Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligence

Authors

  • Redy Eka Yudesthira Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muhtadi Ridwad Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Moh Padil Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ahmad Barizi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Jamilah Jamilah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6713

Keywords:

Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Multipel Intelegensi

Abstract

Artikel ini membahas tentang internalisasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama islam yang inovatif pada era perkembangan zaman dengan menggunakan multipel intelegensi sebagai strategi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam, khususnya di SD Plus al-Kautsar dan SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Kajian ini menyoroti pentingnya mengembangkan intelegensi siswa yang akan berdampak pada pemahaman siswa pada suatu materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan strategi pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian multi situs untuk menganalisis dan menemukan strategi pengembangan kurikulum PAI yang relevan dengan kemajuan zaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi dalam menghadapi perkembangan zaman terdapat pada desain kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Kesimpulannya menekankan pentingnya pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi sebagai suatu upaya dalam melakukan pengembangan intelegensi siswa guna menghadapi perkembangan zaman.

References

Abdul Majir. (2017). Dasar Pengembangan Kurikulum. Deepublish.

Arofah, F. E. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 218–229.

Azizah, W. N., & Dewi, D. A. (2022). Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dapat Mempengaruhi Gaya Anak Muda Dan Etika Pancasila Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 1426.

Budimansyah, D. (2012). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter Seri Pembinaan Profesionalisme Guru. Widya Aksara Press.

Chatib, M. (2013). Sekolahnya Manusia, Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa.

Chatib, M. (2017). Semua Anak Bintang. Pt Mizain Pustaka.

Chatib, M. (2019). Sekolahnya Manusia. Pt. Mizan Pustaka.

Davis, D. F. (1993). User Acceptance of Information Tecnology: System Characteristics, User Perceptions and Behavior Impacts. Int. J.Man. Mach. Stud.

Fikriyah, F. Z., & Aziz, J. A. (2018). Penerapan Konsep Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Pai. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 220–244. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V1i02.17

Fitri, A. Z., Nafis, M., & Indarti, L. (2020). Multidisciplinary, Interdisciplinary, And Transdisciplinary (Mit) Learning Approach and Strategy Based on Indonesian National Qualification Framework (Kkni) Curriculum. Ulumuna, 24(1), 183–204. Https://Doi.Org/10.20414/Ujis.V24i1.375

Fuaddudin. (1999). Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi, Wacana Tentang Pendidikan Agama Islam. Logos Wacana Ilmu.

Habibi, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence. Madaniyah, 237–260.

Hofur, H. (2021). Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Quran/ Hadis Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi.V17i2.1647

Howard Gardner. (2013). Multiple Intelligences. Daras Books.

Humaedah. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum. 47–59.

Indrianto, N. (2020). Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Deepublish.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. (2018, July 26). Pendidikan Agama Bukan Hanya Aspek Kognitif. Https://Jateng.Kemenag.Go.Id/Berita/Pendidikan-Agama-Bukan-Hanya-Aspek-Kognitif/.

Khobir, A. (2009). Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi. Forum Tarbiyah, 2.

Natalia, K. (2021). Pendekatan Konsep Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Era Digital. Prosiding Webinar Nasional Iahp-Tp, 23.

Piet, A. Sahertian. (2018). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.

Priansa, J. D. (2014). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran . Inovatif, 213–314.

Romadin, A., & Yoto. (2021). Srategi Pendekatan Interdisciplinary Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Smk. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 133–143.

Rouf, M., Said, A., & Riyadi, D. E. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model dan Implementasi. Al-Ibrah, 37–38.

Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1167–1173. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i3.3226

Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 54.

Suparta. (2022). Urgensi Kontekstualisasi Dan Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 184–185.

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. Https://Doi.Org/10.32923/Kjmp.V2i2.987

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i4.22310

Wibowo, D. H., Zainal, A., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 60.

Yudhistira, F., Dwi, A., Utari, L., Akbar, A., Pratama, Y., Hayatunnisa, M., & Noviyanti, I. (2023). Fungsi Dan Pengaruh Visi Misi Pada Sebuah Organisasi SD Negeri 02 Pulau Besar. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen , 179–189.

Zainuddin. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Multiple Intelligences. Pendidikan Islam, 11.

Published

30-11-2023

Citation Check