Pelaksanaan Kegiatan Pusat Pelatihan Alquran Dan Hadis (PPAH) Dalam Pembinaan Membaca Alquran Dan Hadis di Kabupaten Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7309Keywords:
Pusat Pelatihan, Pembinaan, MembacaAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk menelaah Pelaksanaan Kegiatan Pusat Pelatihan Alquran Dan Hadis (PPAH) Dalam Pembinaan Membaca Alquran Dan Hadis Di Kabupaten Deli Serdang. subjek penelitian adalah perilaku, presepsi, motivasi, tindakan, dan lainnya secara holistik dan dengan cara eksripsi yang akan dimuat kedalam kata-kata dan bahasa, didalam konteks alamiah serta memanfaatkan metode ilmiah lainnya, sumber data melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan materi ajar, strategi/metode, dan media yang digunakan dalam pembinaan membaca Alquran dan Hadis di Pusat Pelatihan Alquran dan Hadis (PPAH) di Kabupaten Deli Serdang. Tujuan utama lembaga ini adalah memperkuat pemahaman agama Islam, meningkatkan kemampuan membaca Alquran dengan baik, dan memperdalam pemahaman tentang Hadis, dengan tujuan membina masyarakat dalam memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dengan lebih baik. Materi ajar yang disediakan mencakup pelajaran membaca Alquran dengan benar, pemahaman tafsir dan konteks ayat-ayat Alquran, serta mendalami hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Materi ini dirancang untuk berbagai kelompok usia dan tingkat pemahaman, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Strategi dan metode pembinaan membaca Alquran dan Hadis di lembaga PPAH Kabupaten Deli Serdang didasarkan pada pendekatan yang terstruktur dan komprehensif. Metode pengajaran termasuk penggunaan metode tartil untuk membantu peserta pelatihan menguasai bacaan Alquran, penjelasan tafsir dan konteks ayat-ayat, serta pendekatan praktis dalam mempelajari dan menghafal hadis. Media yang digunakan mencakup berbagai sarana seperti buku Alquran dan Hadis, bahan audio dan video, aplikasi digital, dan rekaman suara pengajar yang kompeten. Penggunaan media tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pemahaman dan pengulangan yang efektif bagi peserta pelatihan, serta memberikan aksesibilitas yang lebih luas dalam mempelajari Alquran dan Hadis.
References
Achmad Sunarto, A. (2017). Pelajaran Tajwid Lengkap dan Praktis. Aksara Press.
Al-Qattan, M. K. (2007). Studi Ilmu-ilmu Qur’an. Litera Antar Nusa.
Al-Thahhan, M. (1991). Ushul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid (Riya‟: Maktabat al-Maarif. Kedua, M, 60–61.
Aly, A. S. (2009). Abu Ubaidillah Zain, Kaidah-kaidah Membaca Al-Qur’an dengan Tartil. Al-Qamar Media.
Anshori, M. (2016). Kajian Ketersambungan Sanad (Ittişāl Al-Sanad). Jurnal Living Hadis, 1(2), 294–323. https://doi.org/10.14421/LIVINGHADIS.2016.1123
Ardi, A. (2021). Perancangan Aplikasi Android untuk Kegiatan Tahfizh Alquran Daring menggunakan Platform Firebase. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 14–25. https://doi.org/10.35957/JATISI.V8I1.702
Fadilah, L., & Qolbi, S. K. (2022). Hakikat an-Nas dan Ummah Dalam Al-Qur’an: Telaah Perspektif Pendidikan Islam. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(2), 743–758. https://doi.org/10.29240/ALQUDS.V6I2.3499
Fahd. (2016). Ulumul Qur‟an Studi Kompleksitas Al-Qur‟an. Aswaja Perssindo.
Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) Sebagai UpayaPeningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an”. Jurnal Ar-Risalah, XIII, 19.
Gafur, Abd. (2012). Kajian Metode Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1). https://doi.org/10.18860/JT.V0I0.2232
Humam, A. (1990). Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an. Team Tadarus AMM.
Humam, A. (1991). Buku Iqra’ 5; Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an. Cet. I.
Khon, A. M. (2011). Peraktikum Qiraat Keanehan Bacaan Al-Qur’an Ashin Dari Hafash. hamzah’.
Luthfi, A. (2012). Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Makhyaruddin. (2016). Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an. PT. Mizan Publika.
Nasution, Z. (2019). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ALQURAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 50–66. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/24
Nawawi, R. S. (2014). Kepribadian Qur’ani. Amzah.
Qasim, A. (2012). Kaifa Tahfazh al Qur‟an al Karim fi Syahr (p. 139).
Qaththan, M. Al. (2008). Pengantar Studi Ilmu Hadits. Pustaka al-Kautsar.
Qawi, A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Quran Melalui Metode Talaqqi Di MTsN Gampong Teungoh Aceh Utara”. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 16(2), 265–283.
Riyani, I., & Huriani, Y. (2017). Reinterpretasi Asbāb Al-Nuzūl bagi Penafsiran Alquran. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 113–130. https://doi.org/10.15575/JW.V2I1.863
Rizem, A. (2016). Tartil Al-Qur’an (p. 31).
Sa’dulloh. (2002). 9 Cara Praktis Menghafal Al Qur’an. Gema Insani.
Shihab, M. Q. (2000). Tafsir al-Miṣbāḥ: Pesan, Kesan dan Keserasian al- Quran: Vol. Jilid 1. Lentera Hati.
Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY, 6(1), 16–30. https://doi.org/10.21043/QUALITY.V6I1.5966
Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Raja Grafindo Persada.
Soenarto, A. (2014). Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap. Bintang Terang.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.
Sugiyono. (2013). MetodePenelitian Pendidikan PendekatanKualitatif, Kuatitatif Dan R&D. KABILAH : Journal of Social Community, bandung(Alfabeta).
Suriadi, A. (2017). Buku Qiro’ah Metode Super Cepat Belajar dan Mengajar Fashih Membaca Al-Qur’an. Foslamic.
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1).
Yusuf, M. Y. (2004). Corak Pemikiran Kalam Tafsir al-Azhar. Penamadani.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Zamiat Subari, Wahyudin Nur Nasution, Neliwati Neliwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).