Akuntabilitas Kepemimpinan Madrasah dalam Integrasi Keilmuan
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4665Keywords:
akuntabilitas, kepemimpinan, integrasi keilmuanAbstract
References
Abu, S. N. (2020). Pembinaan guru oleh kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 704–712.
Ajefri, F. (2017). Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 99–119.
Ardiputra, S., & Burhanuddin, B. (2022). Sosialisasi UU ITE No. 19 Tahun 2016 dan Edukasi Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 707–718.
Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Makassar. PILAR, 11(1).
Astuti, H. J. P. (2017). Islam Nusantara: Sebuah Argumentasi Beragama dalam Bingkai Kultural. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 27–52.
Aziz, A. (2013). Paradigma Integrasi Sains Dan Agama Upaya Transformasi Iain Lampung Kearah UIN. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 8(2), 67–90.
Batubara, I. A. (2022). Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 759–771.
Dagong, S. W., & Arsana, I. K. S. (2019). Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Negeri 3 Kwandang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 204–213.
Diu, A. (2018). Pemikiran M. Amin Abdullah Tentang Pendidikan Islam dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 1–15.
Fatoni, M. (2017). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Mts Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 168–182.
Gade, F. (2020). Integrasi Keilmuan Sains dan Islam. Ar-Raniry.
Ghazin, R. dan. (2014). Rusdiana dan Ghazin, Asas-asas Manajemen Berwawasan Global, 21-222 (pp. 21–22). Pustaka Setia.
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di kota majapahit. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(2), 193–208.
Hanifah, U., & others. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 273–294.
Hasanah, U. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif (Studi Relevansi Terhadap Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September).
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75.
Jamal, N. (2017). Model-Model Integrasi Keilmuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. KABILAH: Journal of Social Community, 2(1), 83–101.
Khuzaemah, E., & Ummi, H. U. (2020). Bahan Ajar Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Integrasi Keilmuan di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Language Education and Literature, 6(1). https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.6978
Mahasnah, M. H. (2017). Pengantar Studi Sejarah Peradaban Islam. Pustaka Al-Kautsar.
Mariani, N. (2021). Upaya Meningkatan Nilai Estetika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Seni Budaya. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 23–32.
Nihwan, M., & Munir, A. S. (2019). Modernisasi Pendidikan Pesantren Dalam Dinamika Wacana Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman.
Nikmah, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 3(2), 79–90.
Ningsih, W. (2017). Peran Stakeholder dalam mendukung Kesuksesan Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggul Tapaktuan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Noer, A., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21–38.
Nurseto, G., Lestari, W., & Hartono, H. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis, 4(2), 115–122.
Oktavia, R. (2020). Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah pada sekolah menengah pertama negeri di kecamatan hiliran gumanti kabupaten solok. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 596–605.
Oktiani, I. (2019). Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen Banyumas. IAIN.
Padil, P., & Nashruddin, N. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 25–36.
Pranoto, Y. H., Pranata, L., Surani, V., Ningsih, D. A., & Setiawan, R. B. (2019). Pendampingan Belajar Cemara: Solusi Belajar Bagi Anak Dan Solusi Pendampingan Belajar Bagi Orangtua Di Lorong Cemara Rt 006 Kelurahan Sukajaya. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 3(1), 29–36.
Pratama, Y. A. (2019). Integrasi pendidikan madrasah dalam sistem pendidikan nasional (Studi kebijakan pendidikan madrasah di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 95–112.
Priyatna, M. (2017). Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21.
Qibtiyah, M. (2017). Manajemen pendidikan Madrasah Aliyah binaan pesantren dalam pengembangan karakter peserta didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(1).
Rahmawati, R. F. (2016). Kaderisasi dakwah melalui lembaga pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1).
Ramzy, A. (2004). Mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama. Perta.
Rohman, M. A. A. (2018). Kompetensi pengawas PAI dan efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru madrasah tsanawiyah di Kabupaten Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02).
Rosyada, D. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Kencana.
Saikhotin, S. (2015). Pengembangan Pendidikan Pesantren Terpadu: Studi Integrasi Keilmuan Islam dan Keilmuan Umum dalam Format Full Day School Berbasis Pesantren. Jurnal Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 4(1).
Shobirin, A., & Hilmi, D. (2021). Implikasi manajemen program bahasa Arab dalam mencetak lulusan unggul. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 15–26.
Sugiana, A. (2019). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan implementasinya di MTs Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34.
Suraya, S., Haeril, H., & Kasman, K. (2021). PERAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (Studi pada Kepemimpinan Ibu Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bima). YUME: Journal of Management, 4(1).
Suryana, T. (2011). Konsep dan aktualisasi kerukunan antar umat beragama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 127–136.
Tamam, A. M. (2017). Islamic World View Paradigma Intelektual Muslim. Spirit Media Press.
Wardani, K. T. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan Belajar Spectrum. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2).
Wijaya, C. (2019). Supervisi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kerja Guru. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 65–76.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).