Leadership Dalam Pendidikan: Menelisik Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDIT di Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6754Keywords:
Strategi, Kepala Sekolah, Sekolah Dasar Islam Terpadu, PendidikanAbstract
Kualitas pendidikan pada tingkat sekolah dasar Islam sangat menentukan kemampuan dasar anak, di tengah degradasi moral pendidikan, sekolah dasar Islam diharapkan memberikan dampak positif terhadap perkembangan pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dasar Islam terpadu dalam meningkatkan kualitas dan menghadapi isu degradasi moral pendidikan yang saat ini terjadi di Indonesia. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menggali lebih dalam tentang strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam mengelola pendidikan dasar dengan menggunakan paradigma Islam. Sumber data diperoleh melalui wawancara langsung dengan kepala sekolah dasar Islam terpadu Al hijrah 2 kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang. Untuk memperkuat data analis, penelitian ini juga menggunakan beberapa hasil penelitian penting lainnya guna untuk memperkuat argumentasi yang dibangun dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pentingnya strategi yang digunakan untuk mencapai pendidikan yang baik dan unggul, ada beberapa strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dasar Islam terpadu Al hijrah 2 yaitu; pertama, pengembangan kurikulum; kedua, peningkatan SDM tenaga pengajar; ketiga, kolaboratif pendidikan; keempat, kerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya; kelima, Inklusifitas pendidikan; dan Keenam, kesejahteraan para guru. Beberapa strategi tersebut sangat mendukung dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada sekolah dasar Islam terpadu Al hijrah 2 kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ahmad, I. (2018). Rencana dan Strategi Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat. Gorontalo Law Review, 1(1), 15–24. https://doi.org/10.32662/golrev.v1i1.94
Ali, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), Article 2.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Dowansiba, N., & Hermanto, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah Menengah Atas dalam Menyiapkan Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.3060
Fanani, A. (2014). Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Article 2.
Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989
Fauziyati, W. R. (2018). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan menuju Generasi Maju Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(01), 157–177. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559248
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), Article 2.
Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131
Lubis, S. H. H., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & Purba, S. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 823–832. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i6.441
Maemunah, S., Hakim, A., & Surani. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31960/ijolec.v6i1.2052
Mandira, I. M. C., & Kusuma, P. S. A. J. (2022). Strategi Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan. Management and Accounting Expose, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.633
Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 293–303. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(1), 1–14.
Nata, A. (2014). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.
Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Nurasiah, Ar, M., & Harun, C. Z. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), Article 3.
Purnomo, P., & Solikhah, P. I. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif: Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.13286
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Setiawan, E., & Apsari, N. C. (2019). Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan Dan Non Diskriminatif Di Bidang Pendidikan Bagi Anak Dengan Disabilitas (ADD). Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 5(3), 188–198. https://doi.org/10.33007/inf.v5i3.1776
Sholeha, S. M., Fitriyah - -, & Herawati, N. R. (2024). Peningkatan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Kepala Daerah Di Masa Pandemi Covid-19 2020 Di Kota Bandar Lampung. Journal of Politic and Government Studies, 13(2), Article 2.
Silitonga, N., & Roring, franky P. (2023). Politik Digital: Strategi Politik Elektoral Partai Politik Dalam Kampanye Pemilu Presiden. Communitarian : Jurnal Prodi Ilmu Politik, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.56985/jc.v4i2.319
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Tajuddin, Y. (2015). Walisongo Dalam Strategi Komunikasi Dakwah. Addin, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/addin.v8i2.602
Tanjung, R., Hanafiah, & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
Veriasa, A. T. O. (2015, December 12). Strategi dan Struktur. Travel-Photozine. https://veriasadotnet.wordpress.com/2015/12/12/strategi-dan-struktur/
Wahyudin, D. (2020). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru Dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.32678/annidhom.v5i2.4672
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Widodo, H. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sleman. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.8162
Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67
Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108
Zohriah, A., Firdaos, R., & Ubad, Z. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(1), 28–33.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Arie Dwi Ningsih Dwi, Hasan Asari, Yusuf Hadijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).