PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PROFESIONALITAS PADA KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Syahrul AR Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Ida Umami Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Erina Pane Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7572

Keywords:

kepemimpinan transformationa1, budaya organisasi, profesionalitas, kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap profesionalitas guru, 2) Pengaruh budaya organisasi terhadap profesionalitas guru, 3) Pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru, 4) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru, 5) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, 6) Pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru, 7) Pengaruh profesionalitas guru terhadap kinerja guru, dan 8) Pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan profesionalitas guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri di Lampung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi, dan melibatkan 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas dan kinerja guru, baik secara individu maupun bersama-sama. Profesionalitas guru sendiri juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan kontribusi total dari semua faktor sebesar 13,7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan transformasional kepala Madrasah berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas guru dengan kontribusi 5,6%; (2) Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas guru dengan kontribusi 4,1%; (3) Keduanya secara bersama-sama berpengaruh terhadap profesionalitas guru sebesar 7,3%; (4) Kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi 6,2%; (5) Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 3,6%; (6) Secara bersama-sama, keduanya mempengaruhi kinerja guru sebesar 7,5%; (7) Profesionalitas guru berpengaruh terhadap kinerja dengan kontribusi 9,9%; dan (8) Kombinasi ketiga faktor berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 13,7%.

References

Arief Subhan.2012.Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.Jakarta:Prenada Media Group.

Hasna, N., & Mulyanti, D. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Pada Bank Syariah Indonesia. Muqaddimah: Jurnal Ekonomi .... Https://Ejurnalqarnain.Stisnq.Ac.Id/Index.Php/Muqaddimah/Article/View/233

Iqbal, Muhammad. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan. 10(3): 119-129.

Khoirunnisak, Anis. (2023). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Peran Organisasi Pemuda di Masyarakat. 7(1), 662–682.

M.Zaki, & Saiman. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4.

Maula, R. R., & Sasana, H. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Proses Manajemen Pengetahuan. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen .. Https://Transpublika.Co.Id/Ojs/Index.Php/Jekombital/Article/View/276

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP -Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4 (5), 340–345. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.277

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital.Bandung : Widina Bhakti Persada.

Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., & Yuniati, I. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=B5t1EAAAQBAJ

Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). POPULASI, SAMPEL, VARIABEL DALAM PENELITIAN KEDOKTERAN. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=ISYrEAAAQBAJ

Saputri, D. I. (2023). Pentingnya Peran Guru Profesional Dalam Meningkatkan Pendidikan.

Satria, Budi. (2021). Peran Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Dalam Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pt. Xyz. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Kewirausahaan, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.52909/jbemk.v1i1.25

Purwanza, S.W., et. al. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI. CV. MEDIA SAINS INDONESIA. https://books.google.co.id/books?id=0CjKEAAAQBAJ

Sholikah, M. (2021). Pengaruh Antara Motivasi Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Kreatifitas Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar. Al-Athfal: Pendidikan Anak Usia Dini, 01, 1–32. Retrieved from

Sunatar, B. (2023). Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Dosen Pada Perguruan Tinggi. Feniks Muda Sejahtera.

Supranto, Statistik Pasar Modal. (Jakarta: Rineka Cipta., 2007)

Suryadi, D. (2022). Pelatihan dan Sosialisasi Laporan Pajak dengan Aplikasi e-SPT PPh untuk Mahasiswa dan Alumni STIEB Perdana Mandiri. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 3(1), 22–34.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran(Issue september 2016). CV. Adanu Abimata.

Syafrida Hafni Sahir dkk., (2021). Pengembangan dan Budaya Organisasi (Medan: YayasanKita Menulis,

Tobirin, Ali Rokhman, Dwiyanto Indiahono. (2022). Kepemimpinan Transformasional Pada Era Volatility , Uncertainty , Omplexity and Ambiguity ( Vuca Isbn : 978-623-465-038- 9. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/365614302%0AKEPEMIMPINAN

Yusnita, Reni, & Aslami, Nuri. (2022). Strategi Pengelolaan Kepemimpinan dan Perubahan Organisasi. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i2.157.

Downloads

Published

30-11-2023

Citation Check