Strategi Pengembangan Dosen Dalam Meningkatkan Mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi di PTKIN

Authors

  • Wahyu Sukamti UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Imam Makruf 2UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • M Usman UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.8356

Keywords:

Strategi Pengembangan, Dosen, Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan dosen dalam meningkatkan kualitas "Tri Dharma" dosen di UIN Raden Mas Said Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan dosen dapat dirumuskan, yaitu: (1) Program pengembangan dosen mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta visi, misi, dan tujuan UIN Raden Mas Said Surakarta; (2) Penerapan pembelajaran berbasis integrasi; (3) Penyediaan dana untuk proyek atau inisiatif penelitian dengan pendekatan interdisipliner, termasuk program magang; (4) Bantuan untuk penelitian dan publikasi; (5) Penyediaan layanan masyarakat berbasis ilmiah; dan (6) Akselerasi program doktor dan promosi profesor.

References

Ali, S., . S., & . F. (2018). Pengembangan Strategi Pengembangan Kualitas Dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 3(2). https://doi.org/10.33005/mebis.v3i2.36

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Asiyah, D. N. (2017). Analisis SWOT Sebagai Pertimbangan Menetapkan Strategi. Simki-Economic, 01(05).

Chaerul, Wahidin., (1999). Pembaruan Pendidikan Islam. Dissertation, unpublished. UIN Jakarta

Dasmadi, D. (2021). Model Peningkatan Kinerja Dosen Universitas Boyolali di Jawa Tengah Sebuah pendekatan Fourfold C Character. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.375

David, Fred. (2011). Strategic management, concepts and cases. 13. Florence, South Carolina: Prentice Hall. International Journal of Science and Research (IJSR), 3(5).

Djuwita, T. M. (2017). Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya Dengan Profil Dosen Yang Produktif. UNB Management Journal, 2(2).

Gardner, R., dan Cowell, N. (1995). Teknik Mengembangkan Guru dan Siswa; Buku Panduan untuk Pemilik Sekolah Dasar. Jakarta: Grasindo. Penerjemah: Setyani D. Sjah.

Mahyuni, M., Karnan, K., Safruddin, S., Intiana, R. H., & Rispawati, R. (2020). Strategi Akselerasi Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.22

Mamahit, C. E. J. (2019). Analisis Pengaruh Manajemen Waktu Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Dosen. Manajerial, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/manajerial.v18i1.11002

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.

Nasr, S. V. R. (2005). The Rise of Muslim Democracy. Journal of Democracy 2, 40-60.

Nggini, Y. H. (2019). Analisis Swot ( Strength, Weaknes, Opportunity, Threats) Terhadap Kebijakan Pengembangan Pariwisata Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1). https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1739

Purwanti, A. R., Hidayat, N., & Sutisna, E. (2019). Peningkatan Produktivitas Kerja Dosen Melalui Pengembangan Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Dan Budaya Organisasi. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1333

Rifa’i, M. K. (2021). Madrasah Teacher’s Swot In Growing The Spirit Of Learning Fiqih In Milenial Generation In Tulungagung. Al’adalah, 22(2). https://doi.org/10.35719/aladalah.v22i2.16

Saepudin, S., Setiawati, Y. H., Kartika, I., & Junaedi, J. (2020). Manajemen kompetensi dosen berbasis Islam dalam mewujudkan perguruan tinggi bermutu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i1.1368

Safriadi, S., Patimah, S., & Faizuddin, A. (2020). Internal and External Analysis of Lecturer Development Formulation Strategy at Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh – Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.26-9-2020.2302748

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Tan, C. (2011). Islamic Education and Indoctrination the Case in Indonesia. New York: Routledge.

Thomson, A. (1998). The Adult and The Curriculum. Retrieved from http://www.uiuc.edu/SPS/FES-Yearbook/1998/thomson.hotmail-2012-February 15th

Tuhagana, A. (2018). Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap Produktivitas Kerja Dosen Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(2). https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i2.291

Ward, B. (2018). Fred R. David and Forest R. David. Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases. Malaysia: Pearson, 2016, 696 pages, $282.20 hardback. Personnel Psychology, 71(4). https://doi.org/10.1111/peps.12300

Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2017). Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2672

Yasir, S. N. H. (2018). Manajemen Peningkatan Kualitas Dosen (Studi Kasus pada Fakultas Tarbiyah UIN Malang). Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1). https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1069

Yusnanto, T., & Lestiono, D. (2020). Perencanaann Infrastruktur Jaringan Komputer Menggunakan Analisis Swot Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5). https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.170

Published

30-11-2023

Citation Check