Pengaruh Model Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7273Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferesiasi, Teks DramaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan menulis teks drama yang perlu ditingkatkan melalui model pembelajaran berdiferesiasi yang mampu menyebabkan siswa untuk berpikir kreatif dalam menulis. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan menulis teks drama siswa ketika menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi dan tidak menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembalajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi experimental design atau ekperimen semu. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dengan sumber data yakni dalam melakukan penelitian, peneliti memberikan perhatian penuh terhadap perlakuan yang diberikan pada posttest perlakuan yang dimaksud yaitu model pembalajaran berdiferensiasi. Data tersebut dikumpulkan dengan mengikuti prosedur: tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas X SMA Unismuh Makassar. Sampel dalam penelitian ini yang digunakan adalah pretest dan posttest. Pada tahap awal pretest siswa tidak diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi. Sedangkan,pada tahap akhir posttest siswa diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi untuk menentukan kemampuan menulist teks drana siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis antara hasil kemampuan membaca peserta didik pada posttest dengan kemampuan membaca siswa pada pretest yang menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi. Sehingga penarikan dengan hasil nilai uji-t yakni N 30 Df 28 thitung7.539 Ttabel 1.701. Jadi kesimpulan yang dapat diperoleh mengenai hipotesis adalah ditolak dan diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai menulis teks drama pada materi unsur intrinsik cerpen dan pengamatannya pada pretest sebelum melakukan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan yang berbeda.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Aulia, P. H., Triyadi, S., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Islam Yaspia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 101-113.
Dewi, H. (2024). Fenomena Digital Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memaksimalkan Potensi Peserta Didik Bermetode Brackinalyde Berbasis Tensesdukling. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 29-39.
Hasnawati, H., & Netti, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. Educandum, 8(2), 229-241.
Hasmi, L., & Retti, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran somatis auditori visual intelektual (savi) terhadap keterampilan menulis teks drama. Jurnal Kibasp (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 188-196
Manzis, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Nurahayu, H., & Guru, S. M. P. N. (2024). Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. TATA AKBAR.
Ratnasari, L. L., & Ramadhan, S. (2020). Model Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Media Teks Cerpen Siswa Kelas VIII. Basindo, 4(2), 169-177.
Ripai, A. (2012). Pengembangan Teknik Berpikir Berpasangan Berbagi Pembelajaran Menulis Teks Drama yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192.
Sensialiana, L., Andriani, S., & Sahmini, M. (2019). Pembelajaran menulis teks drama menggunakan model jigsaw. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(5), 783-792.
Sigalingging, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka The Differentiatiated Classroom. Tata Akbar.
Swandewi, N. P. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas vii h smp negeri 3 denpasar. Jurnal pendidikan deiksis, 3(1), 53-62.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Andi Adam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).