Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep

Authors

  • Muhammad Sholeh Hoddin SMA Nazhatut Thullab Sampang, Indonesia
  • Wahidmurni Wahidmurni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Basri Basri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ahmad Barizi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.7269

Keywords:

Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berdiferesiasi

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum PAI di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep , khususnya pada tiga aspek yang diteliti yaitu konsep kurikulum PAI, muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum PAI, dan penguatan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI. Penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan multi kasus. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data, yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data, peneliti berdasarkan atas 2 kriteria yaitu triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui PAI melalui: 1) pengembangan kurikulum PAI dalam bentuk integrasai kurikulum nasional dan  kurikulum kurikulum Al-Islam meliputi aspek Al-Qur’an Hadits, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah, yang merupakan bagian dari materi ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dan pengembangan konten; dan 2) penguatan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI melalui penggunaan pendekatan pembelajaran berdeferensiasi.

 

References

Agus Maimun. Penelitian Studi Kasus Bidang Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2020.

Ainina, Dewi Qurroti. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII SMP.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16, no. 2 (2022): 3–4.

Al-Qarḍāwī, Yūsuf. “Al-Khaṣāiṣ al-‘Āmmah Li al-Islām.” Beirut: Muassasah al-Risalah, 1983.

Anwar, Rosyida Nurul, and Siti Muhayati. “Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2021): 1–15. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1811.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

BIRO HUKUM DAN HUMAS. “KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK,” 2022. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3956/waspada-radikalisme-menyusup-di-sekolah-anak-anak-kita.

John W. Creswell and J. David Creswell. Research Design (Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches). Los Angeles: Sage, 2018.

Manzur, Ibn. Lisan Al-Arab, Juz VII. Beirut: Dar Shadir, n.d.

Maskuri. Metode Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Surabaya: Visi Press Media, 2013.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. , Arizona: Arizona State University, 2014.

“MENGATASI INTOLERANSI DALAM TATA KEBINEKAAN INDONESIA: UPDATE DAN REKOMENDASI TERKAIT PERIBADATAN | Setara Institute.” Accessed July 28, 2024. https://setara-institute.org/mengatasi-intoleransi-dalam-tata-kebinekaan-indonesia-update-dan-rekomendasi-terkait-peribadatan/.

Nurul Karin dan Agus Fakhruddin. “Pengembangan Kurikulum PAI Di SMP Darul Hikam Internasional School Dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2019): 80–89.

“Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006,” 2006.

Putri Rahayu, Dwi Yulianti, Muhammad Mona Adha, Ryzal Perdana, dan Muhammad Nurwahidin. “Analysis of Discovery Learning to Improve High Level Cognitive Learning Outcomes Based on Student Metacognitive Characteristics.” Lectura: Jurnal Pendidikan 15 (2024): 107–18.

RI, Tim Penyusun Kementerian Agama. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737.

———. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737.

Subando, J., B. Kartawagiran, and S. Munadi. “Construction of Al-Irsyad’s Ideology.” In The 4th ICSSED, International Conference of Social Science and Education, 314–23. Sciendo, 2021. https://doi.org/10.2478/9788366675186-040.

Wahihdmurni. “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif Repository of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang,” 2017. http://repository.uin-malang.ac.id/1984/.

Yedi Purwanto, Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifataini, dan Ridwan Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2019. https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/605/pdf.

Published

29-08-2023

Citation Check