MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN PEREMPUAN DALAM MERESPONS DINAMIKA HUKUM KELUARGA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0

Studi Situs pada Ma'had Aisyah binti Abu Bakar Li al-Dakwah di Bogor, Jawa Barat

Authors

  • Edi Suwanto STAI Publisistik Thawalib Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v13i04.8878

Keywords:

Manajemen, Pendidikan, Hukum Keluarga Islam

Abstract

Relevansi manajemen pendidikan pesantren perempuan dengan isu-isu hukum keluarga Islam kontemporer mengemuka seiring munculnya fenomena seperti pernikahan daring, perceraian digital, dan transformasi relasi gender di era Society 5.0. Sebagian teori menyatakan bahwa pesantren cenderung bersifat tradisional dan lambat merespons perubahan sosial, namun temuan lapangan menunjukkan bahwa pesantren perempuan mulai mengembangkan strategi adaptif berbasis nilai-nilai Islam dan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana manajemen pendidikan di Ma’had Aisyah binti Abu Bakar Li al-Dakwah Bogor merespons dinamika hukum keluarga Islam serta mengidentifikasi tantangan dan strategi integrasi isu-isu tersebut dalam sistem pendidikan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan pesantren difokuskan pada penguatan kurikulum fikih kontemporer, pelibatan santriwati dalam forum kajian hukum, serta pemanfaatan teknologi secara terbatas. Strategi integrasi hukum keluarga Islam juga dilakukan melalui pelatihan, kolaborasi akademik, dan advokasi berbasis komunitas. Penelitian ini menegaskan bahwa pesantren perempuan memiliki potensi signifikan dalam membentuk generasi Muslimah yang sadar hukum dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

References

Akbar, F., & Muna, N. (2019). Kompetensi Pedagogik Ustadz Di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kencong Kepung Kediri. Jurnal Intelektual Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(1), 53. Https://Doi.Org/10.33367/Ji.V9i01.966

Al-Qaradawi, Y. (2001). Fiqh Al-Awlawiyyat: Prioritas Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Gema Insani.

Arif, M., Fatonah, S., & MB, A. B. F. (2020). The Dynamic Survival Of Pesantren In Indonesia A Brief Explanation For Development Of The Traditional Muslim Education. Sunan Kalijaga International Journal On Islamic Educational Research, 4(1), 44. Https://Doi.Org/10.14421/Skijier.2020.41.04

Arnadi, A. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Se-Kkm 2 Sambas. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 247. Https://Doi.Org/10.24252/Ip.V10i2.18571

Aulia, Y., Somad, M. A., & Budiyanti, N. (2021). Peran Wanita Dalam Membangun Ekonomi Rumah Tangga Menurut Perspektif Islam. Tadris Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 15(1), 77. Https://Doi.Org/10.51675/Jt.V15i1.116

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Azzet, A. M. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ekasari, S., Manullang, S. O., Syakhrani, A. W., & Amin, H. (2021). Understanding Islamic Education Management In Digital Era: What Experts Say. Nidhomul Haq Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 127. Https://Doi.Org/10.31538/Ndh.V6i1.1336

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming For A New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, January/February 2018.

Hariyadi, H. (2023). Tranformasi Digital Madrasah Untuk Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Di Mts Al Kaustar Kota Depok. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 42. Https://Doi.Org/10.33395/Jmp.V12i1.12314

Hikmatullah. (2022). Model Keluarga Harmonis Dalam Islam. Syaksia Jurnal Hukum Perdata Islam, 23(1), 88. Https://Doi.Org/10.37035/Syakhsia.V23i1.6471

Iryani, E., Ali, H., & Rosyadi, K. I. (2021). Berfikir Kesisteman Dalam Social Support: Ta’awun Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Mas Al- Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 413. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V2i1.559

Ja’far, A. (2019). Literasi Digital Pesantren: Perubahan Dan Kontestasi. Islamic Review Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(1), 17. Https://Doi.Org/10.35878/Islamicreview.V8i1.156

Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13. Https://Doi.Org/10.47134/Pjpi.V1i4.758

Junaidi, M. (2022). Penyelenggaraan Pesantren Dalam Rangka Memberdayakan Masyarakat. JURNAL USM LAW REVIEW, 5(2), 455. Https://Doi.Org/10.26623/Julr.V5i2.5487

Lestari, S., & Jupriaman. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. 1(1). Https://Doi.Org/10.70821/Zj.V1i1.11

Mardiyana, A. (2017). Peran Istri Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah Menurut Al-Qur’an (Perspektif Tafsir Al-Misbah Dan Tafsir Al-Azhar). Kontemplasi Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 5(1). Https://Doi.Org/10.21274/Kontem.2017.5.1.79-108

Mubarok, H. (2021). Hukum Keluarga Islam Kontemporer: Teori Dan Praktik Dalam Masyarakat Digital. Bandung: Nuansa Cendekia.

Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik Dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73. Https://Doi.Org/10.51311/Nuris.V6i2.132

Nusantara Hasibuan, H. H., & Amilia, F. (2024). Hubungan Antara Wanita Karir Dan Tingginya Kasus Cerai Gugat Di Pengadilan Agama Kota Pekanbaru.

Rakhmat, A. S., Ainulyaqin, M. H., Edy, S., Permana, I., & Ardianto, R. E. (2023). Pengembangan Ekonomi Berbasis Pesantren. Lentera Pengabdian, 1(1), 72. Https://Doi.Org/10.59422/Lp.V1i01.10

Riswanto, H. R., Muslikah, A. N., Safinah, K., Yaqin, M. A., & Fauzan, Abd. C. (2020). Implementasi Framework Projects In Controlled Environment (PRINCE2) Pada Manajemen Kompetensi Dan Profesionalisme Birokrasi Organisasi Pondok Pesantren. ILKOMNIKA Journal Of Computer Science And Applied Informatics, 2(3), 299. Https://Doi.Org/10.28926/Ilkomnika.V2i3.140

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67. Https://Doi.Org/10.61815/Alibrah.V8i1.249

Sari, D. N. K., & Kholilurrohman, M. (2019). Implementasi Petunjuk Teknis Izin Operasional Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Pelayanan Administratif Di Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 69. Https://Doi.Org/10.15642/Japi.2019.1.1.69-83

Shera, M. M., & Arifin, M. (2024). Upaya Keluarga Bermanhaj Salaf Dalam Mewujudkan Ketahanan Rumah Tangga (Studi Kasus Alumni Ponpes Imam Bukhari Solo).

Solihin, S., & Bukhori, B. (2022). The Urgency Of Religious Institutions In The Middle Of The Localization Complex In Bandung. Hanifiya Jurnal Studi Agama-Agama, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.15575/Hanifiya.V5i1.13812

Suwahyu, I. (2024). Peran Inovasi Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Islam Di Era Digital. Referensi Islamika Jurnal Studi Islam, 2(2), 28. Https://Doi.Org/10.61220/Ri.V2i2.003

Zamroni. (2017). Paradigma Pendidikan Alternatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

30-11-2024

Citation Check