Implementasi Budaya Madrasah Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Best Practice Timepak di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan)

Authors

  • Syarifuddin Syarifuddin Kementerian Agama Kota Medan, Indonesia
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Junaidi Arsyad Universitas islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1963-5789

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7427

Keywords:

Budaya Madrasah, Karakter, Best Practice, Timepak

Abstract

Kemajuan suatu bangsa dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Pendidikan agama tidak boleh terlepas dari setiap unsur kehidupan. Merosotnya moral dan akhlak siswa saat ini sangat dipengaruhi oleh iklim yang ada dan berjalan dilingkungan sekolah itu sendiri. Peran sekolah selain tempat mentransfer pengetahuan juga sebagai wadah untuk menumbuhkan dan mengajarkan akhlak dan karakter yang baik untuk melahirkan generasi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi budaya madrasah dalam membantu meningkatkan karakter siswa di MAPN 4 Medan dengan menggunakan Best Practice Timepak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya madrasah sangat penting untuk membentuk karakter dan etika siswa di MAPN 4 Medan, program-program seperti Best Practice Timepak sangat membantu membentuk dan mengembangkan karakter siswa yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman baik di lingkungan madrasah ataupun diluar lingkungan madrasah.

References

A. Adiyono, J. &. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 33-60.

Abdullah, M. (2020). Manajemen Pendidikan Kontemporer: Kontruksi Pendekatan Berbasis Budaya dan Keaarifan Lokal. Jakarta: CV Cendikia Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Budianto. (2017). Implementasi Pengembangan Madrasah dan Sekolah Islam Unggulan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 109-126.

Dalimunthe, D. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat NIlai-Nilai Spiritual, Etika dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 75-96.

Encu, A. &. (2022). Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada-Rajawali Pers.

Huberman, M. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 157.

Maduwinarti, M. T. (2024). Teori dan Model Evaluasi Kebijakan: Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Sonpedia Publishing Indonesia.

Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, B. (2017). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Education FKIP UNMA, 109-126.

Mulia, H. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 118-129.

Oviana, R. N. (2020). Internalisasi Nilai Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. FITRAH: International Islamic Education Journal, 15-36.

Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 81.

Ramadhani, N. &. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Budaya, Ras, Perkembangan Teknologi dan Lingkungan Geografis (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 515-528.

Rohman, R. S. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 141-160.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga Sekolah dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 82.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2015). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilowati. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 115-132.

Susrianingsih, I. &. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah: Analisis Tentang Model dan Implementasinya. FITRAH: Journal of Islamic Education, 52-65.

Published

26-09-2024

Citation Check