TANTANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL

Authors

  • Ahmad Manshur Universitas Nahdlotul Ulama' Sunan Giri
  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.8114

Keywords:

Tantangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Era Digital

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era digital membawa dampak signifikan pada berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam pendidikan agama Islam (PAI). Tantangan utama yang dihadapi dalam kurikulum PAl di era digital meliputi adaptasi terhadap metode pembelajaran yang berbasis teknologi, pemanfaatan media digital yang efektif, dan kebutuhan akan penguatan literasi digital bagi pendidik dan peserta didik. Transformasi digital dalam pendidikan agama Islam menawarkan peluang besar untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pendidikan Islam. Meskipun era digital membawa peluang untuk meningkatkan efektivitas pendidikan agama Islam, tantangan muncul dalam integrasi teknologi dengan metode pengajaran tradisional. Pendidikan Islam di era digital dihadapkan pada tantangan keaslian dan aksesibilitas, tetapi menawarkan peluang global dan metode pembelajaran interaktif dengan mengembangkan literasi digital, tata krama internet, dan menerapkan teori yang relevan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam menyusun kurikulum PAI yang responsif terhadap dinamika zaman dan mendukung pembentukan karakter islami pada peserta didik.

References

Anitasari, L., & Cahyono, A. (2023). Kurikulum dan Pola Ilmu Pengetahuan Pada Masa Orde Lama dan Orde Baru. Social Science Academic, 1(2), 93-98.

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan analisis kritis terhadap faktor penghambat pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal basicedu, 5(4), 1766-1777.

Fuad, F. Q. A. Y., Lailiyah, S. B., Wahyono, A. A., & Ahid, N. (2023). Analisis Dan Perbandingan Kurikulum Indonesia Abad Ke–20. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 6(3), 1-8.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model pengembangan Kurikulum Tyler dan implikasinya Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197-218.

Jannah, M., Shatika, N.. Parsętyo, E. B., & Habib, S. (2023). Transformasi Digital Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 131-140

Kismanto, S. (2021). Solusi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Pusaran Problematika Era Globalisasi. IndraTech, 2(1), 99-113.

Muhimmah, I. (2021). Implementasi Kurikulum PAI di Tengah Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Pleret Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Humaniora.

Ngongo, V. L., Hidayat, T., &Wijayanto. (2019). Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang, 2. 628- 638

Rahardja, M. N. A., Rambe, A. A., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., Dwietama, R. A., & Firdaus,

E. (2024). Menuju Super Smart Era 5.0: Tantangan Baru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 65- 82.

Farida Isroani, Filsafat Ilmu Pendidikan, Madura, (2023)

Farida Isroani, Inovasi dan Strategi Penididikan, Jurnal Sustainabel, 2022

Rifki, A. Ah., & Arnidah. (2021). Bahan Ajar Evaluasi Kurikulum

Zaelani, Z., Junaidi, J., Muhammad, M., & Muhsinin, M. (2023). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perkembangan Terkini dan Tantangan di Era Digital. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 12(1), 67-80.

Published

30-11-2023