Model Pembelajaran Berbasis Proyek Madrasah Aliyah Kejuruan Informatika dalam Memasuki Pasar Kerja

Authors

  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Siti Istianah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Nahayati Nahayati Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Popi Puadah Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6134

Keywords:

Madrasah Aliyah Kejuruan, Alumni, pasar Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai strategi antisipatif dalam mempersiapkan alumni menghadapi tantangan pasar kerja. Makalah ini mengeksplorasi pendekatan pengembangan model MAK yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dan menyesuaikan kurikulum dengan tuntutan pasar kerja. Penelitian kualitatif fenomenologi adalah jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada pengalaman manusia. Penelitian ini berusaha untuk memahami makna yang diberikan oleh manusia terhadap pengalaman mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model MAK yang terintegrasi dengan kebutuhan industri mampu memperkuat keterampilan dan pengetahuan siswa sesuai dengan ekspektasi pasar kerja. Kurikulum yang relevan dan responsif terhadap perkembangan industri memberikan kontribusi positif terhadap persiapan karir siswa. Selain itu, model ini juga melibatkan berbagai pihak, termasuk stakeholder industri, guru, dan siswa, dalam proses pengembangan dan evaluasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang bagaimana mengembangkan model MAK yang efektif sebagai antisipasi terhadap kebutuhan pasar kerja. Implikasi hasil penelitian ini dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan kejuruan untuk meningkatkan relevansi kurikulum dan memastikan lulusan MAK siap menghadapi dinamika pasar kerja yang terus berkembang.

References

Arnila, and Riski Ayu. 2019. “Penerapan Model Experiential Learning Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Skills Berwirausaha Siswa.†Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani 7 (2).

Irnawati, Irnawati, Marsia Sumule, and Sitti Utami Rezkiawati Kamil. 2022. “Eksistensi Perpustakaan Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kendari.†Jurnal Literasi Perpustakaan Dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan Dan Informasi 2 (2). https://doi.org/10.52423/jlpi.v2i2.25214.

Jannah, Raodatul. 2023. “MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS TEKNOLOGI DIGITAL.†Jurnal Cahaya Mandalika 4 (2).

Juri, Arfin, Alexsandra Alexsandra, Wawan Purwanto, and Eko Indrawan. 2022. “Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.†Indonesian Gender and Society Journal 3 (1). https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.49837.

Kuswarno, Engkus. 2018. “Tradisi Fenomenologi Pada Penelitian Komunikasi Kualitatif: Sebuah Pedoman Penelitian Dari Pengalaman Penelitian.†Jurnal Sosiohumaniora 09 (2).

Lubis, Saidan. 2020. “Penerapan Discovery Learning Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif (Kajian Pelatihan Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih Madrasah Aliyah Kejuruan Di Balai Diklat Keagamaan Padang).†Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 8 (1).

Mayangsari, Marina Dwi, Rika Vira Zwagery, Kinanti Ananda Arini Sugma, and Muhamad Lutfi. 2022. “Program Pengembangan Kepribadian Dan Kepemimpinan Upaya Peningkatan Softskill Dan Mengasah Kepemimpinan Struktural.†Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul) 2 (2). https://doi.org/10.20527/ilung.v2i2.5740.

Permendikbud. 2018. “Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.†Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018.

Rasyidi, Muhammad. 2019. “INOVASI KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH.†Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.106.

Rosaliza, Mita. 2015. “WAWANCARA, SEBUAH INTERAKSI KOMUNIKASI DALAM PENELITIAN KUALITATIF.†Jurnal Ilmu Budaya 11 (2). https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099.

Safitri, Nita Andriani, and Rina Marlina. 2019. “Kebijakan Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Kejuruan.†Madrasa: Journal of Islamic Educational Management 2 (1). https://doi.org/10.32940/mjiem.v2i1.44.

Siswati, Sri. 2019. “PENGEMBANGAN SOFT SKILLS DALAM KURIKULUM UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0.†Edukasi: Jurnal Pendidikan 17 (2). https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240.

Syafri, Ulil Amri, Bairanti Asriandhini, Abas Mansur Tamam, Abdul Hayyie AlKattani, Hilda Rifkawaty, Rizcka Fatya Rahayu, and Achmad Fawwas Gibran. 2023. “Analisis SWOT Madrasah Aliyah Dalam Meningkatkan Lulusan Di Tingkat Nasional Menyambut Peradaban Unggul Tahun 2045.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8846.

Syukur, Abdul, Akmar Efendi, Apri Siswanto, and Yudhi Arta. 2020. “Pelatihan Mikrotik Dalam Rangka Persiapan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 1 Kuala Kampar.†Buletin Pembangunan Berkelanjutan 4 (1). https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5030.

Tsybulsky, Dina, and Yulia Muchnik-Rozanov. 2023. “The Contribution of a Project-Based Learning Course, Designed as a Pedagogy of Practice, to the Development of Preservice Teachers’ Professional Identity.†Teaching and Teacher Education 124. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104020.

Wang, Sue. 2022. “Critical Thinking Development Through Project-Based Learning.†Journal of Language Teaching and Research 13 (5). https://doi.org/10.17507/jltr.1305.13.

Younis, Awad A., Rajshekhar Sunderraman, Mike Metzler, and Anu G. Bourgeois. 2021. “Developing Parallel Programming and Soft Skills: A Project Based Learning Approach.†Journal of Parallel and Distributed Computing 158. https://doi.org/10.1016/j.jpdc.2021.07.015.

Published

2024-01-31

How to Cite

Suyana, N., Istianah, S., Nahayati, N., Marhamah, M., & Puadah, P. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Madrasah Aliyah Kejuruan Informatika dalam Memasuki Pasar Kerja. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6134

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.