Analisis Kinerja Pengawas Dan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lampung Timur

Authors

  • Muhammad Anif Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia;, Indonesia
  • Achmad Asrori Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia, Indonesia
  • M. Nasor Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7397

Keywords:

Analisis Kinerja, Pengawas Dan Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Abstract

Kualitas Lembaga Pendidikan Madrasah dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kinerja pengawas dan Kepala Madrasah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kinerja pengawas dan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian yang kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang memotret kepengawasan dengan plus minusnya. Dalam penelitian ini, Madrasah Aliyah se Kabupaten Lampung Timur menjadi subjek dan informan penelitian yakni: Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur Kec. Batanghari, MA IC Lampung Timur way Jepara, MA Maarif Sekampung. Sampel diambil secara purposive sampling dan data dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1. Analisis kinerja pengawas  dan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dapat dikategorikan cukup baik  dapat dilihat dari kegiatan pengawasan yang dilaksanakan dengan mengadakan kunjungan kelas dan observasi langsung terhadap proses pelaksanaan pembelajaran di kelas. 2.Prestasi kerja yang diraih oleh pengawas khususnya dalam bidang penelitian masih perlu ditingkatkan. 3.Peran serta pengawas dalam upaya peningkatan mutu sekolah sangatlah minim. 4.Peran pengawas tidak banyak berpengaruh terhadap mutu pendidikan di Madrasah serta prestasi belajar siswa. Sekolah yang telah menorehkan beberapa prestasi menganggap bahwa kontribusi dari peningkatan mutu pendidikan di Madrasah merupakan hasil dari kemampuan kepala sekolah serta kinerja guru dalam melaksanakan pembelajarannya. Dengan demikian, penelitian ini merekemondasikan perlu adanya kerjasama yang solid antar pengawas dan pihak sekolah serta perlu dilakukannya optimalisasi pelatihan kepengawasan agar tugas kepengawasan dapat lebih meningkat.

References

basalamah, Salim, Baharuddin Semmaila, And Andi Bunyamin. 2023. “The Role Of Madrasa Superintendents In Improving The Education Quality Of Baubau 1 Public Middle School And Al- Syaikh Abdul Wahid Madrasah Tsanawiyah , Baubau City . The Quality Of Education Is One Of The Pillars Of Human Resource Development , Which Is Very Important for National Development . Even in the Future , Quality Education Will Only,” 1–15.

Qurotul Fitriani, Mukhibat Mukhibat, Dhinuk Puspita Kirana, and Roni Harsoyo. 2023. “Managerial Competence of Madrasah Principals in the Development of Educators and Education Personnel in Madiun, Indonesia.” International Journal of Social Science and Education Research Studies 03 (07): 1499–1508. https://doi.org/10.55677/ijssers/v03i7y2023-40.

Halik, Sampara, Abdul Rahim Yunus, Baharuddin Semmaila, Akhmad Syahid, and Muamar Asykur. 2022. “The Influence of Madrasah Principal Leadership and Work Environment on Madrasah Teacher Performance.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (4): 1163–74. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.4042.

Hasan, Mardhiah, Tesar Arwandi, Lisa Nursita, and St Ibrah Mustafa Kamal. 2022. “The Quality of Education Based on Local Wisdom: The Principal of Madrasah Review.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (1): 617–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3484.

Hasyim, K H, and A S Y Ari. 2023. “Jurnal Hikmah” 12: 165–73.

Ilmu, Jurnal Al-kifayah, D I Mts, Se-rantau Kampar Kiri, M Sahlan Putra Tama, and Kampar Kiri. 2022. “MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN KINERJA GURU” 1: 80–90.

Inan, D I M T S Al-hidayah. 2023. “Dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru 2023 M / 1444 H.”

Isyaroh, Siti. 2023. “Manajemen Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6 (2): 1332–40. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1617.

Kosasih, Fitriyani, Asep Dien Nurjaman, and Yudi Suryaman. 2022. “Managerial Competency the Head of Madrasah” 12.

Maki, Ahmad, Iim Wasliman, and Eva Dianawati. 2022. “Manajemen Strategis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru.” Jurnal Riset Tindakan Indonesiaan Indonesia 7 (4): 747–55.

Wenni Meliana, Aslamiah Aslamiah, and Sulaiman Sulaiman. 2023. “The Influence of Madrasah Head Transformational Leadership, Teacher Work Discipline, Teacher Work Motivation on Aliyah Madrasah Teacher Performance in Banjarmasin.” International Journal of Social Science and Human Research 06 (05): 2840–49. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i5-42.

Mitq, D I, and A L Manar. 2023. “Tesis Meningkatkan Kinerja Guru.”

Muali, Chusnul, Ridwan Ridwan, Huda Huda, and Abdul Rozaq Akbar. 2022. “Improving Teacher Work Discipline in Madrasah Through Charismatic Leadership.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (1): 281–94. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i1.3302.

Pardede, N. 2022. “Evaluasi Kinerja Pengawas Madrasah Di Kota Pematang Siantar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6: 764–68.

Shaddiq, S. 2023. “The Influence of Leadership, Work Motivation and Discipline on Teacher Performance in Private Madrasah Aliyahin Tapin ….” Journal of Educations. https://banuainstitute.org/JOED/article/download/43/47.

Solikin, Akhmad Suhadak, Syamsul Bakri, Abdul Matin Bin Salman, and Imdad Rabbani. 2022. “The Effect of Supervision of Madrasah Principals and Ability to Use Technology on the Performance of MAN Teachers in Malang City.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 6 (1): 113. https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i1.4663.

Suprihatin, Suprihatin, Diana Widhi Rachmawati, Rambat Nur Sasongko, Muhammad Anas Ma`arif, and Muhammad Anshar Khadafi Kader. 2022. “The Effect of Work Motivation and Discipline on The Performance of The Leading Teachers of Madrasah.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (3): 693–704. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3619.

TAHIR, Y. 2023. “Analisis Kinerja Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Luwu.” http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7092/1/YULIA TAHIR.pdf.

Warisno, Andi, and Nur Hidayah. 2022. “Investigating Principals’ Leadership to Develop Teachers’ Professionalism at Madrasah.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (1): 603–16. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3570.

Winarsih, S, and S Purnomo. 2023. “Teacher Performance Improvement Management in State Madrasah Aliyah Cilacap, Central Java Indonesia.” Educational Research (IJMCER) 5 (3): 24–30. https://www.ijmcer.com/wp-content/uploads/2023/05/IJMCER_C053024030.pdf.

Published

29-12-2023

Citation Check