MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI SMA AL-MINHAJ BOGOR

Authors

  • Muhammad Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahman Rahman STAI AL-HIDAYAH BOGOR, Indonesia
  • Muhammad Jundullah STAI AL-HIDAYAH BOGOR, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3693

Keywords:

Kata kunci, manajemen, sarana dan prasarana, kualitas pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran. Lingkup penelitian mencakup antaralain: (1) perencanaan, (2) pengadaan, (3) inventarisasi, (4) pemeliharaan, (5) penghapusan. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, antaralain: (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran dilakukan sesuai prosedur dan analisis kebutuhan (evaluasi diri sekolah), pembiayaan, dan analisis prioritas, (2) pengadaan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran bersumber dari yayasan, bantuan pemerintah, donator, masyarakat, dan orang tua siswa, (3) inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan dilakukan sesuai mekanisme yang ditetapkan, antara lain: tahapan, buku induk, pencatatan kode, jumlah, harga barang dan lain sebagainya dengan tujuan untuk pengendalian sarana dan prasarana secara tepat dan efektif, (4) penggunaan sarana pendidikan dilakukan setiap hari oleh guru dan siswa sasarannya adalah bahan ajar, ruang kelas, peralatan belajar. Sedangkan dalam hal pemeliharaan dilakukan secara berkala mencakup pemeliharaan gedung sekolah, penggantian plafon, kursi, meja, proyektor, komputer, dan (5) penghapusan sarana dan prasarana pembelajaran dilakukan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan pimpinan sekolah.

 


Author Biography

Muhammad Hidayat Ginanjar, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor

PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

References

Benty, I. G. and D. D. N. (2021). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik (2nd ed.). Alfabeta.

Darmastuti, H. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20.

Fuad, M. and N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Pertama). Raja Grafindo Persada.

Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum (4th ed.). Remaja Rosdakarya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Husnaini, Q. A. and K. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN BARENG JOMBANG. Jurnal Al-Idaroh, 3(2), 98–112. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/93

Kompri. (2014a). Manajemen Pendidikan 2. Alfabeta.

Kompri. (2014b). Manajemen Sekolah Teori dan Praktik (Pertama). Alfabeta.

Minan, A. K. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN PENYIAPAN BONUS DEMOGRAFI INDONESIA TAHUN 2045. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 116–131. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/833

Mulyasa, E. (2011). Menajemen Berbasis Sekolah: Konsep (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.

Nusi Nurstalis, Tatang Ibrahim, and N. A. (2021). PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM CENDEKIA CIANJUR. Jurnal Isema: Islamic Education Management, 6(1), 63–76. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/6579

Rufau Audu, I.Y. Umar, and I. (2013). Facilities Provision and Maintenance: Necessity for Effective Teaching and Learning in Technical Vocational Education. IOSR Journal of Research & Method in Education, 3(1), 28–32. https://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-3 Issue-1/E0312832.pdf?id=6943

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya (1st ed.). STKIP Muhammadiyah Bogor. https://osf.io/preprints/inarxiv/647wy/

Sutikno, R. A. W. and P. Y. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(3), 131–138.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229–244. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/284

Yuliani, S. A. and L. (2009). Manajemen Pendidikan. Aditya Media Yogyakarta.

Additional Files

Published

2023-01-29

How to Cite

Ginanjar, M. H., Rahman, R., & Jundullah, M. (2023). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI SMA AL-MINHAJ BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 103–118. https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3693

Citation Check