Manajemen Pembinaan Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai – Nilai Spiritualitas (Studi Pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Kabupatenogan Komering Ilir)

Authors

  • Muhsim Muhsim Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Sulthan Syahril Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • A. Rifa’i Abun Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7448

Keywords:

IESQ, Karakter Siswa, Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pembinaankompetensi pedagogik guru Madrasah Tsanawiyah berbasis pesantren, mengetahui dan menganalisis pembinaan kompetensi kepribadian guru Madrasah Tsanawiyah berbasis pesantren, mengetahui dan menganalisis pembinaan kompetensi sosial guru Madrasah Tsanawiyah berbasis pesantren, mengetahui dan menganalisis pembinaan kompetensi profesional guru Madrasah Tsanawiyahberbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber Data terdiri dari Pengawas, Kepala Madrasah, Pimpinan Pesantren (kiayi) dan Guru. Teknik analisa data melalui langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknikpemeriksaan keabsahan data didasarkan pada empat kriteria yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional dilaksanakan dengan melalui empat hal sebagai berikut: Satu, peningkatan kualifikasi akademik guru, Dua, pembinaan melalui program sertifikasi Tiga pembinaan melalui pelatihan terintegrasi, Empat pembinaan melalui supervisi Hasil pembinaan keempat Kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional pada empat Madrasah Tsanawiyah telah mengalami peningkatan dengan signifikan melalui pengembangan skill dan penegetahuan. Temuan essensial pola pembinaan kompetensi guru telah dilakukan dengan baik, namun belum melakukan pola pembinaan dengan menggunakan manajemen moderndalam mengembangkan skill dan pengetahuan. Pola pengembangan pembinaan dengan Penggabungan teori menurut Clutterbuck dan teori pengembangan pelatihan oleh Thomas Lickona dan dilengkapi dengan nilai-nilai religius sebagailangkah untuk Pembinaan kompetensi guru dilakukan secara menyeluruh danterpadu (development and skill of religius value) Manajemen pembinaannya menyentuh pada hal substantif yang mendorong guru terus berfikir kritis dan mengembangkan pola pikir kelas tinggi. Terintegrasi kompetensi guru yaitu pembinaan dengan menggunakan manajemen modern dan menerapkan nilai-nilai religius yang didasarkan pada sunnah Rasulullah SAW dan tradisi parasalafussolih dalam membina ummatnya.

References

Bairizki, A. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi). Journal Of Chemical Information And Modeling. Vol. 53.

Elizah, Futri, Idi Warsah, Jumira Warlizasusi, Riza Faishol, And Lukman Asha. 2022. “Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Masa Pandemic Covid 19.” Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam 20 (1): 051. Https://Doi.Org/10.69552/Ar-Risalah.V20i1.1328.

Fay, Daniel Lenox, Uji Aktivitas Gel Ekstrak Etanol Daun Alpukat (Persea Americana Mill.) Sebagai Obat Luka Sayat Pada Kelinci (Oryctolagus Cuniculus), Hasri Hasri, Me Costa Da, Daniel Lenox Fay, And Schiavo. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Http://Repository.Ucb.Ac.Id/Id/Eprint/601.

Firkiawan, Suad. 2021. “Manajemen Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berbasis Prinsip-Prinsip Syariah Menuju Qualified Asean Bank.” Al-Mashrafiyah : Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah 1 (2): 51–64. Https://Doi.Org/10.24252/Al-Mashrafiyah.V1i2.4734.

Kurniawan, Rachmat. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Kaderisasi Anggota Ansor. Magnum Pustaka Utama. Vol. 1.

Larasati. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Mubarok, Ramdanil. 2023. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 131–46. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V3i2.183.

Rosiadi, Alfian, Margono Setiawan, And Wahdiyat Moko. 2023. “Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Pada Organisasi Sektor Publik.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 6 (2): 156–69. Https://Doi.Org/10.26905/Jmdk.V6i2.2208.

Sa’diyah, Halimatus. 2020. “Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 1 (2): 101. Https://Doi.Org/10.36835/Bidayatuna.V1i2.329.

Sakban. 2020. “Manajemen Sumber Daya Manusia” 2: 1–23.

Samsuni, S. 2020. “Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai-Nilai Islami.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan … 10 (1): 42.

Thoha, Mohammad. 2022. “Manajemen Peningkatan Mutu Ketenagaan Dan Sumber Daya Manusia (Sdm) Di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan.” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (1): 169–82. Https://Doi.Org/10.14421/Manageria.2017.21-09.

Utomo, Prasetyo Budi, Mulyadi Eko Purnomo, And Mgs Nazarudin. 2021. “Studi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Di Sd Islam Palembang.” Studia Manageria 3 (1): 83–97. Https://Doi.Org/10.19109/Studiamanageria.V3i1.6814.

Veronika, Dianita, Zaenab Achmar, Fahira Salahuddin, And Andi Batary Citta. 2023. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi Berbasis Total Quality Management Pada Politeknik Maritim Ami Makassar.” Journal Of Social Science Research 3: 6331–42.

Yuliyati, Erlina. 2020. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management Di Smk Muhammadiyah Prambanan.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (1): 24–35. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V4i1.967.

Zain Sarnoto, Ahmad. 2022. “Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya 6 (2): 51–60. Https://Doi.Org/10.53976/Jmi.V6i2.45.

Published

07-10-2024

Citation Check