TANTANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.8114Keywords:
Tantangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Era DigitalAbstract
Perkembangan teknologi informasi di era digital membawa dampak signifikan pada berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam pendidikan agama Islam (PAI). Tantangan utama yang dihadapi dalam kurikulum PAl di era digital meliputi adaptasi terhadap metode pembelajaran yang berbasis teknologi, pemanfaatan media digital yang efektif, dan kebutuhan akan penguatan literasi digital bagi pendidik dan peserta didik. Transformasi digital dalam pendidikan agama Islam menawarkan peluang besar untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pendidikan Islam. Meskipun era digital membawa peluang untuk meningkatkan efektivitas pendidikan agama Islam, tantangan muncul dalam integrasi teknologi dengan metode pengajaran tradisional. Pendidikan Islam di era digital dihadapkan pada tantangan keaslian dan aksesibilitas, tetapi menawarkan peluang global dan metode pembelajaran interaktif dengan mengembangkan literasi digital, tata krama internet, dan menerapkan teori yang relevan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam menyusun kurikulum PAI yang responsif terhadap dinamika zaman dan mendukung pembentukan karakter islami pada peserta didik.
References
Anitasari, L., & Cahyono, A. (2023). Kurikulum dan Pola Ilmu Pengetahuan Pada Masa Orde Lama dan Orde Baru. Social Science Academic, 1(2), 93-98.
Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan analisis kritis terhadap faktor penghambat pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal basicedu, 5(4), 1766-1777.
Fuad, F. Q. A. Y., Lailiyah, S. B., Wahyono, A. A., & Ahid, N. (2023). Analisis Dan Perbandingan Kurikulum Indonesia Abad Ke–20. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 6(3), 1-8.
Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model pengembangan Kurikulum Tyler dan implikasinya Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197-218.
Jannah, M., Shatika, N.. Parsętyo, E. B., & Habib, S. (2023). Transformasi Digital Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 131-140
Kismanto, S. (2021). Solusi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Pusaran Problematika Era Globalisasi. IndraTech, 2(1), 99-113.
Muhimmah, I. (2021). Implementasi Kurikulum PAI di Tengah Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Pleret Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Humaniora.
Ngongo, V. L., Hidayat, T., &Wijayanto. (2019). Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang, 2. 628- 638
Rahardja, M. N. A., Rambe, A. A., Akmal, M. J., Putri, A. N. C., Dwietama, R. A., & Firdaus,
E. (2024). Menuju Super Smart Era 5.0: Tantangan Baru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 65- 82.
Farida Isroani, Filsafat Ilmu Pendidikan, Madura, (2023)
Farida Isroani, Inovasi dan Strategi Penididikan, Jurnal Sustainabel, 2022
Rifki, A. Ah., & Arnidah. (2021). Bahan Ajar Evaluasi Kurikulum
Zaelani, Z., Junaidi, J., Muhammad, M., & Muhsinin, M. (2023). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perkembangan Terkini dan Tantangan di Era Digital. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 12(1), 67-80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Manshur, Farida Isroani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).