PENGEMBANGAN PROGRAM DAKWAH ROHANI ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TINGKAT SMA/SEDERAJAT (Studi Kasus MAN 2 Kota Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.651Abstract
Remaja saat ini tengah mengalami pola hidup yang permissive (serba boleh), maka derdampak pada kebebasan remaja dalam memilih pergaulan. Banyak sisi negatif dari hal ini, yaitu ikhtilat, premanisme, narkoba, westernisasi. Sehingga sekarang ini banyak berlangsung kejadian-kejadian tindak kenakalan remaja. Bermacam-macam perbuatan negatif yang menyimpang dilakukan oleh remaja dan mereka mengira hal yang dilakukan adalah hal yang wajar dan biasa-biasa saja, bahkan ada yang menganggapnya sebagai sesuatu kebanggaan. Padahal, masyarakat beranggapan perilaku tersebut sebagai suatu sikap yang amat memprihatinkan bagi kalangan remaja di Indonesia.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pengembangan program dakwah rohani Islam tingkat SMA/Sederajat. Pengembangan program ini difokuskan pada pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang dakwah pada remaja. dan program kegiatan rohis (Sun Three) di MAN 2 Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (libraby reseach) serta dipadukan dengan penelitian lapangan (field research).
Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan program dakwah rohani Islam yang dapat menjadi acuan di setiap SMA/Sederajat dalam melaksanakan kegiatan rohani Islam. Program-program ini terukur atas kecemasan Syed Muhammad Naquib al-Attas mengenai berkurangnya adab pada remaja, westernisasi, hingga krisis identitas. Sehingga peneliti menjadikan MAN 2 Bogor sebagai standar tersusunnya pengembangan program ini.
References
Efa, R. (2018). Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah.†Jurnal Studi Komunikasi Jurnal Stu (2018).
P. Ashiong, M. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Pelita Harapan-Tangerang.
Sakareeya, B. (2014). Pendekatan Dakwah Kultural dalam Masyarakat Plural. Jurnal Dakwah Tabligh, 15, N.
Sumber dari Buku
Adi Isbandi Rukminto. (2000). Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat, dan Investasi Komunitas. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Al-Attas Syed Muhammad Naquib. (1995). Islam dan Filsafat Sains. Bandung: Mizan.
Al-Attas Syed Muhammad Naquib. (1981). Islam dan Sekularisme. 1st ed. Bandung: Ganesha.
Al-Attas Syed Muhammad Naquib. (1984). Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Al-Attas Syed Muhammad Naquib. (2019). Risalah Untuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: Ta’dib Internasional.
Al-Mighwar Muhammad. (2013). Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.
Alim Muhammad. (2006). Pendidikan Agama Islam, Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto Suharsimi. (1998). Penilaian Program Pendidikan. Yogyakarta: Bina Aksara.
Dhohari, Taufik Rahman., et.al. (2000). Sosiologi 2. Jakarta: Yudistira.
Edi, Soeharto. (2005). Metodologi Pengembangan Masyarakat. Jakarta: BEMJ PMI.
Hamid, Hamdani & Beni Ahmad Saebani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Jahja Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
L.N Syamsu Yusuf. (2001). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Rosda.
Laksana M Fajar. (2002). Karakteristik Dakwah Politik Islam. Sukabumi: KMA Press.
M. Arifin. (1997). Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Study. 1st ed. Jakarta: Bulan Bintang.
M. Dawam Rahardjo. (1996). Intelektual, Inteligensia, dan Perliku Politik Bangsa. Bandung: Mizan.
Madjid Nurcholish. (2008). Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.
Murdiyatmoko Janu. (2007). Sosiologi: Memahami Dan Mengkaji Masyarakat. Bandung: Grafindo.
Nata Abuddin. (2004). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Nihayah Zahrotun, dkk. (2006). Psikologi Perkembangan: Tinjauan Psikologi Barat Dan Islam. 1st ed. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dengan UIN Jakarta Press.
Ramayulis dan Samsul Nizar. (2005). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. 1st ed. Ciputat: Quantum Teaching.
Sa’id Mustafa Abu. (2015). Mendidik Remaja Nakal. Yogyakarta: Semesta Hikmah.
Sainsul Nizar, MA. (2001). Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualiatatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Suyatno. “Pengembangan Program Pengembangan Masyarakat.†Jurnal PMI Vol. I, No (2004): 95.
Zed Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.
Downloads
Additional Files
- PENGEMBANGAN PROGRAM DAKWAH ROHANI ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TINGKAT SMA/SEDERAJAT (Studi Kasus MAN 2 Kota Bogor)
- PENGEMBANGAN PROGRAM DAKWAH ROHANI ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TINGKAT SMA/SEDERAJAT (Studi Kasus MAN 2 Kota Bogor)
- PENGEMBANGAN PROGRAM DAKWAH ROHANI ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TINGKAT SMA/SEDERAJAT (Studi Kasus MAN 2 Kota Bogor)
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).