Paradigma Pembelajaran Modern Dalam Pengembangan Pendidikan Nilai dan Moral Islami di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.5478Keywords:
Paradigm, Modern Learning, Islamic Values and MoralsAbstract
Kajian pendidikan nilai dan moral islami dalam pendidikan di Indonesia khusunya pendidikan Islam berperan penting dalam memandu umat manusia. Manusia diciptakan sebagai makhluk mulia dan unggul, dengan itu manusia dapat menemukan kebenaran dan keyakinan yang bersih serta kepribadian yang lurus. Dalam hal kapasitas dan potensi batin serta spiritual manusia patut mencapai tingkat kekhalifahan dan memperoleh kemuliaan dari Allah Swt. dengan daya-daya yang dimiliki, manusia mampu mewujudkannya. Namun jika manusia berbuat buruk dan menyebabkan kejahatan dan kerusakan di bumi, maka Allah akan menjatuhkannya dari derajat kekhalifahan. Demikian pula, bila manusia tidak melaksanakan ibadah dan melakukan dosa, maka Allah akan menjatuhkannya dari derajat kemuliaan.Â
References
Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin, jilid VII, Beirut Lebanon: Ihya Attaraatu ‘Arabi, tt.
Rijal, F., Nudin, B., & Samad, I. A. (2022). Learning Innovation of Islamic Religious Education at MTsN Model in Aceh. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2).
Hanna Djumhana Bastaman, Integrasi Psikologi dengan Islam Menuju Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Iwan Fajri, dkk, “Pendlidikan Nilai dan Moral dalam Sistem Kurikulum Pendidikan di Acehâ€, dalam Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9 No. 3 (September, 2021) Open Access at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP.
Kartini Kartono, Pengantar Illmu Mendidik Teoritis (Apakah Pendidikan Masih Diperlukan?), Bandung: Penerbit Mandar Maju, 1992.
Mohammad Ali Shomali (ed),l Etika Modern; Pandangan Para Filsuf Mutkhir, Terj. Jakarta: Nur Al-Huda, 2014.
Muchammad Djarot, “Program Pengembangan Aspek Moral, Spiritual, Sosial dan Emosonal Pada Anak Usia Dini, dalam AL-BANNA: Volume 1 Nomor 1 Januari 2020.
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Nove Kurniati Sari, “Dinamika Perkembangan Spiritualitas Dan Relevansinya Terhadap Pendiidkan Islam,†dalam TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 1 : Februari 2020.
Tri Sukitman, “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter), dalam JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2, No. 2 Agustus 2016.
Wan Mohd Nor Wan Daud, Filsafat Dan Praktik Pendidikan Syed M. Naquib Al-Attas, Terj. Bandung: Mizan, 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).