Budaya Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Yayu Tsamrotul Fuadah Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Ida Umami Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Erina Pane Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7403

Keywords:

Budaya kerja guru, Mutu pendidikan, Profesionalitas guru, Inovasi guru, Integritas, tanggung jawab

Abstract

Budaya kerja guru merupakan salah satu faktor kunci yang mempengaruhi mutu pendidikan di sebuah lembaga. Budaya kerja yang positif, seperti disiplin, profesionalitas, tanggung jawab, dan komitmen terhadap tugas, berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan produktif. Sebaliknya, budaya kerja yang kurang baik dapat berdampak negatif terhadap kualitas pendidikan, menghambat perkembangan potensi siswa, dan menurunkan prestasi sekolah secara keseluruhan.  Adapun masalah dalam penelitian di madrasah ibtidaiyah di lampung selatan di antaranya: Bagaimanakah integritas guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah  di Kabupaten Lampung Selatan, Bagaimanakah profesionalitas guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah  di Kabupaten Lampung Selatan, Bagaimanakah inovasi guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah  di Kabupaten Lampung Selatan, Bagaimanakah   tanggung   jawab   guru   dalam meningkatkan mutu Madrasah   Ibtidaiyah   di Kabupaten Lampung Selatan Bagaimanakah keteladanan guru dalam meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah  di  Kabupaten Lampung Selatan.   Penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber Data terdiri dari Pengawas, Kepala Madrasah, siswa dan Guru. Teknik analisa data melalui langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.Teknik pemeriksaan keabsahan data didasarkan pada tiga kriteria yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.  Penelitian ini mengungkapkan beberapa temuan penting mengenai peran budaya kerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kabupaten Lampung Selatan Integritas ditunjukkan dengan tekad dan kemauan aparatur sipil negara dan guru untuk berbuat baik, bijaksana dalam menyelesaikan  problem  kerja,  mematuhi  aturan  yang  berlaku bagi  aparatur   sipil  negara  dan  aturan  agama   yang  dianut oleh aparatur sipil negara, serta menolak suap, gratifikasi dan korupsi;Inovasi  yang  ditunjukkan  dengan  sistem  program  yang selalu disempurnakan secara berkala, keterbukaan pegawai dam menerima kritik yang membangun, selalu meningkatkan kompetensi dengan  mengikuti  asesmen    yang    berlaku,    dan pemanfaatan  teknologi  dan  informasi  untuk menjalankan  dan mensosialisasikan  program;Tanggung  jawab ditunjukkan dengan penyelesain program yang cukup tepat sesuai dengan target   yang   ditentukan,   serta menerima  evaluasi   yang  konstruktif  dalam program evaluasi triwulan;Keteladanan ditunjukkan dengan palayanan yang baik bagi masyarakat,   dan   adanya   bimbingan   dari   sejawat    aparatur  sipil negara serta kepala MIN 1 Lampung Selatan, MIN 2 Lampung Selatan dan MIN 6 Lampung Selatan.

References

Chostholani, A., Usman, F., & Zamroni, A. (2021). The Strategy Head Madrasah Strengthening The Quality Of Education In Madrasah Ibtidaiyah. Zahra: Research And Tought Elementary School Of Islam Journal, 2(2), 153–166. Https://Doi.Org/10.37812/Zahra.V2i2.271

Devi, A. D., Kahfi, I., & Nyamini, N. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Sleman. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 44–61. Https://Doi.Org/10.36768/Abdau.V5i1.239

Di, G., Ibtidaiyah, M., Nurul, M. I., Baru, S., & Tangerang, C. (2020). Korelasi Disiplin Kerja Guru Dengan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Nurul Falah Sawah Baru Ciputat Tangerang Selatan. Mi.

Dien Fauzia Rokhmi, Jadid Khadavi, M., & Khosiah, N. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ula Probolinggo. Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 44–52. Https://Doi.Org/10.46773/Ibtidaiyah.V5i1.1014

Fatimah, S. (2020). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kediwung Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 165–188. Https://Ejournal.Isimupacitan.Ac.Id/Index.Php/Tajdid/Article/View/200%0a

Insani, M. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkankan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Al-Muntafi’ah Barurejo Siliragung Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Karakter, P. P., Budaya, B., Dalam, M., Ulum, M., Jenggawah, K., Jember, K., & Fermansah, D. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Madrasah Dalam Membentuk Sikap Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Miftahul Ulum Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Mi.

Nadziroh, A. (2020). Strategi Penguatan Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah. Religious: Journal Of Religious And Cross-Cutural Studies, 4(1), 64–72. Https://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Religious/Article/View/6432/Pdf

Nasih, M., & Insani, M. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkankan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Al-Muntafi’ah Barurejo Siliragung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 4(1), 124–142. Https://Doi.Org/10.30739/Jmpid.V4i1.1625

Novi Ariyanti, & Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo. (2021). Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat Dan Sekolah (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 103–126. Https://Doi.Org/10.47766/Idarah.V5i2.133

Paramita, L. F., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Stress Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Baiturrahman Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.

Penelitian, M., Dalam, S., Penyelesaian, R., Jenjang, S., Program, P., Manajemen, S., & Syariah, B. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Bungadidi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara.

Purbalingga, K. (2020). Model Peningkatan Budaya Kerja Bermutu Di Mi Ma’arif Nu Karangmalang Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga.

Rachman Pranajati, N., & Mufid, M. (2022). Urgensi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (Pkkm) Dalam Meningkatkan Mutu Di Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Nasional Pd-Pgmi Se Indonesia Prodi Pgmi Fitk Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, September, 511–522.

Safitri, E. R. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Ipa Berbasis Kecakapan Abad-21 Di Kelas Vi Mi Darul Ulum Ngorok Kopang Tahun Pelajaran 2021-2022. Xvi+1-118.

Salma, A. (2021). Konsep Guru Profesional Dalam Buku Gurunya Manusia Karya Munif Chatib Dan Urgensinya Terhadap Kompetensi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. April, 1–76. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/15897

Simatupang (2020). (2021). Kebijakan Inovatif Kepala Sekolah Efektif Dalam Pengembangan Mutu Sdm Di Min 1 Yogyakarta Farah. International Journal Of Intellectual Discourse (Ijid), 39(8), 102–111.

Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Munir, M. (2021). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan 2021. April.

Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2019). Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Agama Di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Labuaja. 2(01), 31–45.

Umiyati. (2021). Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Mayak Ponorogo). 4(1), 6.

Published

29-12-2023

Citation Check