UPAYA ORANG TUA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM DI PERKAMPUNGAN KODAM I/BB MEDAN SUNGGAL

Saiful Akhyar Lubis, Nurrusakinah Daulay, Joni Ahmad, Rahmadi Ali

Abstract


Peranan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional sangatlah diperlukan untuk perkembangan anak disetiap usianya oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1.) upaya-upaya apa saja yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak 2.) mengetahui aspek apa saja yang dikembangkan dalam keluarga 3.) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, adapun desain yang digunakan adalah studi lapangan (riset), Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obserasi/pengamatan dan dokumentasi sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati, dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa upaya-upaya yang dilkaukan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak dalam keluarga di perkampungan KODAM I/BB Medan Sunggal berpengaruh besar pada perilaku dan pendidikan yang diberikan oleh orang tua sejak awal masa pertumbuhan anak, sehingga ketika anak beranjak dewasa dapat mengelola emosi dengan baik, dan upaya lainnya yang dilakukan orang tua dengan membuat jadwal khusus bersama anak, memotivasi anak dan membimbing anak.


Keywords


Kecerdasan Emosional; Upaya Orang Tua; Anak

References


Djamarah. 2004. Syamsul Bahri, Pola Komiunikasi orang tua dan anak dalam keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.

Daulay. 2015. Nurussakinah. Psikologi Kecerdasan Anak, Medan: Perdana Publishing.

Depertemen Agama Republik Indonesia. 2009. Alquran dan Terjemahan, Bandung, syamil qur’an.

Goleman, Daniel. 2018. Emotional Intelegen, Jakarta: Gramedia Pustaka.

John w Santrock. 2011. Masa Perkembangan Anak, Jakarta: Salemba Humanika.

Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. 2013. Jakarta: Tamer.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Kleuarga, Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga, Jakarta: Pernada Media Group.

Moh, A. 2017. The Development of Children's Social Emotional, Padang: Smart Print.

Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz.¬

Syaukani. 2018. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Medan: Perdana Publising.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&d), Bandung: Alfabeta, cet. 22.

Surasono. 2000. Mencerdaskan Anak: Mesnsintesakan Kembai Intelegensi Umum (IQ) dan Intelegensi Emosional (IE) dengan Intelegensi Spritual, Jakarta: Inisiasi Press.

Undang-undang Sitem Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Sinar Grafika.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i02.966 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Saiful Akhyar Lubis, Nurrusakinah Daulay, Joni Ahmad, Rahmadi Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats