MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN (PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU FULL DAY SCHOOL)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.96Abstract
Model Pembelajara berbasis Al-Qurân merupakan pengembangan dari model pembelajaran konvensioanal digabungkan dengan nilai-nilai karakter yang terdapat pada kisah nabi Ibrahim. Dari sekian banyak nilai karakter dalam Al-Qurân maka penulis membatasi kepada nilai karakter yang terdapat pada kisah Nabi Ibrâhîm as yang diabadikan dalam Al-Qurân. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode R & D. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Temuan baru dari penelitian ini adalah memberikan alternatif dan pengembangan yang semula 18 nilai karakter versi Kemendikbud untuk diperluas agar aspek yang belum tersentuh dapat diaplikasikan sebagai upaya mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berkarakter. Dengan mengikuti karakter utama Nabi Ibrâhîm as yang diabadikan dalam Al-Qur’ân, terutama pada nilai karakter; kesabaran dan murah hati, munîb/bertaubat, ummah/pemimpin yang sangat perlu diteladani, hanîfâ/yang selalu cenderung kepada kebenaran, mensyukuri nikmat Allah swt, istighfar/memohon ampunan, ketenangan hati, tawakkal/berserah diri kepada Allah swt, ikhlas, dan menebarkan salam. Sehingga dapat dibiasakan kepada siswa sebagai pijakan untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penulis menyimpulkan karakter Nabi Ibrâhîm as mengusung teori integral character teosentris.
Â
Kata kunci: Model Pembelajaran, Karakter, Nabi Ibrahim a.sDownloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).