Analisis Kualitas Layanan Akademik dan Program KIP-Kuliah Terhadap Minat Mahasiswa di PTKIS Sumatera Utara

Authors

  • Ficki Padli Pardede Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia
  • Anugrah Mulia Tampubolon Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7169

Keywords:

Layanan Akademik, KIP Kuliah, Minat Mahasiswa

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kualitas layanan akademik dan program KIP-Kuliah di PTKIS Sumatera Utara. Penelitian ini termasuk penelitian kebijakan dengan metode penelitian kualitatif-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PTKIS Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara dengan waktu penelitian bulan November-Desember 2020. Yang menjadi sampel penelitian adalah STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, STAI JM Tanjung Pura, STAI-BR Sibuhuan, IAIDU Asahan, dan FAI UMSU. Sumber data yang digunakan adalah hasil observasi dan wawancara dengan unsur penyelenggara Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta (PTKIS), dengan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai rata-rata kualitas layanan akademik dan KIP Kuliah PTKIS Sumatera Utara berada pada interval 3.90 dengan kategori memuaskan; 2) Untuk mengetahui kebijakan peningkatan kualitas layanan akademik sesuai dengan implementasi standar dikti yang mencakup penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan kualitas layanan akademik PTKIS Sumatera Utara.; dan 3) Kualitas layanan akademik dan KIP-Kuliah berpengaruh langsung terhadap minat mahasiswa di PTKIS Sumatera Utara, hal ini dibuktikan dengan jumlah calon mahasiswa baru setiap tahun meningkat

References

Al-Smadi, M. & S.A Al-Wabel. 2012. The Impact of E-Banking o the Performance of Jordanian Banks. Journal of Internet Banking and Commerce Vol. 2 No. 9 apge 130-141

Amin, Solekhul. 2017. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik pada Perguruan Tinggi. Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 ISSN 2548-6993

Arisutha, Damartaji. 2005. Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka

Barata, Atep. 2001. Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. Manajemen Kualitas Jasa. penerbit ANDI. Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. penerbit ANDI. Yogyakarta.

Gasperz, Vincent. 2002. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media: Yogyakarta

Kotler, Philip dan Susanto, A.B. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey: Mico International Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Mahyaruddin, Ahmad. 2020. Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Terhadap Pelayanan Biro Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UIN Ar-Raniry. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Skripsi. tidak dipublikasikan

Marlius, Doni & Ananda, Febryandhie. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Minat Kuliah di AKBP Padang. Jurnal Pundi, Vol. 03, No. 03

Marthalina. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM Vol. 5, No. 1

Maysaroh. 2005. Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka

Miyono, Narimo. 2005. “Analisis Kepuasan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pelanggan pada Tingkat Sekolah Dasar Swasta Islam di Kota Semarang”. Jurnal Ilmiah Aset. Vol. 7 No. 1

Nina Rahmayanti. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nismawati. 2016. Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Makassar: Fakultas Febi Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin. Skripsi. tidak dipublikasikan

Parasuraman, A. Valerie. 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. New York: The Free Press.

Qoudri, Nur Wijaya. 2018. Strategi Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Baru Studi Pada Universitas Wiraraja SUMENEP

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran.Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Pendidikan

Supranto. J . 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Administrasi, cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tampubolon. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu Paradigma Baru dan Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Undang-Undang No 25 Tahun 2009.Tentang Pelayanan Publik

Wijaya, Tomy. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks

Yamit Zulhan. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisa.

Yusuf, A. Muri. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan

Published

30-11-2023

Citation Check