Pengaruh Persepsi Terhadap Ustadz, Lingkungan Pesantren, Dan Pendekatan Belajar Terhadap Prestasi Santri Di Madrasah Aliyah Pesantren

Authors

  • Muhammad Nurwahidin Universitas Lampung, Lampung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.7171

Keywords:

Persepsi terhadap Ustadz, Lingkungan Pesantren, Orientasi Tujuan, Pendekatan Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tesis yang menyatakan bahwa persepsi terhadap ustadz dan persepsi terhadap lingkungan pesantren berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui orientasi tujuan dan pendekatan belajar. Uji hipotetik dilakukan dengan 467 responden santri dari lima pesantren di wilayah Jabodetabek. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang terdiri dari skala persepsi terhadap ustadz, skala persepsi terhadap lingkungan pesantren, skala orientasi tujuan, skala pendekatan belajar, dan skala religiusitas. Teknik analisis data untuk menguji model hipotetik dilakukan menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Model atau SEM) dengan bantuan perangkat lunak Linear Structural Relation (LISREL) versi 8.72 dari Joreskog dan Sorbom. Hasil uji model hipotetik menunjukkan dukungan terhadap seluruh hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi terhadap ustadz berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap orientasi tujuan; persepsi terhadap lingkungan pesantren berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap orientasi tujuan; orientasi tujuan berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap pendekatan belajar; dan pendekatan belajar berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dukungan terhadap model teoritik menunjukkan bahwa penelitian ini memberikan kontribusi penting, misalnya dalam mengukur prestasi belajar dengan indikator religiusitas, serta bagaimana persepsi terhadap ustadz dan lingkungan pesantren mempengaruhi prestasi belajar melalui orientasi tujuan dan pendekatan belajar. Penelitian ini juga melakukan generalisasi terhadap teori taksonomi Bloom, mengembangkan teori tersebut, dan mendukung tren psikologi positif masa kini. Selain itu, penelitian ini memberikan saran teoritis dan praktis. Model hipotetik baru ini perlu diteliti lebih lanjut untuk memperluas generalisasinya, dengan pengembangan yang lebih baru untuk melengkapi keterbatasan dalam penelitian ini.

References

Ames, C. (1992). Classrooms: Goals, structures, and student motivation. Journal of Education Psychology, Vol. 84, 261-271.

Ames, C., & Archer, J. (1988). Achievement goals in the classroom: Student learning strategies and motivational processes, Journal of Education Psychology, Vol. 80, 260-267.

Anders, Y., Rossbach, H. G., Weinert, S., Ebert, S., Kuger, S., Lehrl, S., & von Maurice, J. (2012). Home and preschool learning environments and their relations to the development of early numeracy skills. Early Childhood Research Quarterly, 27(2), 231–244. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2011.08.003

Anderman, L., & Anderman, E. (1999). Social predictors of changes in students achievement goal orientation. Contemporary Educational Psychology, Vol. 25, 21-37.

Badgaiyan, A. J., Verma, A., & Dixit, S. (2016). Impulsive buying tendency: Measuring important relationships with a new perspective and an indigenous scale. IIMB Management Review, 28(4), 186–199. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2016.08.009

Davis-Kean, P. E. (2005). The influence of parent education and family income on child achievement: The indirect role of parental expectations and the home environment. Journal of Family Psychology, 19(2), 294–304. https://doi.org/10.1037/0893-3200.19.2.294

Hall, J., Sammons, P., Smees, R., Sylva, K., Evangelou, M., Goff, J., Smith, T., & Smith, G. (2019). Relationships between families’ use of Sure Start Children’s Centres, changes in home learning environments, and preschool behavioural disorders. Oxford Review of Education, 45(3), 367–389. https://doi.org/10.1080/03054985.2018.1551195

Kokkinos, C. M., Antoniadou, N., Asdre, A., & Voulgaridou, K. (2016). Parenting and Internet Behavior Predictors of Cyber-Bullying and Cyber-Victimization among Preadolescents. Deviant Behavior, 37(4), 439–455. https://doi.org/10.1080/01639625.2015.1060087

Kurniawan, D. D. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Matematika Dengan Teori Respon Butir. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 215–224.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Mahmoudi, S., Jafari, E., Nasrabadi, H. A., & Liaghatdar, M. J. (2012). Holistic education: An Approach for 21 Century. International Education Studies, 5(3), 178–186. https://doi.org/10.5539/ies.v5n3p178

Mastuhu, (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren. Jakarta : INIS.

Mastuhu. (2003). Menata ulang sistem pendidikan nasional dalam abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Midgley, C. & Urdan, T. (2001). Academic self-handicapping and achievement goals: A further examination. Contemporary Educational Psychology, Vol. 26, 61-75

Ormrod, J.E. (2003). Educational psychology: Developing learners. (4th ed). New Jersey: Merril Prentice Hall.

Rentfrow, P. J., & Gosling, S. D. (2003). The Do Re Mi’s of Everyday Life: The Structure and Personality Correlates of Music Preferences. Journal of Personality and Social Psychology, 84(6), 1236–1256. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.6.1236

Sobirin, S. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, XIV(1), 120–134. https://doi.org/10.17509/jap.v14i1.6715

Skaalvik, E.M., (1997). Self-enhancing and self-defeating ego orientation: Relation with task and avoidance orientation, achievement, self perceptions, and anxiety. Journal of Educational sychology, Vol. 89, 71-81.

Syafaruddin. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Tabachnick, B.G., & Fidel, L.S. (2001). Using Multivariate Statistic. Needham Height, MA: Allyn & Bacon.

Tumpal Sitinjak. & Sugiarto. (2005) Lisrel. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Voss, U., Schermelleh-Engel, K., Windt, J., Frenzel, C., & Hobson, A. (2013). Measuring consciousness in dreams: The lucidity and consciousness in dreams scale. Consciousness and Cognition, 22(1), 8–21. https://doi.org/10.1016/j.concog.2012.11.001

Woolfolk, A.E., (2004). Educational psychology. (7th ed). Boston: Allyn &Bacon.

Yulianti, Y., Harmonika, S., & Yahya, F. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Nw 02 Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 1(1), 43–54.

Zainuddin, F. (2017). Chapter 3 Research Methodology. 31–40. https://doi.org/10.1108/S1479-3512(2009)0000019007

Zimmerman, B.J., & Kitsantas, A. (!999). Acquiring writing revision skill: Shifting from process to outcome self-regulatory goals. Journal of Educational Psychology, Vol. 91, 241-250.

Published

29-12-2023

Citation Check