Akuntabilitas Kepemimpinan Madrasah dalam Integrasi Keilmuan

Authors

  • Hasbiyallah Hasbiyallah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Kasmin Kasmin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mahlil Nurul Ihsan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4665

Keywords:

akuntabilitas, kepemimpinan, integrasi keilmuan

Abstract

Akuntabilitas kepemimpinan madrasah merupakan bentuk perwujudan rasa tanggung jawab yang mencerminkan sikap transparan kepada publik atau masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan. madrasah sebagai system pendidikan yang mengintegrasikan pengetahuan agama dan umum, Makalah ini bertujuan menjelaskan bagaimana bentuk akuntabilitas kepala madrasah dalam kerangka integrasi ilmu pengetahuan di MAN untuk membantu siswa MAN mengembangkan dan menghubungkan konsep sains dan agama. Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus dengan cara menyelidiki pembelajaran integrasi ilmu. Penelitian ini menunjukan bahwa akuntabilitas kepala MAN IC semakin tinggi dan semakin dipercaya oleh masyarakat, MAN IC dinilai public sebagai MAN yang berhasil mengintegrasikan ilmu agama dan science terbukti dari prestasi-prestasi siswa MAN IC di bidang-bidang science mampu berkompetisi dengan sekolah-sekolah umum bereputasi nasional dan internasional tanpa mengabaikan ilmu-ilmu agama yang menjadi kekuatan di MAN. Rekomendasi penelitian ini bahwa kepada para pemimpin madrasah untuk meningkatkan akuntabillitas kepemimpinannya sehingga mampu mewujudkan visi madrasah hebat madrasah bermartabat.

References

Abu, S. N. (2020). Pembinaan guru oleh kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 704–712.

Ajefri, F. (2017). Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 99–119.

Ardiputra, S., & Burhanuddin, B. (2022). Sosialisasi UU ITE No. 19 Tahun 2016 dan Edukasi Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 707–718.

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Makassar. PILAR, 11(1).

Astuti, H. J. P. (2017). Islam Nusantara: Sebuah Argumentasi Beragama dalam Bingkai Kultural. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 27–52.

Aziz, A. (2013). Paradigma Integrasi Sains Dan Agama Upaya Transformasi Iain Lampung Kearah UIN. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 8(2), 67–90.

Batubara, I. A. (2022). Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 759–771.

Dagong, S. W., & Arsana, I. K. S. (2019). Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Negeri 3 Kwandang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 204–213.

Diu, A. (2018). Pemikiran M. Amin Abdullah Tentang Pendidikan Islam dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 1–15.

Fatoni, M. (2017). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Mts Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 168–182.

Gade, F. (2020). Integrasi Keilmuan Sains dan Islam. Ar-Raniry.

Ghazin, R. dan. (2014). Rusdiana dan Ghazin, Asas-asas Manajemen Berwawasan Global, 21-222 (pp. 21–22). Pustaka Setia.

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di kota majapahit. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(2), 193–208.

Hanifah, U., & others. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 273–294.

Hasanah, U. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif (Studi Relevansi Terhadap Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September).

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75.

Jamal, N. (2017). Model-Model Integrasi Keilmuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. KABILAH: Journal of Social Community, 2(1), 83–101.

Khuzaemah, E., & Ummi, H. U. (2020). Bahan Ajar Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Integrasi Keilmuan di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Language Education and Literature, 6(1). https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.6978

Mahasnah, M. H. (2017). Pengantar Studi Sejarah Peradaban Islam. Pustaka Al-Kautsar.

Mariani, N. (2021). Upaya Meningkatan Nilai Estetika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Seni Budaya. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 23–32.

Nihwan, M., & Munir, A. S. (2019). Modernisasi Pendidikan Pesantren Dalam Dinamika Wacana Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman.

Nikmah, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 3(2), 79–90.

Ningsih, W. (2017). Peran Stakeholder dalam mendukung Kesuksesan Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggul Tapaktuan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Noer, A., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21–38.

Nurseto, G., Lestari, W., & Hartono, H. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis, 4(2), 115–122.

Oktavia, R. (2020). Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah pada sekolah menengah pertama negeri di kecamatan hiliran gumanti kabupaten solok. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 596–605.

Oktiani, I. (2019). Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen Banyumas. IAIN.

Padil, P., & Nashruddin, N. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 25–36.

Pranoto, Y. H., Pranata, L., Surani, V., Ningsih, D. A., & Setiawan, R. B. (2019). Pendampingan Belajar Cemara: Solusi Belajar Bagi Anak Dan Solusi Pendampingan Belajar Bagi Orangtua Di Lorong Cemara Rt 006 Kelurahan Sukajaya. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 3(1), 29–36.

Pratama, Y. A. (2019). Integrasi pendidikan madrasah dalam sistem pendidikan nasional (Studi kebijakan pendidikan madrasah di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 95–112.

Priyatna, M. (2017). Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21.

Qibtiyah, M. (2017). Manajemen pendidikan Madrasah Aliyah binaan pesantren dalam pengembangan karakter peserta didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(1).

Rahmawati, R. F. (2016). Kaderisasi dakwah melalui lembaga pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1).

Ramzy, A. (2004). Mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama. Perta.

Rohman, M. A. A. (2018). Kompetensi pengawas PAI dan efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru madrasah tsanawiyah di Kabupaten Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02).

Rosyada, D. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Kencana.

Saikhotin, S. (2015). Pengembangan Pendidikan Pesantren Terpadu: Studi Integrasi Keilmuan Islam dan Keilmuan Umum dalam Format Full Day School Berbasis Pesantren. Jurnal Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 4(1).

Shobirin, A., & Hilmi, D. (2021). Implikasi manajemen program bahasa Arab dalam mencetak lulusan unggul. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 15–26.

Sugiana, A. (2019). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan implementasinya di MTs Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34.

Suraya, S., Haeril, H., & Kasman, K. (2021). PERAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (Studi pada Kepemimpinan Ibu Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bima). YUME: Journal of Management, 4(1).

Suryana, T. (2011). Konsep dan aktualisasi kerukunan antar umat beragama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 127–136.

Tamam, A. M. (2017). Islamic World View Paradigma Intelektual Muslim. Spirit Media Press.

Wardani, K. T. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan Belajar Spectrum. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2).

Wijaya, C. (2019). Supervisi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kerja Guru. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 65–76.

Published

30-08-2023

Citation Check