Analisis Wacana Surat-Surat Islam Soekarno Dari Ende (Rekontruksi Pemikiran Tentang Pendidikan Agama Islam Di Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6612Keywords:
Analisis wacana, Sejarah, Rekonstruksi pendidikan Islam, surat-surat dari endeAbstract
Tujuan penelitian ini mengkonstruksikan pemikiran Soekarno tentang Pendidikan Islam yang modern. Untuk melakukan analisis terhadap informasi dan data yang berhubungan dengan penelitian ini dilakukan study library research (penelitian perpustakaan) dengan pendekatan Sejarah (history) dan analisis konten (Content analysis) dan dianalisis dengan Analisis Wacana Kritis /model Teun Van Dijk yang meliputi struktur teks (makro, super struktur, maupun mikro serta bagaimana kognisi dan konteks sosial. Sedangkan dalam menganalisa data, digunakan perangkat analisis wacana kritis. Hasil temuan penelitian ini bahwa yang ditulis oleh Soekarno yang tertuang dalam Surat-surat Islam dari Ende kepada A.Hasan menggambarkan jati dirinya yang memiliki sikap nasionalisme yang tinggi dan rasa kepedulian beliau atas dunia Pendidikan Nasional khususnya Pendidikan Islam yang mengalami ketertinggalan dan keterlambatan jauh dari kesan modern (bersifat tradisonal). Kemudian Soekarno adalah seorang tokoh pembaharu dalam hal Pendidikan Islam bahkan dia juga seorang guru yang sangat dengan Pendidikan yang tidak hanya mengedepankan nilai-nilai spiritualitas tetapi Rasionalitas juga dalam semua aspek Pendidikan, dan sekaligus pula sebagai penyimbang keilmuan Barat yang terus maju, sehingga sedikit banyaknya mempengaruhi berbagai model Pendidikan Islam dan umum di Indonesia yang berlomba-lomba berusaha untuk mencetak manusia-manusia Islam yang unggul, baik dibidang ilmu pengetahuan Agamanya maupun science.
References
Adhiguna, Baskoro., and Bramastia. (2021). Pandangan al-qur’an terhadap ilmu pengetahuan dan implikasinya dalam pembelajaran sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2),137-144. Diambil dari Diambil dari https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257
Arifin, I. (2021). Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia.
Awwaliyah, Robiatul. (2019). Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 35-52. Diambil dari https://doi.org/10.24090/insania. v24i1.2219
Azra, Azyumardi. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., Pölkki, T., Utriainen, K., & Kyngäs, H. (2014). Qualitative Content Analysis. SAGE Open, 4(1), 215824401452263. https://doi.org/10.1177/2158244014522633
Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan di mata Soekarno. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Noer, Deliar. (1982). Gerakan modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LPES.
Nurrahmah. (2013). Konsep manusia unggul: Kajian atas naskah Anis Al-Muttaqin.Jurnal Lektur Keagamaan, 11(1), 181-202. Diambil dari https://doi.org/ 10.31291/jlk.v11il
Mawangir, M. (2016). Soekarno dan pemikirannya tentang agama, politik, dan pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Agama UIN Raden Fatah, 17(1), 139–145.
Maymun, A. (2020). Tafsir Al Qur’an Sebagai Kritik Sosial (Studi Terhadap Tafsir Tajul Muslimin Min Kalami Rabbi Al ’Alamin Karya KH Misbah Mustafa).
Purnomo, H. (2016). Kiai dan transformasi sosial dinamika kiai dalam Masyarakat (Vol. 6).
Rois, Muhammad Alfan Nur. (2023). Modernisasi pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra (Diskursus modernisasi di pondok pesantren Al-Aqobah Jombang). Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 16-31
Rohidin. (2016). Pengantar Hukum Islam. In Lintang Rasi Aksara Books (Vol. 1).
Rohmanan, M., & Arminsa, M. L. S. (2020). Tafsir Al-Baghawi: Metodologi, Kelebihan dan Kekurangan. Al-Dzikra Jurnal Studi Ilmu Al-Qur an Dan Al-Hadits, 14(1), 137.
Soekarno. (1964). Dibawah bendera revolusi. Jakarta: Panitia di Bawah Bendera Revolusi.
Soekarno. (1964). Memudahkan pengertian Islam. Jakarta: Panitia di bawah Bendera Revolusi
Suhartati, T. (2013). Tuhan dalam pergulatan pemikiran Soekarno. Substantia, 15(Oktober), 239–253.
Sukardi, I. (2019). Soekarno dan argumen teologis-filosofis dalam pemikiran Islam. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, 16(2), 267. https://doi.org/10.22515/ajpif.v16i2.1944
Sholehah, Haritotus. (2020). Pemikiran Soekarno tentang pendidikan Islam dan relevansinya dengan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia (Thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember). Diakses dari http://digilib.uinkhas.ac.id/13677/1/HARIROTUS%20SHOLEHAH_T20151057.pdf
Salam, Solichin. (1981). Soekarno putera fajar. Jakarta: Gunung Agung.
Syarifuddin. (2013).Tuhan dalam pergulatan pemikiran Soekarno.Jurnal Substantia, 15(2), 239-253.
Saeful Anwar. (2017). Pendekatan dalam Pengkajian Islam: Kontribusi Charles J.Adam terhadap Kegelisahan Akademik. AN-NAS Jurnal Humaniora Jurnal Humaniora, 2(1), 103–121.
Sanusi, A. (2018). PEMIKIRAN TRANSFORMATIF SOEKARNO DALAM POLITIK ISLAM (Pendekatan Transformatif Bill Gould, Karl Stenbrink, dan Kontowijoyo). Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(2), 57–76. https://doi.org/10.24235/empower.v3i2.3510
Sholeh, M. M. A. (2018a). POLA PENYIMPANGAN MUSLIM TERHADAP AJARAN AGAMANYA ( Perspektif Pendidikan Islam). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i1.2429
Sholeh, M. M. A. (2018b). Pola Penyimpangan Muslim terhadap Muslim terhadap Ajaran Agamanya ( Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 1–21.
Syafe’i, I. (2017). Politik Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 89–103.
Wijaya, C. (2016). Ilmu Pendidikan Islam: Menuntu Arah Pendidikan Islam Indonesia. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) (Vol. 6).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suroso Suroso, Duski Ibrahim, Tutut Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).