UPAYA ORANG TUA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM DI PERKAMPUNGAN KODAM I/BB MEDAN SUNGGAL
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v9i02.966Keywords:
Kecerdasan Emosional, Upaya Orang Tua, AnakAbstract
Peranan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional sangatlah diperlukan untuk perkembangan anak disetiap usianya oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1.) upaya-upaya apa saja yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak 2.) mengetahui aspek apa saja yang dikembangkan dalam keluarga 3.) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, adapun desain yang digunakan adalah studi lapangan (riset), Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obserasi/pengamatan dan dokumentasi sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati, dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa upaya-upaya yang dilkaukan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak dalam keluarga di perkampungan KODAM I/BB Medan Sunggal berpengaruh besar pada perilaku dan pendidikan yang diberikan oleh orang tua sejak awal masa pertumbuhan anak, sehingga ketika anak beranjak dewasa dapat mengelola emosi dengan baik, dan upaya lainnya yang dilakukan orang tua dengan membuat jadwal khusus bersama anak, memotivasi anak dan membimbing anak.
References
Djamarah. 2004. Syamsul Bahri, Pola Komiunikasi orang tua dan anak dalam keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.
Daulay. 2015. Nurussakinah. Psikologi Kecerdasan Anak, Medan: Perdana Publishing.
Depertemen Agama Republik Indonesia. 2009. Alquran dan Terjemahan, Bandung, syamil qur’an.
Goleman, Daniel. 2018. Emotional Intelegen, Jakarta: Gramedia Pustaka.
John w Santrock. 2011. Masa Perkembangan Anak, Jakarta: Salemba Humanika.
Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. 2013. Jakarta: Tamer.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Kleuarga, Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga, Jakarta: Pernada Media Group.
Moh, A. 2017. The Development of Children's Social Emotional, Padang: Smart Print.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz.¬
Syaukani. 2018. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Medan: Perdana Publising.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&d), Bandung: Alfabeta, cet. 22.
Surasono. 2000. Mencerdaskan Anak: Mesnsintesakan Kembai Intelegensi Umum (IQ) dan Intelegensi Emosional (IE) dengan Intelegensi Spritual, Jakarta: Inisiasi Press.
Undang-undang Sitem Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Sinar Grafika.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).