Analisis Lingkungan Baik Dan Buruk Dalam Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7325Keywords:
Pendidikan, Lingkungan, IslamAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui Islam dan lingkungan pendidikan. Yaitu mengetahui lingkungan pendidikan yang baik dan buruk. Menggunakan metode kepustakaan (library research), pengumpulan data menggunakan konten analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pendidikan dalam Islam ada dua, mempengaruhi pertumbuhan manusia dari segi akhlak dan akademik. Lingkungan yang baik dengan penduduk masyarakat beriman, bertaqwa, beribadah, beramal shaleh mengerjakan amar ma’ruf nahi munkar akan mendidik setiap anak dalam pengaruh yang baik. Lingkungan yang buruk dengan penduduk masyarakat ingkar jauh dari Allah dan kebenaran, gemar melakukan dosa, zolim dan yang bertentangan dengan ajaran Islam mempengaruhi dan mendidik anak menjadi individu yang tidak baik. Pada keduanya Allah memberi ganjaran, lingkungan yang baik mendapat rahmat keberkahan, lingkungan yang buruk mendapt azab dan siksa sejak di dunia hongga di akhirat. Kesimpulannya adalah lingkungan pendidikan mempengaruhi tumbuh kembang anak dengan akhlak prilaku baik atau buruk dalam kehidupan.
References
Abidin, A. Z., & Muhammad, F. (2020). TAFSIR EKOLOGIS DAN PROBLEMATIKA LINGKUNGAN (Studi Komparatif Penafsiran Mujiyono Abdillah Dan Mudhofir Abdullah Terhadap Ayat-Ayat Tentang Lingkungan). QOF: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1).
Afriana, S., & Hidayat, N. (2022). Internalisasi Nilai Keagamaan dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(2), 1914–1921. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2246
Al-Qur’an, T. L. P. (2012). Tafsir Al-Qur’an Tematik. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Amatullah, R. S., Wahyudi, W., Fm, D. Z. As., Nurrohmah, M., & Sumarni, E. (2024). Makna Qoryah dalam Al-Quran dan Kaitannya dengan Lingkungan Pendidikan Islam (Analisis Semantik Karya Toshihiku Izutsu). Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 2(1). https://doi.org/10.35931/am.v2i1.2943
Burhanuddin, N. (2016). Akar dan Motif Fundamentalisme Islam:Reformulasi Tipologi Fundamentalisme dan Prospeknya di Indonesia. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 199–210. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.831
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855
Fitrotunnisa, A., & Prasetyawati, S. (2023a). Pandangan Filsafat Pendidikan Tentang Manusia, Masyarakat dan Lingkungan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 117–126. https://doi.org/10.0000/JSII.V1I1.197
Fitrotunnisa, A., & Prasetyawati, S. (2023b). Pandangan Filsafat Pendidikan Tentang Manusia, Masyarakat dan Lingkungan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 117–126. https://doi.org/10.0000/JSII.V1I1.197
Harahap, R. Z., Fakultas, D., & Umsu, H. (2015). Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01). https://doi.org/10.30596/EDUTECH.V1I01.271
Juniatmoko, R. (Ronnawan ), Arifien, Y. (Yunus ), Siahaya, A. N. (A. ), Fahmi, A. (Aliyah ), Herniwanti, H. (Herniwanti), Kurnianingsih, O. (Oktavia ), Bagenda, C. (Christina ), Ratri, W. S. (Wahyu ), Yulianto, B. (Beny ), Pudjiastuti, S. R. (Sri ), & Hidana, R. (Rudy ). (2023). ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN (AMDAL). 1–23. https://repository.penerbitwidina.com/publications/560407/
Maisaroh, T. (2017). Akhlak Terhadap Lingkungan hidup Dalam Al-Quran (Studi Tafsir Al-Mishbah). Akhlak Terhadap Lingkungan Hidup Dalam Al-Quran (Studi Tafsir Al-Mishbah).
Muhammad, A., & Penulis, N. (2022). URGENSI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM AL QURAN. PILAR, 13(1), 67–87. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/7763
Muhyiddin, A. (2010). Dakwah Lingkungan Perspektif Al-Qur’an. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(15), 809–826. https://doi.org/10.15575/IDAJHS.V5I15.423
Mun’im, Z. (2022). Etika Lingkungan Biosentris dalam Al-Quran: Analisis Tafsir Pelestarian Lingkungan Hidup Karya Kementerian Agama. SUHUF, 15(1). https://doi.org/10.22548/shf.v15i1.720
Mustaqim, A. (2017). Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Idea Press.
Nasution, H. (1996). Pembaharuan dalam Islam; Sejarah pemikiran dan gerakan. Bulan Bintang.
Nasution, H. B., Holid, S., & Suswanto. (2023). The Reality Of The Islamisation Of Science. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 224–235. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V6I1.485
Nurhayati, A., Ummah, Z. I., & Shobron, S. (2018). KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM AL-QUR’AN. SUHUF, 30(2), 194–220. https://doi.org/10.23917/SUHUF.V30I2.7643
Prayetno, E. (2018). Kajian Al-Qur’an Dan Sains Tentang Kerusakan Lingkungan. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an Dan al-Hadits, 12(1), 111–136. https://doi.org/10.24042/AL-DZIKRA.V12I1.2927
Rasyidin, A. (2015). Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islami. Citapustaka Media Perintis.
Rodin, D. (2017). Alquran dan Konservasi Lingkungan: Telaah Ayat-Ayat Ekologis. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2), 391–410. https://doi.org/10.21154/ALTAHRIR.V17I2.1035
Sarnoto, A. Z. (2017). Pengantar Studi Pendidikan Berbasis Al-Qur’an: Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.56745/JS.V7I1.202
Shihab, M. Q. (2004). Tafsir Al-Misbah (Vol. 15). Lantera Hati.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.
Suhendra, A. (2013). Menelisik Ekologis dalam Al-Qur’an. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 14(1), 61–82. https://doi.org/10.14421/esensia.v14i1.750
Sutarto, S. (2019). Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Al Quran dan Implikasinya Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02).
Syaripudin, T. (2012). Ilmu Pendidikan, . Pustaka Setia.
Zulfikar, E. (2018). WAWASAN AL-QUR’AN TENTANG EKOLOGI. QOF, 2(2), 113–132. https://doi.org/10.30762/QOF.V2I2.578
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dalmi Iskandar Sultani, Syamsu Nahar, Mohammad Al Farabi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).