Analisis Wacana Surat-Surat Islam Soekarno Dari Ende (Rekontruksi Pemikiran Tentang Pendidikan Agama Islam Di Indonesia)

Authors

  • Suroso Suroso Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia., Indonesia
  • Duski Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia., Indonesia
  • Tutut Handayani Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia., Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6612

Keywords:

Analisis wacana, Sejarah, Rekonstruksi pendidikan Islam, surat-surat dari ende

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkonstruksikan pemikiran Soekarno tentang  Pendidikan Islam yang modern. Untuk melakukan analisis terhadap informasi dan data  yang berhubungan dengan penelitian ini dilakukan study library research (penelitian perpustakaan) dengan pendekatan Sejarah (history)  dan analisis konten (Content analysis) dan dianalisis dengan Analisis Wacana Kritis /model Teun Van Dijk  yang meliputi struktur teks (makro, super struktur, maupun mikro serta bagaimana kognisi dan konteks sosial. Sedangkan dalam menganalisa data, digunakan perangkat analisis wacana kritis. Hasil temuan penelitian ini bahwa yang ditulis  oleh Soekarno yang tertuang dalam Surat-surat Islam dari Ende kepada A.Hasan menggambarkan jati dirinya  yang memiliki sikap  nasionalisme yang tinggi dan rasa kepedulian beliau atas dunia Pendidikan Nasional khususnya Pendidikan  Islam yang mengalami ketertinggalan dan keterlambatan jauh dari kesan modern  (bersifat tradisonal). Kemudian Soekarno adalah seorang tokoh pembaharu  dalam hal Pendidikan Islam bahkan dia juga seorang guru  yang sangat dengan Pendidikan yang tidak hanya mengedepankan nilai-nilai spiritualitas tetapi Rasionalitas juga dalam semua aspek Pendidikan, dan sekaligus pula sebagai penyimbang keilmuan Barat yang terus maju, sehingga sedikit banyaknya mempengaruhi berbagai model Pendidikan Islam dan umum di Indonesia yang berlomba-lomba berusaha untuk mencetak manusia-manusia Islam yang unggul, baik dibidang ilmu pengetahuan Agamanya maupun science.

References

Adhiguna, Baskoro., and Bramastia. (2021). Pandangan al-qur’an terhadap ilmu pengetahuan dan implikasinya dalam pembelajaran sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2),137-144. Diambil dari Diambil dari https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257

Arifin, I. (2021). Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia.

Awwaliyah, Robiatul. (2019). Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 35-52. Diambil dari https://doi.org/10.24090/insania. v24i1.2219

Azra, Azyumardi. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., Pölkki, T., Utriainen, K., & Kyngäs, H. (2014). Qualitative Content Analysis. SAGE Open, 4(1), 215824401452263. https://doi.org/10.1177/2158244014522633

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan di mata Soekarno. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Noer, Deliar. (1982). Gerakan modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LPES.

Nurrahmah. (2013). Konsep manusia unggul: Kajian atas naskah Anis Al-Muttaqin.Jurnal Lektur Keagamaan, 11(1), 181-202. Diambil dari https://doi.org/ 10.31291/jlk.v11il

Mawangir, M. (2016). Soekarno dan pemikirannya tentang agama, politik, dan pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Agama UIN Raden Fatah, 17(1), 139–145.

Maymun, A. (2020). Tafsir Al Qur’an Sebagai Kritik Sosial (Studi Terhadap Tafsir Tajul Muslimin Min Kalami Rabbi Al ’Alamin Karya KH Misbah Mustafa).

Purnomo, H. (2016). Kiai dan transformasi sosial dinamika kiai dalam Masyarakat (Vol. 6).

Rois, Muhammad Alfan Nur. (2023). Modernisasi pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra (Diskursus modernisasi di pondok pesantren Al-Aqobah Jombang). Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 16-31

Rohidin. (2016). Pengantar Hukum Islam. In Lintang Rasi Aksara Books (Vol. 1).

Rohmanan, M., & Arminsa, M. L. S. (2020). Tafsir Al-Baghawi: Metodologi, Kelebihan dan Kekurangan. Al-Dzikra Jurnal Studi Ilmu Al-Qur an Dan Al-Hadits, 14(1), 137.

Soekarno. (1964). Dibawah bendera revolusi. Jakarta: Panitia di Bawah Bendera Revolusi.

Soekarno. (1964). Memudahkan pengertian Islam. Jakarta: Panitia di bawah Bendera Revolusi

Suhartati, T. (2013). Tuhan dalam pergulatan pemikiran Soekarno. Substantia, 15(Oktober), 239–253.

Sukardi, I. (2019). Soekarno dan argumen teologis-filosofis dalam pemikiran Islam. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, 16(2), 267. https://doi.org/10.22515/ajpif.v16i2.1944

Sholehah, Haritotus. (2020). Pemikiran Soekarno tentang pendidikan Islam dan relevansinya dengan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia (Thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember). Diakses dari http://digilib.uinkhas.ac.id/13677/1/HARIROTUS%20SHOLEHAH_T20151057.pdf

Salam, Solichin. (1981). Soekarno putera fajar. Jakarta: Gunung Agung.

Syarifuddin. (2013).Tuhan dalam pergulatan pemikiran Soekarno.Jurnal Substantia, 15(2), 239-253.

Saeful Anwar. (2017). Pendekatan dalam Pengkajian Islam: Kontribusi Charles J.Adam terhadap Kegelisahan Akademik. AN-NAS Jurnal Humaniora Jurnal Humaniora, 2(1), 103–121.

Sanusi, A. (2018). PEMIKIRAN TRANSFORMATIF SOEKARNO DALAM POLITIK ISLAM (Pendekatan Transformatif Bill Gould, Karl Stenbrink, dan Kontowijoyo). Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(2), 57–76. https://doi.org/10.24235/empower.v3i2.3510

Sholeh, M. M. A. (2018a). POLA PENYIMPANGAN MUSLIM TERHADAP AJARAN AGAMANYA ( Perspektif Pendidikan Islam). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i1.2429

Sholeh, M. M. A. (2018b). Pola Penyimpangan Muslim terhadap Muslim terhadap Ajaran Agamanya ( Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 1–21.

Syafe’i, I. (2017). Politik Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 89–103.

Wijaya, C. (2016). Ilmu Pendidikan Islam: Menuntu Arah Pendidikan Islam Indonesia. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) (Vol. 6).

Published

30-11-2023

Citation Check