Budaya Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Lampung Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7403Keywords:
Budaya kerja guru, Mutu pendidikan, Profesionalitas guru, Inovasi guru, Integritas, tanggung jawabAbstract
Budaya kerja guru merupakan salah satu faktor kunci yang mempengaruhi mutu pendidikan di sebuah lembaga. Budaya kerja yang positif, seperti disiplin, profesionalitas, tanggung jawab, dan komitmen terhadap tugas, berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan produktif. Sebaliknya, budaya kerja yang kurang baik dapat berdampak negatif terhadap kualitas pendidikan, menghambat perkembangan potensi siswa, dan menurunkan prestasi sekolah secara keseluruhan. Adapun masalah dalam penelitian di madrasah ibtidaiyah di lampung selatan di antaranya: Bagaimanakah integritas guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lampung Selatan, Bagaimanakah profesionalitas guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lampung Selatan, Bagaimanakah inovasi guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lampung Selatan, Bagaimanakah tanggung jawab guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lampung Selatan Bagaimanakah keteladanan guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber Data terdiri dari Pengawas, Kepala Madrasah, siswa dan Guru. Teknik analisa data melalui langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.Teknik pemeriksaan keabsahan data didasarkan pada tiga kriteria yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan penting mengenai peran budaya kerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kabupaten Lampung Selatan Integritas ditunjukkan dengan tekad dan kemauan aparatur sipil negara dan guru untuk berbuat baik, bijaksana dalam menyelesaikan problem kerja, mematuhi aturan yang berlaku bagi aparatur sipil negara dan aturan agama yang dianut oleh aparatur sipil negara, serta menolak suap, gratifikasi dan korupsi;Inovasi yang ditunjukkan dengan sistem program yang selalu disempurnakan secara berkala, keterbukaan pegawai dam menerima kritik yang membangun, selalu meningkatkan kompetensi dengan mengikuti asesmen yang berlaku, dan pemanfaatan teknologi dan informasi untuk menjalankan dan mensosialisasikan program;Tanggung jawab ditunjukkan dengan penyelesain program yang cukup tepat sesuai dengan target yang ditentukan, serta menerima evaluasi yang konstruktif dalam program evaluasi triwulan;Keteladanan ditunjukkan dengan palayanan yang baik bagi masyarakat, dan adanya bimbingan dari sejawat aparatur sipil negara serta kepala MIN 1 Lampung Selatan, MIN 2 Lampung Selatan dan MIN 6 Lampung Selatan.
References
Chostholani, A., Usman, F., & Zamroni, A. (2021). The Strategy Head Madrasah Strengthening The Quality Of Education In Madrasah Ibtidaiyah. Zahra: Research And Tought Elementary School Of Islam Journal, 2(2), 153–166. Https://Doi.Org/10.37812/Zahra.V2i2.271
Devi, A. D., Kahfi, I., & Nyamini, N. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Sleman. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 44–61. Https://Doi.Org/10.36768/Abdau.V5i1.239
Di, G., Ibtidaiyah, M., Nurul, M. I., Baru, S., & Tangerang, C. (2020). Korelasi Disiplin Kerja Guru Dengan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Nurul Falah Sawah Baru Ciputat Tangerang Selatan. Mi.
Dien Fauzia Rokhmi, Jadid Khadavi, M., & Khosiah, N. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ula Probolinggo. Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 44–52. Https://Doi.Org/10.46773/Ibtidaiyah.V5i1.1014
Fatimah, S. (2020). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kediwung Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 165–188. Https://Ejournal.Isimupacitan.Ac.Id/Index.Php/Tajdid/Article/View/200%0a
Insani, M. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkankan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Al-Muntafi’ah Barurejo Siliragung Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Karakter, P. P., Budaya, B., Dalam, M., Ulum, M., Jenggawah, K., Jember, K., & Fermansah, D. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Madrasah Dalam Membentuk Sikap Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Miftahul Ulum Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Mi.
Nadziroh, A. (2020). Strategi Penguatan Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah. Religious: Journal Of Religious And Cross-Cutural Studies, 4(1), 64–72. Https://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Religious/Article/View/6432/Pdf
Nasih, M., & Insani, M. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkankan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Al-Muntafi’ah Barurejo Siliragung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 4(1), 124–142. Https://Doi.Org/10.30739/Jmpid.V4i1.1625
Novi Ariyanti, & Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo. (2021). Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat Dan Sekolah (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 103–126. Https://Doi.Org/10.47766/Idarah.V5i2.133
Paramita, L. F., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Stress Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Baiturrahman Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.
Penelitian, M., Dalam, S., Penyelesaian, R., Jenjang, S., Program, P., Manajemen, S., & Syariah, B. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Bungadidi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara.
Purbalingga, K. (2020). Model Peningkatan Budaya Kerja Bermutu Di Mi Ma’arif Nu Karangmalang Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga.
Rachman Pranajati, N., & Mufid, M. (2022). Urgensi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (Pkkm) Dalam Meningkatkan Mutu Di Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Nasional Pd-Pgmi Se Indonesia Prodi Pgmi Fitk Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, September, 511–522.
Safitri, E. R. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Ipa Berbasis Kecakapan Abad-21 Di Kelas Vi Mi Darul Ulum Ngorok Kopang Tahun Pelajaran 2021-2022. Xvi+1-118.
Salma, A. (2021). Konsep Guru Profesional Dalam Buku Gurunya Manusia Karya Munif Chatib Dan Urgensinya Terhadap Kompetensi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. April, 1–76. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/15897
Simatupang (2020). (2021). Kebijakan Inovatif Kepala Sekolah Efektif Dalam Pengembangan Mutu Sdm Di Min 1 Yogyakarta Farah. International Journal Of Intellectual Discourse (Ijid), 39(8), 102–111.
Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Munir, M. (2021). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan 2021. April.
Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2019). Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Agama Di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Labuaja. 2(01), 31–45.
Umiyati. (2021). Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Mayak Ponorogo). 4(1), 6.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Yayu Tsamrotul Fuadah, Ida Umami, Erina Pane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).