Strategi Pengembangan Dosen Dalam Meningkatkan Mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi di PTKIN
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.8356Keywords:
Strategi Pengembangan, Dosen, Pendidikan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan dosen dalam meningkatkan kualitas "Tri Dharma" dosen di UIN Raden Mas Said Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan dosen dapat dirumuskan, yaitu: (1) Program pengembangan dosen mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta visi, misi, dan tujuan UIN Raden Mas Said Surakarta; (2) Penerapan pembelajaran berbasis integrasi; (3) Penyediaan dana untuk proyek atau inisiatif penelitian dengan pendekatan interdisipliner, termasuk program magang; (4) Bantuan untuk penelitian dan publikasi; (5) Penyediaan layanan masyarakat berbasis ilmiah; dan (6) Akselerasi program doktor dan promosi profesor.
References
Ali, S., . S., & . F. (2018). Pengembangan Strategi Pengembangan Kualitas Dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 3(2). https://doi.org/10.33005/mebis.v3i2.36
Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356
Asiyah, D. N. (2017). Analisis SWOT Sebagai Pertimbangan Menetapkan Strategi. Simki-Economic, 01(05).
Chaerul, Wahidin., (1999). Pembaruan Pendidikan Islam. Dissertation, unpublished. UIN Jakarta
Dasmadi, D. (2021). Model Peningkatan Kinerja Dosen Universitas Boyolali di Jawa Tengah Sebuah pendekatan Fourfold C Character. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.375
David, Fred. (2011). Strategic management, concepts and cases. 13. Florence, South Carolina: Prentice Hall. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(5).
Djuwita, T. M. (2017). Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya Dengan Profil Dosen Yang Produktif. UNB Management Journal, 2(2).
Gardner, R., dan Cowell, N. (1995). Teknik Mengembangkan Guru dan Siswa; Buku Panduan untuk Pemilik Sekolah Dasar. Jakarta: Grasindo. Penerjemah: Setyani D. Sjah.
Mahyuni, M., Karnan, K., Safruddin, S., Intiana, R. H., & Rispawati, R. (2020). Strategi Akselerasi Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.22
Mamahit, C. E. J. (2019). Analisis Pengaruh Manajemen Waktu Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Dosen. Manajerial, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/manajerial.v18i1.11002
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.
Nasr, S. V. R. (2005). The Rise of Muslim Democracy. Journal of Democracy 2, 40-60.
Nggini, Y. H. (2019). Analisis Swot ( Strength, Weaknes, Opportunity, Threats) Terhadap Kebijakan Pengembangan Pariwisata Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1). https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1739
Purwanti, A. R., Hidayat, N., & Sutisna, E. (2019). Peningkatan Produktivitas Kerja Dosen Melalui Pengembangan Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Dan Budaya Organisasi. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1333
Rifa’i, M. K. (2021). Madrasah Teacher’s Swot In Growing The Spirit Of Learning Fiqih In Milenial Generation In Tulungagung. Al’adalah, 22(2). https://doi.org/10.35719/aladalah.v22i2.16
Saepudin, S., Setiawati, Y. H., Kartika, I., & Junaedi, J. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i1.1368
Safriadi, S., Patimah, S., & Faizuddin, A. (2020). Internal and External Analysis of Lecturer Development Formulation Strategy at Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh – Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.26-9-2020.2302748
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Tan, C. (2011). Islamic Education and Indoctrination the Case in Indonesia. New York: Routledge.
Thomson, A. (1998). The Adult and The Curriculum. Retrieved from http://www.uiuc.edu/SPS/FES-Yearbook/1998/thomson.hotmail-2012-February 15th
Tuhagana, A. (2018). Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap Produktivitas Kerja Dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(2). https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i2.291
Ward, B. (2018). Fred R. David and Forest R. David. Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases. Malaysia: Pearson, 2016, 696 pages, $282.20 hardback. Personnel Psychology, 71(4). https://doi.org/10.1111/peps.12300
Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2017). Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2672
Yasir, S. N. H. (2018). Manajemen Peningkatan Kualitas Dosen (Studi Kasus pada Fakultas Tarbiyah UIN Malang). Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1). https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1069
Yusnanto, T., & Lestiono, D. (2020). Perencanaann Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Analisis Swot Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5). https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.170
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Wahyu Sukamti, Imam Makruf, M Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).