Implementasi Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Intellectual, Emotional, Dan Spiritual Quotient Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Lampung Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7396Keywords:
IESQ, Karakter Siswa, Manajemen Pembelajaran, Pendidikan IslamAbstract
Dalam konteks pembelajaran, guru dituntut memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana membangun koneksitas antara manajemen pembelajaran dan pencapaian visi dan misi Lembaga. Lembaga Islami sebagai refleksi dari komunitas yang equilibrum, dapat dikembangkan melalui pencerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang dalam instrumen pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan implementasi manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis IESQ dalam membentuk karakter Siswa di Madrasah Aliyah Kabupaten Lampung Selatan, menganalisis dan menemukan hambatan, serta menganalisis, merumuskan, dan menemukan solusi implementasi manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis IESQ dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan; jenis penelitian kualitatif. Sumber data didapat dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi; teknik pengolahan data yaitu klasifikasi data, koding, dan tabulasi, dan teknik analisis data yaitu analisis kualitatif yang meliputi reduksi kata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi; dan pengujian keabsahan hasil penelitian yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) Implementasi manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak pada Mata pelajaran akidah akhlak, meliputi: (a) Perencanaan pembelajaran berbasis IESQ (b) Pengorganisasian pembelajaran berbasis IESQ (c) Pelaksanaan pembelajaran (d) Evaluasi pembelajaran berbasis IESQ (2) Persepsi guru Mata pelajaran akidah akhlak terhadap implementasi manajemen pembelajaran yang berbasis IESQ dinilai sangat urgen dan relevan. (3) Hambatan (permasalahan) Guru Mata pelajaran aqidah akhlak dalam mengimplementasikan pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis IESQ adalah guru tidak berdasar pada visi, misi, tujuan, dan kurikulum Mata pelajaran akidah akhlak dalam menyusun tujuan dan kompetensi dasar pembelajaran. (4) Solusi atas hambatan (permasalahan) Implementasi Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis IESQ di yaitu analisis visi, misi, tujuan, dan kurikulum Mata pelajaran akidah akhlak.
References
Adela, Nur, And Asnil Aidah Ritonga. 2023. “The Effectiveness Of The Ta’lim Program In Strengthening Islamic Religious Education For Students.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6 (3): 336–55. Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V6i3.3696.
Fakhrurrozi, Hatta, Masturah Minabari, And Fatimah Saguni. 2023. “Enhancing The Social And Religious Character Of Students At Qurratu A ’ Yun High School Through Extracurricular Activities Universitas Sunan Giri Surabaya Article History : In Recent Years , Character Education Has Become A Hot Topic In The World Of Educa” 12 (1): 101–19.
Hakim, Dede Abdul. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Comserva Indonesian Jurnal Of Community Services And Development 1 (12): 1231–51. Https://Doi.Org/10.36418/Comserva.V1i12.197.
Hidaya, Jois. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Pada Zaman Dahulu.”
Huda, Nurul, Anaconda Bangkara, Gugun Gunardi, Cipta Pramana, Mustofa Hilmi, Sri Wahyuningsih, Endang Lifchatullaillah, Et Al. 2021. Pendidikan Karakter Dalam Perpsektif Multidisiplin.
Jailani, Mohammad. 2023. “Responding To Muhammadiyah Education In The Era Of Neurotechnology: Neuroscience And Religious Moderation Perspectives.” 12 Waiheru 9 (2): 126–36. Https://Doi.Org/10.47655/12waiheru.V9i2.161.
Mahmudah, Imil, Fathul Jannah, And Abdul Basith. 2022. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Negeri 2 Balikpapan.” Borneo Journal Of Islamic Education 2 (1): 99–108. Http://Dx.Doi.Org/10.21093/Bjie.V2i1.5559%0ahttps://Journal.Uinsi.Ac.Id/Index.Php/Bjie/Article/Download/5559/1900.
Melelo, Shutura Shura. 2023. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri Melalui Program Tahfidz (Studi Kasus Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Grendeng Purwokerto Utara)” 5: 1–14. Https://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Books/Nbk558907/.
Muhammad Abdul Aziz. 2022. “Strategi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Nurul Azhr Sampung.” Skiripsi S1 Iain Ponorogo.
Ningrum, Effiana Cahya, And Nur Hidayat. 2022. “Pembelajaran Berbasis Literasi Agama Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Mts Ma’arif Nu 1 Pekuncen Kabupaten Banyumas Tesis” 16: 295–318.
Nursebsa, Tobel, Muslih Hidayat, And Zuhri Zuhri. 2022. “Character Education Strategies Through The Islamic Personal Development Program At It” 21 (2): 134–53.
Praxis. 2022. “Manajemen Spiritual.” Journal Of Economic Perspectives 2 (1): 1–4. Http://Www.Ifpri.Org/Themes/Gssp/Gssp.Htm%0ahttp://Files/171/Cardon - 2008 - Coaching D’équipe.Pdf%0ahttp://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/2203%0ahttp://Mpoc.Org.My/Malaysian-Palm-Oil-Industry/%0ahttps://Doi.Org/10.1080/23322039.2017.
Saputro, Gilang. 2021. “Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . P . D ) Oleh : Shindi Huninairoh.” Skripsi, 1–72.
Siti Masrohatin. 2022. “Manajemen Kinerja Sumberdaya Manusia Pendekatan Islamic Value.” Media Sains Indonesia 1 (Juli): 427.
Sri Setyo. 2022. “Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Berpretasi Di Madrasah Ibtidiyah Negeri Sukoharjo Tahun 2021 (Studi Multi Situs Min I Dan Min Ii Sukoharjo)” 2021. Http://Eprints.Iain-Surakarta.Ac.Id/4308/1/Disertasi Sri Setyo - Rano Wandana -.Pdf.
Syahnita, Rini. 2021. “Pendidikan Karakter Religius Berbasis Spiritual Training; Studi Lapangan Di Smp Alam Bis (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi.” Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 6.
Turap, Tipe-Tipe, Turap Beton Merupakan, Turap Baja Lebih, And Tipe-Tipe Dinding Turap. N.D. “Implementasi Kegiatan Muhasabah Akhir Tahun Dalam Meningkatkan Emotional Spiritual Quotient Anggota Majelis Taklim Di Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur,” 1–17.
Winurini, Sulis. 2021. “Pengembangan Skala Orientasi Masa Depan Pendidikan Pada Remaja Indonesia.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 12 (2). Https://Doi.Org/10.46807/Aspirasi.V12i2.2495.
Yuliati, Eka Dewi. 2021. “Implementasi Program Hafalan Juz Amma Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Siswa Di Mts Albasyariyah Lengkong Sukorejo.” Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/17480/1/210317183_Eka Dewi Yuliati_Pai.Pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Azqiya Akidatul Izzah, Ida Umami, Erina Pane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).