INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI NILAI-NILAI KESUNDAAN JALMI MASAGI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.683Abstract
Kesundaan merupakan salah satu budaya yang terletak di Jawa Barat dan memiliki kebudayaan yang sangat unik. Keunikan ini akan menjadi sebuah nilai tambah jika terinternalisasikan  dengan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kearifan lokal yang sudah disepakati. Setiap lembaga pendidikan memiliki metode dalam mengembangkan karakter siswa/siswinya menjadi manusia unggul yang bisa menggali dari budaya yang sudah melekat. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin membuat suatu artikel yang berkaitan dengan karakter anak-anak milenial melalui kebudayaan sunda dengan program Jalmi Masagi. Artikel ini bertujuan untuk menjadikan manusia unggul yang memiliki empat nilai yaitu (1) badannya harus sehat, (2) cerdas (3) berakhlak dan (4) religius, sesuai dengan salah satu program Gubernur Jabar yang telah diluncurkan pada tahun 2018 yang disebut dengan Jabar Masagi.
References
Eksi, H. (2003). Temel Insani Degerlerin Kazandırılmasında Biryaklazım: Karakter Egitimi Programları. Değerler Eğitimi Dergisi, 1(1), 79-96.
Handayani, N. and Indartono, S. (2016). The Implementation of Multicultural Character Education. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science , 508-518. Joel Stein (2013).
Indrawardana, I. (2012). Kearifan Lokal Adat Masyarakat Sunda dalam Hubungan dengan Lingkungan Alam. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 4(01).
Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1). 6-30.
Saihu, S., & Mailana, A. (2019). Teori pendidikan behavioristik pembentukan karakter masyarakat muslim dalam tradisi Ngejot di Bali. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 163-176.
Saihu, S. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI DI JEMBRANA BALI). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 69-90.
Saihu, S., & Marsiti, M. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DI SMA NEGERI 3 KOTA DEPOK, JAWA BARAT. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 23-54.
Saihu, M. (2019). Urgensi ‘Urf dalam Tradisi Male dan Relevansinya dalam Dakwah Islam di Jembrana-Bali. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 173-201.
Saihu, S. (2019). KONSEP MANUSIA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PERUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197-217.
Sauri, S. (2010). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter.
Sauri, S. (2012). Model Manajemen Pendidikan Nilai Berbasis Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Jurnal Administrasi Pendidikan, XIV(1).
Sauri, S. (2013). Pengembangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun di Sekolah. Jurnal No. 1/XXII
Sumber dari Buku
Akbas, O. (2008). Deger egitimi akımlarına genel bir bakış. Degerler Egitimi Dergisi, 6(16), 9-27
Arikunto, S. (2013). Prosedure Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Battistich. (2005). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
Cresswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design. Choosing: Among five Traditions
Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Nasional. Bandung: Alfabeta
Elkind, D. dan Sweet, F. (2004). You are a character educator. Today’s School.
Peter Li Education Group.
Khoirun, R. (2018). Program Jabar Masagi, Wujudkan Karakter Generasi Milineal Melalui Kearifal Lokal. Artikel: Merdeka. Com.
Samani, Muchlas., & Hariyanto. (2013). Pendidikan karakter, konsep dan model. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Satjadibrata, R. (2005). Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Sauri, S.(2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Rizqi Press
Sauri, S.(2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai. Bandung: PT Refika Aditama
Sugiono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABET Undang-undang tahun 2017 Pasal 441
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Bangsa Berparadigma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).