MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI SMA AL-MINHAJ BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3693Keywords:
Kata kunci, manajemen, sarana dan prasarana, kualitas pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran. Lingkup penelitian mencakup antaralain: (1) perencanaan, (2) pengadaan, (3) inventarisasi, (4) pemeliharaan, (5) penghapusan. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, antaralain: (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran dilakukan sesuai prosedur dan analisis kebutuhan (evaluasi diri sekolah), pembiayaan, dan analisis prioritas, (2) pengadaan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran bersumber dari yayasan, bantuan pemerintah, donator, masyarakat, dan orang tua siswa, (3) inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan dilakukan sesuai mekanisme yang ditetapkan, antara lain: tahapan, buku induk, pencatatan kode, jumlah, harga barang dan lain sebagainya dengan tujuan untuk pengendalian sarana dan prasarana secara tepat dan efektif, (4) penggunaan sarana pendidikan dilakukan setiap hari oleh guru dan siswa sasarannya adalah bahan ajar, ruang kelas, peralatan belajar. Sedangkan dalam hal pemeliharaan dilakukan secara berkala mencakup pemeliharaan gedung sekolah, penggantian plafon, kursi, meja, proyektor, komputer, dan (5) penghapusan sarana dan prasarana pembelajaran dilakukan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan pimpinan sekolah.
Â
References
Benty, I. G. and D. D. N. (2021). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik (2nd ed.). Alfabeta.
Darmastuti, H. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20.
Fuad, M. and N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Pertama). Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum (4th ed.). Remaja Rosdakarya.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Husnaini, Q. A. and K. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN BARENG JOMBANG. Jurnal Al-Idaroh, 3(2), 98–112. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/93
Kompri. (2014a). Manajemen Pendidikan 2. Alfabeta.
Kompri. (2014b). Manajemen Sekolah Teori dan Praktik (Pertama). Alfabeta.
Minan, A. K. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN PENYIAPAN BONUS DEMOGRAFI INDONESIA TAHUN 2045. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 116–131. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/833
Mulyasa, E. (2011). Menajemen Berbasis Sekolah: Konsep (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.
Nusi Nurstalis, Tatang Ibrahim, and N. A. (2021). PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR. Jurnal Isema: Islamic Education Management, 6(1), 63–76. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/6579
Rufau Audu, I.Y. Umar, and I. (2013). Facilities Provision and Maintenance: Necessity for Effective Teaching and Learning in Technical Vocational Education. IOSR Journal of Research & Method in Education, 3(1), 28–32. https://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-3 Issue-1/E0312832.pdf?id=6943
Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya (1st ed.). STKIP Muhammadiyah Bogor. https://osf.io/preprints/inarxiv/647wy/
Sutikno, R. A. W. and P. Y. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(3), 131–138.
Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229–244. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/284
Yuliani, S. A. and L. (2009). Manajemen Pendidikan. Aditya Media Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).