Manajemen Aset Wakaf Untuk Pengembangan Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.8148Keywords:
Manajemen, Aset Wakaf, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bentuk-bentuk aset wakaf, pola pengelolaan aset wakaf, dan efektifitas pengelolaan aset wakaf bagi pengembangan pendidikan Islam di Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen, dan focused group discussion. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Simpulan penelitian ini, pengelolaan aset wakaf pada lembaga pendidikan meliputi bentuk-bentuk aset wakaf terdiri dari tanah yang langsung dimanfaatkan untuk pendidikan ataupun akan dimanfaatkan secara tidak langsung untuk pendidikan dan juga berupa gedung dan sarana lainnya untuk pendidikan di sekolah, madrasah, dan pesantren; pengelolaan aset wakaf meliputi persiapan wakaf, ikrar wakaf, sertifikasi aset wakaf, dan pemanfaatannya; dan efektifitas pengelolaan aset wakaf ditunjukkan bahwa sebagian besar gedung dan sarana pendidikan madrasah, sekolah, dan pesantren itu berdiri dan beroperasi di atas tanah wakaf. Artinya, aset wakaf yang terutama berupa lahan tanah benar-benar menjadi kunci penyelenggaraan pendidikan dimulai dari gedung dan sarananya yang berdiri di atas tanah wakaf. Di saat pemerintah belum sepenuhnya bisa menampung semua anak usia sekolah untuk belajar di sekolah milik pemerintah, maka mereka belajar di sekolah atau madrasah swasta yang mengandalkan aset wakaf sebagai solusi yang sangat penting bagi pendidikan masyarakat.References
Al Abrasyi, M. Athiyah. 1970. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta:Bulan Bintang.
Al-Jarjawi, Syeh Ali Ahmad. 2006. Hikmah Attasyri’ wafalsafatuhu, Indahnya Syariat Islam Jakarta:Gema Insani.
Anshori, Isa. 2018. Peran dan Manfaat Wakaf dalam Pengembangan Pendidikan Islam : Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Andalusia Caringin Sukabumi Jawa Barat Indonesia. Jurnal Tahdzibi. Volume 3. Nomor 1. Mei 2018.
Asrahah, Hanun. 1999. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta:Logos Wacana Ilmu.
Azizah, Nur. 2018. Pengelolaan Wakaf Produktif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Umat. Lampung: IAIN Metro.
Azizah, Nurul. 2019. Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf Produktif Di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang. Surabaya:UIN Sunan Ampel.
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Melenium Baru, Jakarta:Logos Wacana Ilmu.
Badan Wakaf Indonesia. 2019. Buku Pintar Wakaf. Jakarta:Penerbit BWI.
Bogdan, Robert C dan Biklen, S Knopp. 1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar Teori dan Metode. Terjemahan Munandir. Jakarta:Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Universitas Terbuka.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung:Penerbit Yrama Widya.
Denzin, Norman, K and Lincold, Yvonna S. 2000. Handbook of Qualitative Re-search (Second Edition). California:Sage Publication, Inc.
Kamaluddin Imam, Muhammad, 1999. Al-Washiyyat wal-Waqwi fil-Islam : Maqa-shid wa Qawaid, Matba'ah Intishar.
Kasdi, Abdurrohman. 2013. Ikhtiar Pengembangan Wakaf Produktif. Jurnal Equi-librium. Volume 1. Nomor 2. Desember 2013. STAIN Kudus.
Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jendral Bimbingan Masyara-kat Islam Direktorat Pemberdayaan Wakaf. 2013. Pedoman Pengelolaan dan Perkembangan Wakaf.
Marshall, Catherine and Gretchen B. Rossman. 2006. Designing Qualitative Re-search. California:Sage Publication, Inc.
McMillan, James H. and Sally Schumacher. 2001. Reseach In Education : A Con-ceptual Introduction, San Francisco, Longman.
Miles, Matthew B, dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mughiyah, Muhammad Jawad. 2006. Al-Fiqh ‘ala al Mazhabi al-Khamsah, Masykur AB, et al. Fiqh Lima Mazhab. Ciputat: Lentera.
Mughnisasi, Fadillah. 2015. Pengelolaan Wakaf Tunai Di Yayasan Wakaf UMI. Makassar: Jurnal IQTISADUNA.Vol. 1, 2015.
Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik. Bandung:Tarsito.
Rahim, Abdan, 2019. Peran Wakaf dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Al Qolam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. Vol 13 No 1. 2019. P-ISSN: 1907-4174; E-ISSN: 2621-0681. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/131
Ramadhan, Taufiq. 2020. Pengelolaan Wakaf Produktif dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kota Banda Aceh. Jakarta: IIQ.
Sabiq, Said. 1986. Fiqh Sunah, terj Mudzakir. Jilid XIV. Bandung: Penerbit Al-ma’arif.
Sadiman, S Arif dan Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2012. Media Pengajaran : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Saprida, dkk. 2022. Manajemen Wakaf dalam Perspektif Hukum Islam dan Un-dang-Undang No. 41 Tahun 2004. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah Volume 8 Nomor 1 Edisi Agustus 2022.
Spradley, James. 1980. Participant Observation. Rinchart and Winston:Holt.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Syafariah, Annisa. 2020. Peran Nazir Dalam Pengelolaan Wakaf Produktif (Studi Kasus di Majelis Wakaf dan Kehartabendaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bogor). Jakarta: UMJ.
Ulfah, Mutia. 2019. Analisis Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kemanfaatan Harta Wakaf (Studi Pada Pengurus Nazhir Wakaf Di Masjid Al-Furqon Kota Bandar Lampung). Lampung: UIN Raden Intan.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).