Kajian Teoretis Tentang Kemampuan Bangsa Dalam Menghadapi Globalisasi Dalam Perspektif Anthony Giddens Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4969Keywords:
kemampuan, bangsa, Giddens, globalisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan bangsa dalam menghadapi globalisasi dalam perspektif Anthony Giddens dan relevansinya dengan Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain pada dimensi sosial politik, masyarakat indonesia cenderung tidak siap dalam mengahdapi fenomena globalisasi pada dimensi sosial ekonomi, dimensi sosial budaya, dimensi Pendidikan dan dimensi teknologi informasi dan komunikasi.
References
Aflisia, N., Ahmad E.Q, N., & Suhartini, A. (2021). The Urgency of Theological Foundations in Islamic Education in the Industry Era 4.0 towards the Society Era 5.0. International Journal of Education Research and Development, 1(1), 60–77. https://doi.org/10.52760/ijerd.v1i1.4
Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62
Dewabrata, M. (2019). Hasil PISA 2018 Resmi Diumumkan, Indonesia Alami Penurunan Skor di Setiap Bidang. Zenius. https://www.zenius.net/blog/pisa-2018-2019-standar-internasional
Education Rankings by Country 2023. (2023). World Population Review. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country
Giddens, A. (2000). The Second Globalization Debate. A Talk With Anthony Giddens. Edge. https://www.edge.org/conversation/anthony_giddens-the-second-globalization-debate
Literacy Rate by Country 2023. (2023). World Population Review. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/literacy-rate-by-country
Muslimin, E., Heri, D., & Erihadiana, M. (2021). Kesiapan Merespon terhadap Aspek Negatif dan Positif Dampak Globalisasi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(3), 342–349. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.403
Naurah, N. (2023). Literasi Digital Nasional 2022 Meningkat, Namun Kategorinya Masih Sedang. GoodStats. https://goodstats.id/article/literasi-digital-nasional-2022-meningkat-namun-kategorinya-masih-sedang-HmqK5
Priatna, T., Baihaqi, W., Rahman, A. A., & Sunarya, Y. (2020). Reformulasi Tugas dan Fungsi Guru Menghadapi Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. In Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 (pp. 1–13). UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30525
Putri, W. D. (2015). Indonesia Dianggap Lampu Kuning dalam Globalisasi. Republika. https://news.republika.co.id/berita/nyz97b359/indonesia-dianggap-lampu-kuning-dalam-globalisasi
Stiglitz, J. E. (2006). MAKING GLOBALIZATION WORK (first). W. W. Norton & Company, Inc.
Suastha, R. D. (2016, September 7). UNESCO Soroti Kesenjangan Kualitas Pendidikan di Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160906155806-20-156462/unesco-soroti-kesenjangan-kualitas-pendidikan-di-indonesia
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (7th ed.). Remaja Rosdakarya.
Unde, A., Pandu, M. E., Munizu, M., Radjab, M., & Lampe, M. (2015). Pilot Project Pengukuran Indeks Kesiapan Masyarakat (IKM) dalam Merespon Fenomena Global Village di Sulawesi Selatan. https://www.researchgate.net/publication/352822337_PILOT_PROJECT_PENGUKURAN_INDEKS_KESIAPAN
Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li
Yuniarto, P. R. (2014). Masalah Globalisasi di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, dan Tantangan. Jurnal Kajian Wilayah, 5(1), 67–95. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/jkw.v5i1.124
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).