Implementasi Falsafah Poda Na Lima Pada Santri Pondok Pesantren Modern di Kota Padangsidimpuan

Authors

  • Muhammad Yunan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Abd. Mukti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nurmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6594

Keywords:

Falsafah Poda Na Lima, Pendidikan Karakter, Integrasi Kurikulum.

Abstract

Tulisan ini menjelaskan implementasi falsafah Poda Na Lima di Pondok Pesantren Modern di Kota Padangsidimpuan, dengan fokus pada integrasi nilai-nilai kebersihan hati, tubuh, pakaian, rumah, dan lingkungan dalam kurikulum dan kehidupan sehari-hari santri. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Kesimpulan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa falsafah Poda Na Lima telah terintegrasi secara efektif dalam kurikulum pendidikan melalui pengajaran nilai, aktivitas ekstrakurikuler, dan sistem pembinaan karakter. Adapun strategi penerapan meliputi internalisasi pendidikan karakter dan penerapan falsafah dalam praktik sehari-hari. Faktor pendukung meliputi komitmen kuat pengasuh, dukungan komunitas, dan lingkungan yang kondusif, sementara hambatan yang dihadapi termasuk keterbatasan sumber daya, perbedaan interpretasi falsafah, pengaruh eksternal teknologi dan sosial, serta variabilitas motivasi santri. Penelitian ini menyarankan pentingnya adaptasi strategis untuk mengatasi hambatan dan memperkuat implementasi nilai-nilai falsafah Poda Na Lima dalam konteks pendidikan modern.

References

Agama, K. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama RI.

An-Nawawi, I. (2013). Matan Hadits Arba’in An-Nawawi. Insan Kamil.

Ar-Rifa’i, M. N. (2000). Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4. Gema Insani.

Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2), 211–227. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19

Cevikbas, M., & Kaiser, G. (2021). A systematic review on task design in dynamic and interactive mathematics learning environments (Dimles). Mathematics, 9(4), 1–20. https://doi.org/10.3390/math9040399

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Ilyas, R. (2017). Zikir dan Ketenangan Jiwa. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(1), 90–106. https://doi.org/10.32923/maw.v8i1.699

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Megawangi, R. (2005). Pendidikan Karakter: Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa. Indonesia Heritage Fonudation.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1). https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Published

29-12-2023

Citation Check