Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 5 (6). https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i6.2552.

Fitri, Sulidar, Fahmi Dwisep Saputra, and Muhammad Taufiq. 2022. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya.†JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1 (3). https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.65.

Hariandi, Ahmad. 2019. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari.†Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4 (1). https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906.

Husin, Husin, and Muhammad Arsyad. 2022. “Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Falah.†Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits 1 (1). https://doi.org/10.35931/am.v1i1.939.

Husnah. Z. 2021. “Etika Penggunaan Media Sosial Dalam Al-Qur’an Sebagai Alat Komunikasi Si Era Digitalisasi.†AL-MUTSLA 1 (2). https://doi.org/10.46870/jstain.v1i2.14.

Kalsum, Thoibah Umi, Eko Suryana, and Venny Nopitasari. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQIH.†Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta) 1 (1). https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118.

Mustaqim. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Google Books.†Jurnal Intelegensia.

Nahdi, Dede Salim, Abdur Rasyid, and Ujiati Cahyaningsih. 2022. “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Digitalisasi Pembelajaran.†Papanda Journal of Community Service 1 (1). https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.49.

Nisa’, Izza Nur Fitrotun. 2021. “Penggunaan, Perhitungan, Dan Akurasi Jam Bencet Dalam Tinjauan Software Accurate Times Dan Aplikasi Muslim Pro.†Al-Ahkam Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum 6 (1). https://doi.org/10.22515/alahkam.v6i1.3410.

Noh, Mohd Aderi Che, Amjad Hussein, Othman Ghani, and Asmawati Suhid. 2013. “The Study of Quranic Teaching and Learning: A Review in Malaysia and United Kingdom.†Middle East Journal of Scientific Research 15 (10). https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2013.15.10.11509.

Nurhayati, Teti, Cici Euis Nurunnisa, and Husni. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’.†Tarbiyat Al-Aulad 3 (1).

Olan, Olan, Abdullah Idi, Ahmad Zainuri, and Ari Sandi. 2019. “Implementasi Aplikasi Al-Qur’an Digital Pada Siswa Kecanduan Gadget.†Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2 (3). https://doi.org/10.31538/nzh.v2i3.797.

Rahayu, Siti, and Muhamad Taufik Bintang Kejora. 2022. “Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemic Covid 19.†Jurnal Pendidikan 10 (1). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.1253.

Sukma, Adinda Putri, Wahyu Budi Nugroho, and Nazrina Zuryani. 2019. “Digitalisasi Al-Quran: Meninjau Batasan Antara Yang Sakral Dan Yang Profan Pada Aplikasi ‘Muslim Pro.’†Jurnal Ilmiah Sosiologi 1 (1).

Syam, F, A Halim, and N Nukman. 2022. “Strategi Pendidik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik.†Journal of Gurutta Education.

Syarif Hidayat. 2021. “Qur’an for Android; Sebuah Upaya Kontemporer Pemeliharaan Al-Qur’an Oleh Para Sukarelawan.†SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 4 (1). https://doi.org/10.54396/saliha.v4i1.139.

Wahyono, Hari. 2019. “Penggunaan Smartphone Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Berbicara.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 8 (2). https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.682.

Published

2024-01-31

How to Cite

Rusmiati, I., & Marhamah, M. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Berbasis Android Muslim Pro dan Keterikatan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMAN 1 Ciemas. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6133

Citation Check