Implementasi Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Intellectual, Emotional, Dan Spiritual Quotient Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Azqiya Akidatul Izzah Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia;, Indonesia
  • Ida Umami Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia, Indonesia
  • Erina Pane Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7396

Keywords:

IESQ, Karakter Siswa, Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Islam

Abstract

Dalam konteks pembelajaran, guru dituntut memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana membangun koneksitas antara  manajemen pembelajaran dan pencapaian visi dan misi Lembaga. Lembaga Islami sebagai refleksi dari   komunitas   yang   equilibrum, dapat   dikembangkan   melalui   pencerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang dalam instrumen pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan implementasi manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis IESQ dalam membentuk karakter Siswa di Madrasah Aliyah Kabupaten Lampung Selatan, menganalisis dan menemukan hambatan, serta menganalisis, merumuskan, dan menemukan solusi implementasi manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis IESQ dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan; jenis penelitian kualitatif. Sumber data didapat dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi; teknik pengolahan data yaitu klasifikasi data, koding, dan tabulasi, dan teknik analisis data yaitu analisis kualitatif yang meliputi reduksi kata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi; dan pengujian keabsahan hasil penelitian yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) Implementasi manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak pada Mata pelajaran akidah akhlak, meliputi: (a) Perencanaan pembelajaran berbasis IESQ (b) Pengorganisasian pembelajaran berbasis IESQ (c) Pelaksanaan pembelajaran (d) Evaluasi pembelajaran berbasis IESQ (2) Persepsi guru Mata pelajaran akidah akhlak terhadap implementasi manajemen pembelajaran yang berbasis IESQ dinilai sangat urgen dan relevan. (3) Hambatan (permasalahan) Guru   Mata pelajaran aqidah akhlak dalam mengimplementasikan pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis IESQ adalah guru tidak berdasar pada visi, misi, tujuan, dan kurikulum Mata pelajaran akidah akhlak dalam menyusun tujuan dan kompetensi dasar pembelajaran. (4) Solusi atas  hambatan  (permasalahan) Implementasi  Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis IESQ di yaitu analisis visi, misi, tujuan, dan kurikulum Mata pelajaran akidah akhlak.

References

Adela, Nur, And Asnil Aidah Ritonga. 2023. “The Effectiveness Of The Ta’lim Program In Strengthening Islamic Religious Education For Students.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6 (3): 336–55. Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V6i3.3696.

Fakhrurrozi, Hatta, Masturah Minabari, And Fatimah Saguni. 2023. “Enhancing The Social And Religious Character Of Students At Qurratu A ’ Yun High School Through Extracurricular Activities Universitas Sunan Giri Surabaya Article History : In Recent Years , Character Education Has Become A Hot Topic In The World Of Educa” 12 (1): 101–19.

Hakim, Dede Abdul. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Comserva Indonesian Jurnal Of Community Services And Development 1 (12): 1231–51. Https://Doi.Org/10.36418/Comserva.V1i12.197.

Hidaya, Jois. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Pada Zaman Dahulu.”

Huda, Nurul, Anaconda Bangkara, Gugun Gunardi, Cipta Pramana, Mustofa Hilmi, Sri Wahyuningsih, Endang Lifchatullaillah, Et Al. 2021. Pendidikan Karakter Dalam Perpsektif Multidisiplin.

Jailani, Mohammad. 2023. “Responding To Muhammadiyah Education In The Era Of Neurotechnology: Neuroscience And Religious Moderation Perspectives.” 12 Waiheru 9 (2): 126–36. Https://Doi.Org/10.47655/12waiheru.V9i2.161.

Mahmudah, Imil, Fathul Jannah, And Abdul Basith. 2022. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Negeri 2 Balikpapan.” Borneo Journal Of Islamic Education 2 (1): 99–108. Http://Dx.Doi.Org/10.21093/Bjie.V2i1.5559%0ahttps://Journal.Uinsi.Ac.Id/Index.Php/Bjie/Article/Download/5559/1900.

Melelo, Shutura Shura. 2023. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri Melalui Program Tahfidz (Studi Kasus Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Grendeng Purwokerto Utara)” 5: 1–14. Https://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Books/Nbk558907/.

Muhammad Abdul Aziz. 2022. “Strategi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Nurul Azhr Sampung.” Skiripsi S1 Iain Ponorogo.

Ningrum, Effiana Cahya, And Nur Hidayat. 2022. “Pembelajaran Berbasis Literasi Agama Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Mts Ma’arif Nu 1 Pekuncen Kabupaten Banyumas Tesis” 16: 295–318.

Nursebsa, Tobel, Muslih Hidayat, And Zuhri Zuhri. 2022. “Character Education Strategies Through The Islamic Personal Development Program At It” 21 (2): 134–53.

Praxis. 2022. “Manajemen Spiritual.” Journal Of Economic Perspectives 2 (1): 1–4. Http://Www.Ifpri.Org/Themes/Gssp/Gssp.Htm%0ahttp://Files/171/Cardon - 2008 - Coaching D’équipe.Pdf%0ahttp://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/2203%0ahttp://Mpoc.Org.My/Malaysian-Palm-Oil-Industry/%0ahttps://Doi.Org/10.1080/23322039.2017.

Saputro, Gilang. 2021. “Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . P . D ) Oleh : Shindi Huninairoh.” Skripsi, 1–72.

Siti Masrohatin. 2022. “Manajemen Kinerja Sumberdaya Manusia Pendekatan Islamic Value.” Media Sains Indonesia 1 (Juli): 427.

Sri Setyo. 2022. “Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Berpretasi Di Madrasah Ibtidiyah Negeri Sukoharjo Tahun 2021 (Studi Multi Situs Min I Dan Min Ii Sukoharjo)” 2021. Http://Eprints.Iain-Surakarta.Ac.Id/4308/1/Disertasi Sri Setyo - Rano Wandana -.Pdf.

Syahnita, Rini. 2021. “Pendidikan Karakter Religius Berbasis Spiritual Training; Studi Lapangan Di Smp Alam Bis (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi.” Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 6.

Turap, Tipe-Tipe, Turap Beton Merupakan, Turap Baja Lebih, And Tipe-Tipe Dinding Turap. N.D. “Implementasi Kegiatan Muhasabah Akhir Tahun Dalam Meningkatkan Emotional Spiritual Quotient Anggota Majelis Taklim Di Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur,” 1–17.

Winurini, Sulis. 2021. “Pengembangan Skala Orientasi Masa Depan Pendidikan Pada Remaja Indonesia.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 12 (2). Https://Doi.Org/10.46807/Aspirasi.V12i2.2495.

Yuliati, Eka Dewi. 2021. “Implementasi Program Hafalan Juz Amma Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Siswa Di Mts Albasyariyah Lengkong Sukorejo.” Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/17480/1/210317183_Eka Dewi Yuliati_Pai.Pdf.

Published

29-12-2023

Citation Check