IMPLEMENTASI KONSEP DAN STRATEGI PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL HUDA BALEENDAH BANDUNG
Keywords:
Konsep dan Strategi, Perencanaan Pendidikan, Madrasah AliyahAbstract
References
Haryanti, N., Muhibbudin, & Junaris, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia) di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.60
Hidayah, N., & Suwignyo Prayogo, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 2022–2198. https://doi.org/10.15408/elementar
Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam : Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia (C. Wijaya, Ed.; 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam (A. Zein, Ed.; 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Alquran dan Hadist). Jurnal Edukasi, 4(01).
Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 24–38.
Kurnia, B. (2019). Problematika Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2554
Kusnadi. (2019). Mengartikulasikan Perencanaan Pendidikan di Era Digital. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1).
Nurali, Warta, W., Wanto, S., & Ramlan, R. (2023). Manajemen Pengelolaan Sarana Prasarana Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sukabumi. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(2). https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.570
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). http://repo.iain-
Putra, V. M. (2014). Persepsi Guru Terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah di SMK Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1).
Ramadhan, F. S. (2024). Manajemen Pemberdayaan Dan Pengorganisasian Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis Lempong – Garut). Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i6.863
Ramadhan, F. S., Hafid, A., & Badrudin. (2024). Manajemen Penilaian Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Madrasah Aliyah Persis Lempong Garut). Jurnal Lentera, 23(1). https://doi.org/10.33086/amj.v1i1.71
Rusli, M., & Rusandi. (2020). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(15). http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi
Shulhan, M., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam (A. Purwawidodo, Ed.; 1st ed.). Penerbit Teras.
Surbakti, M., & Chadavi, M. B. (2023). Metode Memahami Sumber Ajaran Islam; Metodologi Pendidikan Islam (Studi Kasus Masyarakat di Kota Medan). Adabiyah Islamic Journal, 1(2), 34–47. http://ojs.uma.ac.id/index.php/adabiyahadabiayah@uma.ac.id
Syafaruddin. (2015). Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sains dan Islam (C. Wijaya & Mesiono, Eds.). Perdana Publishing.
Tasika, Y., & Giyarsi. (2022). The Effectiveness of the Discussion Method to Increase Students’ Understanding and Activeness in Islamic Religious Education Subjects. Nusantara Education.
Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam; Konseptual dan Operasional (A. Aziz, Ed.). Pustaka Radja.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen: Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efesien (S. Saleh, Ed.; 1st ed.). Perdana Publishing.
Winoto, S. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan (M. Chotib, Ed.; 1st ed.). CV. Bildung Nusantara.
Yati, W. A., & Budiarti, S. (2020). Perencanaan Pendidikan Islam : Model dan Metode Perencanaan Pendidikan. At-Tazakki, 4(2), 208–221.
Undang-Undang Sisdiknas Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB IV HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA, ORANG TUA, MASYARAKAT, DAN PEMERINTAH
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), Cet ke 34
Syopian Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif; dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS, Jakarta: Kencana.
Saefullah, (2012) Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia
Syafaruddin, (2005) Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Ciputat Press
Ahmad Tafsir, (2014) Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Syafaruddin, (2015) Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing
Mulyono, (2018) Strategi Pembelajaran di Abad Digital, Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku
Rencana Kerja Madrasah (RKM) Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda tentang Tahap Perumusan
Program Kerja Kepala Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda tentang (Visi, Misi, dan Tujuan)
Program Kerja Kepala Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda tentang (5. Rencana Kerja Madrasah)
Muhaemin, (2014) Ilmu Pendidikan Islam. Sulawesi Selatan: Read Institute Press
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).