Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligence
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6713Keywords:
Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Multipel IntelegensiAbstract
Artikel ini membahas tentang internalisasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama islam yang inovatif pada era perkembangan zaman dengan menggunakan multipel intelegensi sebagai strategi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam, khususnya di SD Plus al-Kautsar dan SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Kajian ini menyoroti pentingnya mengembangkan intelegensi siswa yang akan berdampak pada pemahaman siswa pada suatu materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan strategi pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian multi situs untuk menganalisis dan menemukan strategi pengembangan kurikulum PAI yang relevan dengan kemajuan zaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi dalam menghadapi perkembangan zaman terdapat pada desain kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Kesimpulannya menekankan pentingnya pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi sebagai suatu upaya dalam melakukan pengembangan intelegensi siswa guna menghadapi perkembangan zaman.
References
Abdul Majir. (2017). Dasar Pengembangan Kurikulum. Deepublish.
Arofah, F. E. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 218–229.
Azizah, W. N., & Dewi, D. A. (2022). Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dapat Mempengaruhi Gaya Anak Muda Dan Etika Pancasila Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 1426.
Budimansyah, D. (2012). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter Seri Pembinaan Profesionalisme Guru. Widya Aksara Press.
Chatib, M. (2013). Sekolahnya Manusia, Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa.
Chatib, M. (2017). Semua Anak Bintang. Pt Mizain Pustaka.
Chatib, M. (2019). Sekolahnya Manusia. Pt. Mizan Pustaka.
Davis, D. F. (1993). User Acceptance of Information Tecnology: System Characteristics, User Perceptions and Behavior Impacts. Int. J.Man. Mach. Stud.
Fikriyah, F. Z., & Aziz, J. A. (2018). Penerapan Konsep Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Pai. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 220–244. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V1i02.17
Fitri, A. Z., Nafis, M., & Indarti, L. (2020). Multidisciplinary, Interdisciplinary, And Transdisciplinary (Mit) Learning Approach and Strategy Based on Indonesian National Qualification Framework (Kkni) Curriculum. Ulumuna, 24(1), 183–204. Https://Doi.Org/10.20414/Ujis.V24i1.375
Fuaddudin. (1999). Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi, Wacana Tentang Pendidikan Agama Islam. Logos Wacana Ilmu.
Habibi, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence. Madaniyah, 237–260.
Hofur, H. (2021). Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Quran/ Hadis Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi.V17i2.1647
Howard Gardner. (2013). Multiple Intelligences. Daras Books.
Humaedah. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum. 47–59.
Indrianto, N. (2020). Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Deepublish.
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. (2018, July 26). Pendidikan Agama Bukan Hanya Aspek Kognitif. Https://Jateng.Kemenag.Go.Id/Berita/Pendidikan-Agama-Bukan-Hanya-Aspek-Kognitif/.
Khobir, A. (2009). Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi. Forum Tarbiyah, 2.
Natalia, K. (2021). Pendekatan Konsep Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Era Digital. Prosiding Webinar Nasional Iahp-Tp, 23.
Piet, A. Sahertian. (2018). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.
Priansa, J. D. (2014). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta.
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran . Inovatif, 213–314.
Romadin, A., & Yoto. (2021). Srategi Pendekatan Interdisciplinary Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Smk. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 133–143.
Rouf, M., Said, A., & Riyadi, D. E. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model dan Implementasi. Al-Ibrah, 37–38.
Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1167–1173. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i3.3226
Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 54.
Suparta. (2022). Urgensi Kontekstualisasi Dan Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 184–185.
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. Https://Doi.Org/10.32923/Kjmp.V2i2.987
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i4.22310
Wibowo, D. H., Zainal, A., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 60.
Yudhistira, F., Dwi, A., Utari, L., Akbar, A., Pratama, Y., Hayatunnisa, M., & Noviyanti, I. (2023). Fungsi Dan Pengaruh Visi Misi Pada Sebuah Organisasi SD Negeri 02 Pulau Besar. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen , 179–189.
Zainuddin. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Multiple Intelligences. Pendidikan Islam, 11.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Redy Eka Yudesthira, Muhtadi Ridwad, Moh Padil, Ahmad Barizi, Jamilah Jamilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).