Pengaruh Model Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI

Authors

  • Andi Adam Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7273

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferesiasi, Teks Drama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan menulis teks drama yang perlu ditingkatkan melalui model pembelajaran berdiferesiasi yang mampu menyebabkan siswa untuk berpikir kreatif dalam menulis. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan menulis teks drama siswa ketika menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi dan tidak menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembalajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi experimental design atau ekperimen semu. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dengan sumber data yakni dalam melakukan penelitian, peneliti memberikan perhatian penuh terhadap perlakuan yang diberikan pada posttest perlakuan yang dimaksud yaitu model pembalajaran berdiferensiasi. Data tersebut dikumpulkan dengan mengikuti prosedur: tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas X SMA Unismuh Makassar. Sampel dalam penelitian ini yang digunakan adalah pretest dan posttest. Pada tahap awal pretest siswa tidak diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi. Sedangkan,pada tahap akhir posttest siswa diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi untuk menentukan kemampuan menulist teks drana siswa.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis antara hasil kemampuan membaca peserta didik pada posttest dengan kemampuan membaca siswa pada pretest yang menggunakan model pembalajaran berdiferensiasi. Sehingga penarikan dengan hasil nilai uji-t yakni N       30 Df 28 thitung7.539 Ttabel    1.701. Jadi kesimpulan yang dapat diperoleh mengenai hipotesis adalah ditolak dan diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai menulis teks drama pada materi unsur intrinsik cerpen dan pengamatannya pada pretest sebelum melakukan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan yang berbeda.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Aulia, P. H., Triyadi, S., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Islam Yaspia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 101-113.

Dewi, H. (2024). Fenomena Digital Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memaksimalkan Potensi Peserta Didik Bermetode Brackinalyde Berbasis Tensesdukling. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 29-39.

Hasnawati, H., & Netti, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. Educandum, 8(2), 229-241.

Hasmi, L., & Retti, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran somatis auditori visual intelektual (savi) terhadap keterampilan menulis teks drama. Jurnal Kibasp (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 188-196

Manzis, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Nurahayu, H., & Guru, S. M. P. N. (2024). Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. TATA AKBAR.

Ratnasari, L. L., & Ramadhan, S. (2020). Model Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Media Teks Cerpen Siswa Kelas VIII. Basindo, 4(2), 169-177.

Ripai, A. (2012). Pengembangan Teknik Berpikir Berpasangan Berbagi Pembelajaran Menulis Teks Drama yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192.

Sensialiana, L., Andriani, S., & Sahmini, M. (2019). Pembelajaran menulis teks drama menggunakan model jigsaw. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(5), 783-792.

Sigalingging, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka The Differentiatiated Classroom. Tata Akbar.

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas vii h smp negeri 3 denpasar. Jurnal pendidikan deiksis, 3(1), 53-62.

Published

30-11-2023

Citation Check