PENDIDIKAN SOSIAL YANG TERKANDUNG DALAM SURAT AT-TAUBAH AYAT 71-72

Authors

  • Saihu Saihu Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.703

Keywords:

pendidikan sosial, surat At-Taubah, solidaritas sosial, toleransi.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena melihat begitu pentingnya pendidikan sosial bagi kehidupan. Pendidikan sosial merupakan hal yang paling utama bagi terbangunnya kesetiakawanan, egaliter (kesamaan derajat), tenggang rasa, toleransi (tasamuh), saling menghormati, kebersamaan, kedamaian, dan persaudaraan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan sosial yang terdapat dalam Surat At-Taubah Ayat 71-72. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penyusun menggunakan metode Maudhu’i, merupakan metode tafsir dengan jalan menghimpun seluruh atau sebagian ayat-ayat dari beberapa surah yang berbicara topik tertentu, untuk kemudian dikaitkan satu dengan yang lainnya, sehingga pada akhirnya diambil kesimpulan menyeluruh tentang masalah tersebut menurut pandangan Al-Qur’an. Penelitian ini tergolong Library Research (penelitian kepustakaan) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahan yang dikaji dari sumber-sumber kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, nilai-nilai pendidikan sosial yang dapat digali dari nilai Pendidikan sosial yang terkandung dalam surat at-Taubah ayat 71-72 adalah sikap tolong menolong, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, solidaritas sosial, persaudaraan. Relevansinya dalam pendidikan sosial adalah adanya usaha kemanusiaan untuk memilki sikap empati, saling menjaga, melindungi, sehingga memiliki rasa tenggang rasa dan kepedulian, toleransi dan solidaritas sosial yang tinggi. Inilah nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam surat At-Taubah Ayat 71-72.

References

Al-Jaziri, Abdurrahman. (2005). Kitab Shalat Fikih Empat Mazhab. Jakarta: PT Mizan Publika.

Al-Jumhuri, Muhammad Asroruddin. (2015). Belajar Aqidah Akhlak. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Al-Maragi, Ahmad Mustafa. (1992). Tafsir Al-Maragi. Diedit oleh Herry Noer. Semarang: CV. Toha Putra Semarang.

Al-Qaradhawi, Yusuf. (2003). al-Ibadah fi al-Islam. Beirut: Muasasah Risalah.

Ardani, Moh. (2001). Nilai-nilai Akhlak/ Budipekerti. Jakarta: CV. Karya Mulia.

Arifin, Samsul. (2018). Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Arifin, Zaenal. (2018). Khazanah Ilmu AL-Qur’an. Diedit oleh Imam Musbikin. Yogyakarta: Yayasan Masjid At-Taqwa.

As-Sirjani, Raghib. (2009). Sumbangan Pradaban Islam pada Dunia. Jakarta: Pustaka Kautsar.

Dede Ahmad Ghazali, Heri Gunawan. (2015). STUDI ISLAM suatu pengantar dengan pendekatan interdisipliner. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dkk, Maman. (2006). Metedologi Penelitian Agama Teori dan Praktek. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, Saiful. (2016). Shalat Samudra Hikmah. Jakarta: Wahyu Qolbu.

Hafidhuddin, Didin. (2002). Zakat dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani.

Halid Hanafi, La Adu, Zainudin. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Hamka. (1985) Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka PanjiMas.

Hariman Surya Siregar, dan Koko Khoerudin, Mahmud. (2015). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya,. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harmadi, Hamid. (2016). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Diedit oleh Masri Sarep Putra. AnImage.

Hartini, G. dan Kartasapoetra. (2007). Kamus Sosiologi dan Kependudukan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jazuli, Ahzami Samiun. (2006). Kehidupan dalam Pandangan Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Joesoef, Soeleman. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Masdub. (2015). Sosiologi Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Masdub. (2015). Sosiologi Pendidikan Agama Islam. Diedit oleh Abdul Khaliq. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mudzakir, Abdul Mujib Jusuf. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Pranada Media.

Nata, Abuddin. (2014). Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Nata, Abudin. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Neolaka, Amos. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: PT Kharisma Putra Utama.

RI, Kementrian Agama. (2013). Amar Makruf Nahi Mungkar. Jakarta: Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an.

RI, Perpustakaan Nasional. (2011). Tafsir Al-Quran Tematik Tanggung Jawab Sosial. Diedit oleh Muchlis M. Hanafi. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Rifa’i, Muhammad. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saad, Mahmud Musthafa. (2013). Golden Stories, Kisah-kisah Indah dalam Sejarah Islam. Jakarta: Pustaka Kautsar.

Shihab, M. Quraish. (1996). Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserahasian A-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. 11 ed. Bandung: ALPABETA.

Suryadilaga, Muhammad alfatih. (2005). Metodologi Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Teras.

Susanto, A. (2009). Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Sya’rawi, Muhammad Mutawalli. (2006). Tafsir Sya’rawi. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.

Syarbini, Amirulloh. (2011). Keajaiban Shalat Sedekah dan Silaturahmi. Jakarta: PT Gramedia.

Syarif, Helmi. (2019). Tim Eagle One gulung Puluhan Pelajar Tawuran di Lenteng Agung.†Sindo News.

Ulwan, Abdullah Nashih. (2002). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Undang Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang undang Nomer 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia, 2007.

Widiyani, Rosmha. (2019). Viral siswa pukul cleaning service, Psikologi pengaruh singgung kesalahan pola asuh,.†detik.com,.

Yusuf, Yan. (2018). Sepanjang 2018 Delapan Pelajar di Jakarta Tewas Akibat Tawuran.†Sindo News.com.

Zakaria, Uum. (2018). Pesta Miras Hingga Tewas.†Republika.

Published

29-02-2020

Citation Check