Analisis Kualitas Layanan Akademik dan Program KIP-Kuliah Terhadap Minat Mahasiswa di PTKIS Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7169Keywords:
Layanan Akademik, KIP Kuliah, Minat MahasiswaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kualitas layanan akademik dan program KIP-Kuliah di PTKIS Sumatera Utara. Penelitian ini termasuk penelitian kebijakan dengan metode penelitian kualitatif-kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PTKIS Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara dengan waktu penelitian bulan November-Desember 2020. Yang menjadi sampel penelitian adalah STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, STAI JM Tanjung Pura, STAI-BR Sibuhuan, IAIDU Asahan, dan FAI UMSU. Sumber data yang digunakan adalah hasil observasi dan wawancara dengan unsur penyelenggara Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta (PTKIS), dengan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai rata-rata kualitas layanan akademik dan KIP Kuliah PTKIS Sumatera Utara berada pada interval 3.90 dengan kategori memuaskan; 2) Untuk mengetahui kebijakan peningkatan kualitas layanan akademik sesuai dengan implementasi standar dikti yang mencakup penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan kualitas layanan akademik PTKIS Sumatera Utara.; dan 3) Kualitas layanan akademik dan KIP-Kuliah berpengaruh langsung terhadap minat mahasiswa di PTKIS Sumatera Utara, hal ini dibuktikan dengan jumlah calon mahasiswa baru setiap tahun meningkat
References
Al-Smadi, M. & S.A Al-Wabel. 2012. The Impact of E-Banking o the Performance of Jordanian Banks. Journal of Internet Banking and Commerce Vol. 2 No. 9 apge 130-141
Amin, Solekhul. 2017. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik pada Perguruan Tinggi. Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 ISSN 2548-6993
Arisutha, Damartaji. 2005. Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Barata, Atep. 2001. Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. Manajemen Kualitas Jasa. penerbit ANDI. Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. penerbit ANDI. Yogyakarta.
Gasperz, Vincent. 2002. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media: Yogyakarta
Kotler, Philip dan Susanto, A.B. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey: Mico International Inc.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Mahyaruddin, Ahmad. 2020. Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Terhadap Pelayanan Biro Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UIN Ar-Raniry. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Skripsi. tidak dipublikasikan
Marlius, Doni & Ananda, Febryandhie. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Minat Kuliah di AKBP Padang. Jurnal Pundi, Vol. 03, No. 03
Marthalina. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM Vol. 5, No. 1
Maysaroh. 2005. Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Miyono, Narimo. 2005. “Analisis Kepuasan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pelanggan pada Tingkat Sekolah Dasar Swasta Islam di Kota Semarang”. Jurnal Ilmiah Aset. Vol. 7 No. 1
Nina Rahmayanti. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu
Nismawati. 2016. Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Makassar: Fakultas Febi Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin. Skripsi. tidak dipublikasikan
Parasuraman, A. Valerie. 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. New York: The Free Press.
Qoudri, Nur Wijaya. 2018. Strategi Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Baru Studi Pada Universitas Wiraraja SUMENEP
Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran.Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Pendidikan
Supranto. J . 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Administrasi, cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Tampubolon. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu Paradigma Baru dan Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Undang-Undang No 25 Tahun 2009.Tentang Pelayanan Publik
Wijaya, Tomy. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks
Yamit Zulhan. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisa.
Yusuf, A. Muri. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ficki Padli Pardede, Anugrah Mulia Tampubolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).