KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI ERA GLOBALISASI PADA MAN 1 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.8360Keywords:
konsep PAI , karakter siswa , globalisasiAbstract
(1) Latar Belakang: Penelitian ini mengkaji konsep PAI di MAN 1 Padangsidimpuan dalam membentuk karakter siswa di era globalisasi; (2) Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: 1. konsep pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa di era globalisasi, (3) Metode: penelitian kualitatif lapangan dan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis dengan teknik analisis data; (4) Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Konsep pendidikan agama Islam di MAN Padangsidimpuan bertujuan meningkatkan karakter siswa melalui pendekatan yang terintegrasi, seperti menanamkan aqidah yang kuat, mengajarkan akhlakul karimah, dan membekali pemahaman Al-Qur'an serta Hadits. Konsep PAI dikembangkan kontekstual dan relevan, dengan fokus pada pembentukan karakter sebagai visi madrasah; dan (5) Kesimpulan: Konsep PAI di MAN 1 Padangsidimpuan membentuk karakter siswa melalui aqidah, akhlak, dan pemahaman Al-Qur’an, dengan peran guru sebagai teladan dan dukungan teknologi serta orang tua.
References
Akriani, Yeti Dewanti dan Wiwit. (2023). Pembentukkan Akhlak Peserta Didik melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4 (1).
Al-Ghazali, Abu Hamid. (n.d) Ihya Ulumuddin, Jilid 2. Mesir: Där al-Taqwa.
Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. (n.d). Tafsir Al-Maraghi 1. Beirut: Darul Kutub.
Atik. (2021). Core Ethical Values Pendidikan Karakter (Berbasis Nilai-Nilai Budaya). Jurnal NARATAS, 3 (1).
Dalimunthe, M. A., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic education in the new era of information and communication technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608
Fajri, Em Zul dkk. (n.d.) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisher.
Fauzan, I., Arifin, A., Dalimunthe, M. A., & Rahmadani, S. (2023). The configuration of ethnic and religious relations towards the 2024 general election: A case study in Medan, Indonesia. Multidisciplinary Science Journal, 6(2), 2024006. https://doi.org/10.31893/multiscience.2024006
Firmansyah, Dian. (2023). https://www.detik.com/jabar/hukum-dan-kriminal/d-6617293/siswa-kelas-3-smp-di-purwakarta-jadi-bandar-narkoba
Gazali Far Far, Amjad. (2024). History of Globalization Development and its Towards Students. The Kalimantan Social Studies Journal, 5 (2).
Gunawan, Aan dkk. (2022). Pendidikan Islam Di Era Globalisasi, Education Journal, 1 (1).
Hasiara, La Ode. (2018). Penelitian Multi Kasus Dan Multi Situs. Malang: IRDH.
Hudin, Mukhlisin Nata. (2024). Arti Dan Tujuan Pendidikan Seumur Hidup Serta Dasar-Dasar Pemikiran Dan Implikasi Konsepnya. Adidaya 1 (3).
Humaizi, Hasan NNN, Dalimunthe MA, Ramadhani E. (2024). Harmony in virtual space: Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) development communication in creating digital literacy based on religious moderation. Journal of Infrastructure, Policy and Development. 8(7): 4299. https://doi.org/10.24294/jipd.v8i7.4299
Ichsan, Nur Arifin dan Ahmad Shofiyuddin. (2024). Ethics of Teacher and Student Educative Interaction in The Book Tazkiratu Al-Sami'i Wa Al-Mutakallimi Fi Adabi Al-Alimi Wa Al-Muta'allimi By Imam Ibnu Jama'ah. Arfannur, 5 (1).
Ihsan, Sandra Desi Caesaria dan Dian. (2022). https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/06/104747771/pondok-pesantren-gontor-akui-ada-bullying-kasus-tewasnya-santri?page=all
Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., Rubino, & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415
Izzah, Anis Shofiyatul. (2021). Studi Multi-Situs Kedisiplinan Anak Usia Dini Di TK Kota dan TK Desa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3).
Lubis, Saiful Akhyar. (2021). Konseling Pendidikan Islmai: Perspektif Wahdatul 'Ulum. Medan: Perdana Publishing.
Manik, Nahliyah Septi Zahrah dkk. (2021). Ayat-Ayat Yang Berkaitan Dengan Pendidikan Islam Dalam Surah Al – Luqman Ayat 17-19 Kajian Tafsir Al -Misbah. JPdK, 3 (1).
Nata, Abudddin. (n.d.) Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru-Murid. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Nida, Sofwatun. (2024). PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI 5.0: STRATEGI INOVATIF UNTUK TANTANGAN MASA DEPAN. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8 (2).
Qudsiyah, Baytil· (2023). Hakikat Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2 (6).
Purba, A. M., Dirbawanto, N. D., & Dalimunthe, M. A. (2025). Urban digitalization through clean energy: policies and communication of Medan City government towards “Medan Smart City”. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1445, No. 1, p. 012067). IOP Publishing.
Radja, Aditia Maruli. Rektor Divonis Delapan Bulan Penjara. https://www.antaranews.com/berita/148541/rektor-divonis-delapan-bulan-penjara.
Saputra, Sugeng Edy dkk. (2021) Langkah Strategis Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(II).
Sholeh, Ahmad. (2022). Etika Guru dan Siswa untuk Membangun Hubungan Interpersonal dalam Pendidikan (Telaah Kitab Taisirul Khalaq), dalam Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6 (2).
Sikumbang, A. T., Dalimunthe, M. A., Kholil, S., & Nasution, N. F. (2024). Digital Da'wah Indonesia Ulema in the Discourse of Theology. Pharos Journal of Theology. 105(1). 1-14. https://doi.org/10.46222/pharosjot.1051
Singh, Harvinder. (2022). Ethics And Humanities: Exploration Of Linkages, AGPE The Royal Gondwana Research Journal of History, Science, Economic, Political and Social Science, 3 (2).
Suci, Andini Sukma dkk. (2024) Pendidikan Dan Peran Serta Masyarakat. Zeniusi Journal. 1 (1).
Syahputra, Muhammad Rizaldi. (2023). Konsep “Nikmat” dalam Al Quran. jurnal Iman dan Spiritualitas, 3 (3).
Tahir, Tarmizi Tarmizi. (2023). ASBABUN NUZUL DALAM KITAB KAUKABUL MUNIR KARYA ANREGURUTTA KH. MUHAMMAD AS’AD AL-BUGISY. Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, 1 (1).
Taufikurrohmah, Intan. (2022). Implikasi Pendidikan dari Al-Quran Surat Adz-Dzariyat Ayat 56 tentang Tujuan Penciptaan Manusia terhadap Upaya Pendidikan dalam Membentuk Manusia yang Taat Beribadah, Islamic Education, 2 (2).
Ulfah, Isnatin. (2023). https://iainponorogo.ac.id/2023/01/16/ratusan-siswa-di-ponorogo-hamil-di-luar-nikah-benarkah-mari-cek-faktanya/
UMM. (n.d.) https://www.umm.ac.id/id/pages/sumatera-utara/data-sma-dan-smk-kota-padang-sidempuan.html.
Usiono. (2022) Implementasi Kegiatan Eksrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam PembentukanKarakter PeduliSosial Siswa. Mimbar Kampus Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 22 (22).
Usiono. (2023). Palang Merah Indonesia Menjadi Salah Satu OrganisasiSosial Di Masyarakat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (2).
Usiono. (2023). Pentingnya Menjaga Mental Health Pada Anak Remaja: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nurman Hasibuan, Saiful Akhyar Lubis, Usiono Usiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).