Implementasi Supervisi Akademik Pengawas dan Kepala Madrasah Terhadap Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Se Kabupaten Lampung Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7395Keywords:
Supervisi Akademik Pengawas, Kepala Madrasah, Guru, Mutu PendidikanAbstract
Tujuan dalan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi supervisi akademik pengawas dan kepala madrasah terhadap guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah aliyah swasta se Kabupaten Lampung Selatan, dan faktor pendukung dan penghambatnya. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah pada tahap pelaksanaan, supervisi belum bersifat berkesinambungan, dimana waktu pelaksanaan seharusnya di awal, tengah, dan di akhir semester, tetapi dilaksanakan dipertengahan semester. Supervisor telah mempersiapkan instrument supervisi berupa angket, pedoman observasi maupun interviu, tetapi baru angket yang sering digunakan. Kondisi mutu pendidikan dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Se-Kabuapten Lampung Selatan dalam kategori cukup baik. Sasaran supervisi akademik pengawas dan kepala madrasah yakni pemberdayaan akuntabilitas profesional guru, sebagian telah direfleksikan dalam kemampuan merencanakan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran. Guru belum memanfaatkan secara baik hasil penilaian sebagai bahan peningkatan layanan pembelajaran. Sebagaian guru sudah melayani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, tetapi belum semua guru memperhatikan tentang penciptaan suasana belajar yang menyenangkan. Pembelajaran belum maksimal/yang disesuaikan standar proses; penggunaan strategi, media, metode dan teknik yang tepat.
References
Alkalah, Cynthia. 2022. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Ma Al Amiriyyah.” 19(5):1–23.
Andi Ombong Sapada, Andi Muhammad Shaleh Alwi, M Yusri, And Agus Basri. 2023. “Konsep Kinerja Pengawas Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Madrasah Aliyah Negeri Kota Makassar.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 4(1):78–89. Doi: 10.55623/Au.V4i1.171.
Anon. 2024. “Manajemen Mutu Proses Pendidikan Di Madrasah Aliyah ( Ma ) Nurul Iman Sekincau Manajemen Mutu Proses Pendidikan Dimadrasah Aliyah ( Ma ) Nurul Iman Sekincau.”
E, Itemized. 2022. “Yohanna.” Journal Of Economic Perspectives 2(1):1–4.
Eq, Pengaruh, D. A. N. Kepemimpinan Kepala, Madrasah Terhadap, And Kinerja Guru. 2023. “Excelencia.”
Febriana Sulistya Pratiwi. 2022. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Tenaga Pendidik.” הארץ 2(8.5.2017):2003–5.
Hadijah, Dkk. 2022. “Implementasi Supervisi Akademik Dan Manajerial Pengawas Dalam Peningkatan Kinerja Kepala Madrasah (Studi Di Kkm Mts X Sidamukti Kabupaten Pandeglang).” Journal 10(1):1–52. Doi: 10.21608/Pshj.2022.250026.
Harahap, Rasyid Ridho, Remon Lapisa, Milana Milana, And Delima Yanti Sari. 2023. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 8(2):226–31. Doi: 10.51169/Ideguru.V8i2.537.
Kurniawati, Nur Rohma. 2023. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah.” Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(1):583–95. Doi: 10.54371/Jiip.V6i1.1395.
Melelo, Shutura Shura. 2023. “Pengaruh Iklim, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Dan Emotional Intelligence Terhadap Kinerja Guru Mi Plus Al-Islam Dagangan Madiun.” 5:1–14.
Mtss, Asnawiyah, And Amin Darussalam. 2023. “Persepsi Guru Fikih Terhadap Kepribadian Dan.” 1(1):146–56.
Muawanah, Siti, Umi Muzayanah, Aji Sofanudin, Mulyani Mudis Taruna, Abdul Rohman, Am Wibowo, Nugroho Eko Atmanto, And Ahmad Muntakhib. N.D. Peran Pengawas Menuju Madrasah Berkualitas Editor: Nugroho Eko Atmanto Mulyani Mudis Taruna.
Pendapatan, Pengaruh, Guru Terhadap, Kinerja Guru, Pada Madrasah, Aliyah Swasta, Se-Kabupaten Tanggamus, And Program Pascasarjana. 2021. “Pengaruh Pendapatan (.”
Ponorogo, D. I. M. A. N. 2022. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Kinerja Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Profesional Guru Di Man 1 Ponorogo.”
Rosmayanti, Risma. 2022. “Risma Rosmayanti.” 17–22.
Rusdianti. 2024. “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pembelajaran Guru Dan Kepuasan Kerja Guru Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Berprestasi Di Hulu Sungai Utara Tesis.”
Sari, Luxita Purnama, Fakultas Tarbiyah, D. A. N. Keguruan, Universitas Islam, Negeri Sultan, And Syarif Kasim. 2024. “Hubungan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Khairat.”
Scottish Water. 2022. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Tenaga Pendidik.” 21(1):1–9.
Tri, R. 2023. Manajemen Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Sidowaluyo Lampung Selatan.
Wulandari, Indah. 2023. “Supervisi Akademik Dalam Meningkatan Profesionalitas Guru Di Sman 2 Luwu Utara Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Supervisi Akademik Dalam Meningkatan Profesionalitas Guru Di Sman 2 Luwu Utara.”
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Sigit Hananto, Sulthan Syahril , Ahmad Rifai Abun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).