IMPLEMENTASI KONSEP DAN STRATEGI PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL HUDA BALEENDAH BANDUNG

Authors

  • Fahri Sahrul Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dadan Hidayatullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahsyaf Muzakki UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dian Dian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Konsep dan Strategi, Perencanaan Pendidikan, Madrasah Aliyah

Abstract

Pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan diwujudkan dengan suasana belajar dan proses pengajaran efektif, berjenjang dan lingkungan yang kondusif. Keberadaan Madrasah yang dibangun diatas norma-norma Islam baik berupa lingkungan Pesantren atau Madrasah berjenjang; Ibtidaiyah, Tsanawiyah, atau Aliyah diharapkan menjadi solusi peningkatan mutu wawasan keilmuan dan peningkatan akhlak budi pekerti terutama di lingkungan masyarakat Muslim. Untuk mewujudkan ini semua membutuhkan perencanaan baik dari sisi persiapan, penyusunan rencana, pengesahan sampai ke tahap aplikasi dilapangan. Madrasah harus memiliki perencanaan pendidikan, terstruktur dengan visi misi serta tujuan yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep dan strategi perencanaan pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda Baleendah Bandung. Penelitian ini didasarkan dengan metode analisis deskriftif disesuaikan dengan sumber-sumber kepustakaan, serta observasi dan wawancara. Adapun hasil dan pembahasannya terbagi kedalam beberapa pembahasan perencanaan diantaranya: Perencanaan Penetapan Tujuan, Perencanaan Penyusunan Program, Strategi Pengambilan Keputusan, Perencanaan Penetapan Tindakan, dan Pengawasan dan Evaluasi, sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda Baleendah Bandung sangat relevan sekali dengan konsep perencanaan pendidikan pada umumnya.

References

Haryanti, N., Muhibbudin, & Junaris, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia dan Disgrafia) di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.60

Hidayah, N., & Suwignyo Prayogo, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 2022–2198. https://doi.org/10.15408/elementar

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam : Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia (C. Wijaya, Ed.; 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam (A. Zein, Ed.; 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Alquran dan Hadist). Jurnal Edukasi, 4(01).

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 24–38.

Kurnia, B. (2019). Problematika Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2554

Kusnadi. (2019). Mengartikulasikan Perencanaan Pendidikan di Era Digital. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1).

Nurali, Warta, W., Wanto, S., & Ramlan, R. (2023). Manajemen Pengelolaan Sarana Prasarana Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sukabumi. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(2). https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.570

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). http://repo.iain-

Putra, V. M. (2014). Persepsi Guru Terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah di SMK Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1).

Ramadhan, F. S. (2024). Manajemen Pemberdayaan Dan Pengorganisasian Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis Lempong – Garut). Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i6.863

Ramadhan, F. S., Hafid, A., & Badrudin. (2024). Manajemen Penilaian Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Madrasah Aliyah Persis Lempong Garut). Jurnal Lentera, 23(1). https://doi.org/10.33086/amj.v1i1.71

Rusli, M., & Rusandi. (2020). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(15). http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi

Shulhan, M., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam (A. Purwawidodo, Ed.; 1st ed.). Penerbit Teras.

Surbakti, M., & Chadavi, M. B. (2023). Metode Memahami Sumber Ajaran Islam; Metodologi Pendidikan Islam (Studi Kasus Masyarakat di Kota Medan). Adabiyah Islamic Journal, 1(2), 34–47. http://ojs.uma.ac.id/index.php/adabiyahadabiayah@uma.ac.id

Syafaruddin. (2015). Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sains dan Islam (C. Wijaya & Mesiono, Eds.). Perdana Publishing.

Tasika, Y., & Giyarsi. (2022). The Effectiveness of the Discussion Method to Increase Students’ Understanding and Activeness in Islamic Religious Education Subjects. Nusantara Education.

Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam; Konseptual dan Operasional (A. Aziz, Ed.). Pustaka Radja.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).

Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen: Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efesien (S. Saleh, Ed.; 1st ed.). Perdana Publishing.

Winoto, S. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan (M. Chotib, Ed.; 1st ed.). CV. Bildung Nusantara.

Yati, W. A., & Budiarti, S. (2020). Perencanaan Pendidikan Islam : Model dan Metode Perencanaan Pendidikan. At-Tazakki, 4(2), 208–221.

Undang-Undang Sisdiknas Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB IV HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA, ORANG TUA, MASYARAKAT, DAN PEMERINTAH

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), Cet ke 34

Syopian Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif; dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS, Jakarta: Kencana.

Saefullah, (2012) Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia

Syafaruddin, (2005) Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Ciputat Press

Ahmad Tafsir, (2014) Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya

Syafaruddin, (2015) Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing

Mulyono, (2018) Strategi Pembelajaran di Abad Digital, Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku

Rencana Kerja Madrasah (RKM) Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda tentang Tahap Perumusan

Program Kerja Kepala Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda tentang (Visi, Misi, dan Tujuan)

Program Kerja Kepala Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda tentang (5. Rencana Kerja Madrasah)

Muhaemin, (2014) Ilmu Pendidikan Islam. Sulawesi Selatan: Read Institute Press

Published

19-05-2025

Citation Check