Kurikulum Pesantren Dalam Proses Kaderisasi Ulama (Studi Multi Situs Pesantren Salafiyah di Sumatera Utara)

Authors

  • Ahmad Ridwan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Syamsu Nahar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Halimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6922

Keywords:

Kurikulum, Pesantren Salafiyah, Kaderisasi Ulama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tujuan, Materi, strategi/metode, serta evaluasi keberhasilan kurikulum Pesantren Salafiyah dalam proses kaderisasi ulama pada tiga pondok pesantren di Sumatera Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif multi situs. Untuk mendapatkan data yang benar proses pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam berupa serangkaian pertanyaan, observasi berupa pengamatan, serta pengumpulan dokumen dengan teknik analisi berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menginformasikan bahwa pesantren salafiyah di Sumatera Utara memiliki tujuan yang terfokus pada kaderisasi ulama dengan penekanan pada pemahaman Islam dan pembentukan karakter; Materi pembelajaran didasarkan pada ajaran Islam otentik dan mengacu pada sumber-sumber klasik (kitab kuning); Strategi/metode pembelajaran beragam, namun tetap berorientasi pada pembentukan ulama berkualitas; Evaluasi pembelajaran menakankan pada kemampuan membaca, memahami kitab kuning. Dengan demikian penelitian ini berhasil mengungkapkan secara mendalam tujuan, materi, strategi/metode, dan evaluasi keberhasilan kurikulum pesantren salafiyah. Temuan penelitian memberikan kontribusi baru dengan menyoroti fokus pesantren pada kaderisasi ulama yang tidak hanya terbatas pada aspek keilmuan, tetapi juga pada pembentukan karakter sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Penekanan pada pemahaman Islam otentik dan penerapan metode pembelajaran yang beragam namun tetap berkualitas, serta evaluasi yang menitikberatkan pada kemampuan membaca dan memahami kitab kuning.

References

Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2015). Kepemimpinan Kiai Dalam Ideologisasi Pemikiran Santri di Pesantren-Pesantren Salafiyah Mlangi Yogyakarta. Inferensi, 9(2). Https://Doi.Org/10.18326/Infsl3.V9i2.351-372

Azra, A. (1985). Surau Di Tengah Krisis: Pesantren Dan Perspektif Masyarakat. In M. Dawam Rahardjo (Ed.), Pergulatan Dunia Pesantren Membangun Dari Bawah. Lp3es.

Baidlawi, H. Moh. (2006). Modernisasi Pendidikan Islam (Telaah Atas Pembaharuan Pendidikan Di Pesantren). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V1i2.198

Bruinessen, M. (1996). Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam Di Indonesia. Mizan.

Fadli, M. R., & Miftahuddin. (2019). Dari Pesantren Untuk Negeri : Kiprah Kebangsaan Kh. Hasyim Asy’ari. Islam Islam Nusantara, 03(02).

Falah, S. (2019). Konstruksi Praktik Sistem Pengendalian Manajemen Model Pesantren Salafiyah. Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 2(2). Https://Doi.Org/10.21043/Bisnis.V2i2.5264

Firmansyah, A. (2018). Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Dalam Penyelenggaraan Program Dakwah Jamaah Tabligh (Studi Kasus Di Pesantren Kasyiful ‘Ulum Kendari ). Zawiyah Jurnal Pemikiran Islam, 5(1).

Harahap, M. R. (2019). Tradisi Dalam Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Waraqat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 25–25. Https://Doi.Org/10.51590/Waraqat.V4i1.71

Harahap, M. R. (2023). Tradisi Kitab Kuning Pada Madrasah Di Indonesia. Al-Kaffah: Jurnal Kajian Nilai-Nilai Keislaman, 11(1), 105–130. Http://Jurnalalkaffah.Or.Id/Index.Php/Alkaffah/Article/View/62

Hasiara, L. O. (2018). Penelitian Multi-Kasus Dan Multi Situs. Cv Irdh.

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Alquran Pada Santri Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam (E-Issn: 2550-1038), Vol. 1, No(2).

Indra, H. (2019). Pesantren Salafiyah Education To Building The Characters Of Nation. International Journal Of Scientific And Technology Research, 8(10).

Indra, H. (2020). Revitalisasi Kurikulum Pesantren Salafiyah Era Digital 4.0. Fikrah : Journal Of Islamic Education, 4(1). Https://Doi.Org/10.32507/Fikrah.V4i1.605

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Inis.

Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber Tentang Metode-Metode Bau (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). Ui-Press.

Nahar, S. (2017). Kepribadian Guru (Kajian Berbasis Data Penelitian Lapangan). Atap Buku.

Pabbajah, M. T. H., & Pabbajah, M. (2020). Peran Pondok Pesantren Salafiyah Terhadap Revitalisasi Pendidikan Islam (Studi Pada Pondok Pesantren Salafiyyah Parappe, Campalagian, Polman). Educandum, 6(2). Https://Doi.Org/10.31969/Educandum.V6i2.406

Saiin, A. (2021). The Existence Of Equality Education System In Pesantren Salafiyah. An-Natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 1(2). Https://Doi.Org/10.33474/An-Natiq.V1i2.11464

Syah Putra, I., Yusr, D., Jm, S., & Pura, T. (2019). Pesantren Dan Kitab Kuning. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 647–654. Https://Doi.Org/10.32505/Ikhtibar.V6i2.605

Wildan, M., Achadi, Muh. W., Sada, H. J., & Tobib, A. S. K. (2022). Organisasi Kurikulum Pondok Pesantren Atsarus Salafiyah Sampang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i4.3104

Zamakhari, D. (2000). Tradisi Pesantren. LP3ES.

Published

29-12-2023

Citation Check