TELAAH PENDIDIKAN ISLAM DI RUSIA DAN INDONESIA (Pengaruh Sejarah Pendidikan Islam di Rusia dan Indonesia Terhadap Perkembangan Islam)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.955Keywords:
Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam Rusia dan Indonesia, UlamaAbstract
ABSTRAK
Pendidikan dalam suatu negara tentu tidak dapat dilepaskan dari sejarah sosial dan budayanya. Indonesia sebagai negara mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan keaneka-ragaman ras, suku, dan budayanya, tentunya mempengaruhi terhadap perkembangan pendidikan itu sendiri. Pesantren merupakan model pendidikan khas di Indonesia selain model pendidikan Islam lainnya, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi Islam, baik negeri dan swasta. Peran Ulama memegang peranan penting dalam perkembangan Pendidikan Islam, diawali pada masa Walisongo hingga saat ini. Demikian juga halnya dengan Negara Rusia, pasca runtuhnya Uni Soviet dan berdirinya negara Federasi Rusia. Secara perlahan Pendidikan Islam di Rusia berkembang, dari tingkat dasar, menengah, dan perguruan tinggi. Dewan Mufti Rusia memiliki lembaga penting yang memiliki tujuan untuk memajukan Islam di Rusia. Pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir adalah bimbingan yang diajarkan agar dapat berkembang secara aksimal sesuai dengan ajaran Islam, yaitu Alquran dan hadits, melalui pengalaman, pengetahuan, kecakapan, keterampilan, sehingga diharapkan peserta didik dapat mengenal, memahami, menghayati dan mengimani ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dimana berupaya mendeskripsikan peranan pendidikan pada perkembangan Islam, melalui berbagai kajian kepustakaan, dan berbagai sumber terkait kedalaman teori pendidikan Islam baik di Indonesia dan Rusia. Hasil Penelitian pertama menemukan bahwa pendidikan Islam sangat berpengaruh kepada perkembangan Islam baik di Indonesia dan Rusia, kedua Ulama sangat berkontribusi terhadap perkembangan Islam dikedua negara, ketiga, kondisi Sosial Budaya dan Politik kedua negara memegang peran sangat penting dalam mengembangkan Islam di kedua negara.
Â
ABSTRAK
Pendidikan dalam suatu negara tentu tidak dapat dilepaskan dari sejarah sosial dan budayanya. Indonesia sebagai negara mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan keaneka-ragaman ras, suku, dan budayanya, tentunya mempengaruhi terhadap perkembangan pendidikan itu sendiri. Pesantren merupakan model pendidikan khas di Indonesia selain model pendidikan Islam lainnya, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi Islam, baik negeri dan swasta. Peran Ulama memegang peranan penting dalam perkembangan Pendidikan Islam, diawali pada masa Walisongo hingga saat ini. Demikian juga halnya dengan Negara Rusia, pasca runtuhnya Uni Soviet dan berdirinya negara Federasi Rusia. Secara perlahan Pendidikan Islam di Rusia berkembang, dari tingkat dasar, menengah, dan perguruan tinggi. Dewan Mufti Rusia memiliki lembaga penting yang memiliki tujuan untuk memajukan Islam di Rusia. Pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir adalah bimbingan yang diajarkan agar dapat berkembang secara aksimal sesuai dengan ajaran Islam, yaitu Alquran dan hadits, melalui pengalaman, pengetahuan, kecakapan, keterampilan, sehingga diharapkan peserta didik dapat mengenal, memahami, menghayati dan mengimani ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dimana berupaya mendeskripsikan peranan pendidikan pada perkembangan Islam, melalui berbagai kajian kepustakaan, dan berbagai sumber terkait kedalaman teori pendidikan Islam baik di Indonesia dan Rusia. Hasil Penelitian pertama menemukan bahwa pendidikan Islam sangat berpengaruh kepada perkembangan Islam baik di Indonesia dan Rusia, kedua Ulama sangat berkontribusi terhadap perkembangan Islam dikedua negara, ketiga, kondisi Sosial Budaya dan Politik kedua negara memegang peran sangat penting dalam mengembangkan Islam di kedua negara.
Â
Â
References
Allen, Frank. n.d. Muslim Religious Institutions in Imperuial Russia: The Islamic World of Novouzensk District and the Kazakh Inner Horde, 1780-1910. Vol 35.
Badi, Jamal. 2017. Islami Creative Thingking.
Dani, Indriya R. 2016. Lirik Dakwah Walisongo.
Departemen Pendidikan &Kebudayaan. 1990. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.â€
Detik.com. 2017. “Kerjasama Perguruan Tinggi Di Bogor Dan Rusia,†2017.
Fathoni, Muhammad. 2005. “Pendidikan Islam Dan Pendidikan Nasional.â€
Goverment. 2003. “UU 20 2003.â€
Gvosdev, Nikolas K. 2013. “Russian Foreign Policy: Interest, Vectors, and Sectors.†SAGE.
Hasbullah. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam Di Indonesia.
———. 1999. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia.
Hunter, Shireen. 2004. “The Islam in Russia,†2004.
Ibrahim, Hassan. 2010. Sejarah Dan Kebudayaan Islam.
Jati, UIN Sunan Gunung. 2012. “Ilmu Dakwah, Academic Journal for Homiletic Studies†6 (2): 266–84. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs p-ISSN 1693-0843 e-ISSN 1693-0843 p-ISSN.
Kartasasmita, Uka. 2003. Sejarah Islam Di Indonesia.
Kettani, M.Ali. 1986. Muslim Minorities in the World Today.
Khaldun, Ibn. 2014. Mukaddimah.
“Konstitusi Rusia.†1993.
Michael, Khodarkovsky. 2018. Russias,s Steppe Frointeir: The Making of a Colonial Empire, 1500- 1800.
Muhibuddin. 2005. “Modernisasi Manajemen Pendidikan Pesantren.†Mozaik Pesantren, 2005.
Mukhtarom, Zuhairini. n.d. Sejarah Pendidikan Islam Indonesia.
Muttaqin, Aji. 2020. Fungsi Mempelajari Sejarah. Https://ku.
Ramayulis. 2016. Ilmu Pendidikan Islam.
Rofiq Dawam, Ainur; Ta’arifin, Ahmad. 2005. Managemen Madrasah Berbasis Pesantren.
Rohim, Nur Rohim. 2017. “Kedudukan Agama Dalam Konstitusi-Konstitusi Rusai†1.
Rusmana, Indriya, Pascasarjana Program, Doktor Universitas, and Ibn Khaldun. 2020. “Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah DALAM MOTIF BATIK IRD WALISONGO Program Studi Pendidikan Islam Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Dengan Waktu Yang Membawa Keanekaragaman Budaya Di Indonesia . Islam Selalu Menyat.â€
Subky, Badrudin. 1995. “Dilema Ulama Dalam Perubahan Zaman.â€
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif.
Surya, Aji. 2012. “Geliat Islam Di Rusia.†Kompas Gramedia, 2012.
Tafsin, Nur. 2014a. “Peran Politik Dewan Mufthi Di Rusia.†Agama Dan Hak Azazi Manusia 3 (2).
———. 2014b. “Peran Politik Dewan Mufti Di Rusia.†Agama Dan Hak Azazi Manusia 3 (2): 478.
Yayan, Sofyan. 2015. “Menyoal Kebebasan Beragama Dan Penodaan Agama Di Indonesia.†Cita Hukum 2 (3).
Yunus, Mahmud. 1992. Sejarah Pendidikan Di Indonesia.
Zubaidah, Siti. 2007. Sejarah Peradaban Islam.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).