Rekontruksi Kegiatan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Inklusif Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Authors

  • Ismail Syakban Universitas Muhammadiyah Surakarta & Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat, Indonesia
  • Sekar Ayu Aryani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Riki Saputra Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6270

Keywords:

Inklusif, Pendidikan Islam, Universitas, Muhammadiyah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui rekonstruksi kegiatan al-Islam dan Muhammadiyah berbasis nilai-nilai pendidikan Islam inklusif di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk menjelaskan konsep Pendidikan Islam Multikultural dalam pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Hasil penelitian ini adalah (1) Pendidikan AIK dilaksanakan dengan dua model. Pertama, AIK merupakan kegiatan kurikuler yaitu sebagai mata kuliah. Kedua, AIK merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan di UM Sumatera Barat. (2) AIK Education senantiasa berupaya menjadi solusi terbaik bagi civitas UM Sumbar dalam menyelesaikan permasalahan yang mengatasnamakan kelompok tertentu. Internalisasi nilai-nilai multikulturalisme dalam setiap materi/kegiatan AIK baik dalam bentuk mata kuliah maupun kegiatan ekstrakurikuler. (3) Implementasi konsep inklusif dalam kegiatan AIK di UM Sumatera Barat dapat dilihat pada beberapa refleksi, a) Tercermin pada kurikulum pembelajaran yang digunakan lembaga studi AIK. b) Tercermin pada sikap dosen dan pegawai dalam melayani mahasiswa. c) Tercermin dalam pelaksanaan kegiatan akademik yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk mahasiswa dari berbagai kalangan.

References

Abdillah, Rijal. Analisis Teori Dehumanisasi Pendidikan Paulo Freire. Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2 (1), 1–21. 2017

Abdullah. Faiz Abib. Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Integratif Inklusif. Eduprof: Islamic Education Journal Volume 3 Nomor 2, P-ISSN: 2723-2034. 2001

Ahmad, S., & Miskon, S. (2019). The adoption of business intelligence systems in textile and apparel industry: Case studies. International Conference of Reliable Information and Communication Technology, 12–23.

Ainul Yaqin, M. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Pilar Media

Akhmad Said. Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Ta’limuna: Jurnal Pendidikan Islam. 2018

Amin, M. Abdul. 2005. Pendidikan Agama Era Multi Kultural Multi Religius. Jakarta: Muhammadiyah.

Anderson, Elizabeth S. "The Fundamental Disagreement between Luck Egalitarians and Relational Egalitarians." Canadian Journal of Philosophy 40, no. sup1: 2010.

Anwar, Chairil. 2011. Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah di Tengah Persaingan Nasional dan Global. Jakarta: Uhamka Press.

Araniri, Nuriddin. Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Pendidikan Agama Islam

Arbayah. Model Pembelajaran Humanistik. Jurnal: Dinamika Ilmu. 13 (2), 205. 2013

Arifin Syamsul. Konstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praktis Pendidikan Nilai, Jurnal Edukasi, 13 (2), 205. 2015: 203-205

Arifin, Muhammad. 2000. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Aryani, Sekar Ayu, Paper Mata Kuliah Pendidikan Multikultural, Nopember 2018

Asmuri. Pendidikan Multikultural (Telaah Terhadap Sistem Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, No. 1. Riau. 2016

Asy’ari, Musa dkk. 2018. Pedoman Penulisan Makalah Ilmiah, Makalah, Proposal dan Disertasi Program Doktor Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Pascasarjana UMS

Azra, Azyumardi. 1999. Renaisans Islam Asia Tenggara. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Bahri, Saiful. Multicultural Education In Islamic Education Philosophy Perspective. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 5. No 2. 2020

Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga.

Baidhawy, Zakiyuddin. 2008. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta, Erlangga

Banks, James A & Cherry A. Mc Gee Banks, “Multicultural Education, Issue and Perspectives (7th edition), USA, Wiley, 2010: 7

Banks, James. 1993. Multicultural Education: Historical Development, Dimension, and Practice. USA: Review of Research in Education.

Baqir, Muhammad Ash-Shadr. 2011. Problematika Sosial Dunia Modern. Yogyakarta: Rusyan Fikr Institute.

Budianto, Mellani. “Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural, Sebuah Gambaran Umum”, Jurnal Tsaqofah, Vol I, No 2, 2003

Chirzin, Muhammad. 2007. Belajar dari Kisah Kearifan Sahabat: Ikhtiar Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pilar Media

Dawam, Ainur Rafiq. 2003. Emoh Sekolah. Yogyakarta: Karya Pres

Gafur, Abdul Waryono. 2005. Tafsir Sosial: Mendialogkan Teks dengan Konteks. Yogyakarta: eLSAQ Press.

Horta, Oscar. "Discrimination in Terms of Moral Exclusion". Theoria. 76 (4), 2010.

Ibrahim. 2013. Pendidikan Multikultural. Surakarta: Universitas Nahdlatul Ulama (UNU)

Kartikawati, Dwi. The Implementation of Multicultural Educational Communication within the Islamic Education and Character Development (IECD) Subject at Elementary Schools in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. Vol 6. No 2. 2019

Langgulung, Hasan. 1993. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pusat al-Husna.

Locke, John. 1690. Second Treatise of Government, Indianapolis: Hackett.

Magnis, Franzs Suseno. 2007. Humanisme Religius Vs Humanisme Sekuler?,Dalam Buku Islam dan Humanisme. Yogyakarta: IAIN Walisongo Semarang & Pustaka Pelajar.

Majlis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2013. Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Yogyakarta: Majlis Dikti PP Muhammadiyah.

Mashadi. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Jakarta :Balai Litbang Agama.

Mu’ti A., dan Fajar R.U.H. 2009. Kristen Muhammadiyah: Konvergensi Muslim dan Kristen dalam Pendidikan. Jakarta: al Wasath.

Muh. Amin, Pendidikan multikultural, Jurnal Kajian Islam Kontemporer Volume 09, No. 1, Tahun 2018.

Muhaimin. 2011. Kata Pengantar dalam Pluralisme dan Multikulturalisme, Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhtadi, Mohammad. 2018. Pendidikan Humanistik dalam Perspektif Al-Qur’an. Disertasi. Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Institut PTIQ

Mulkhan, A. M. 2002. Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mulkhan, Abdul Munir. “Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol II, No 2, (Desember 2013): 235

Nasution, Harun. 2018. Teologi Islam. Jakarta: UI-Press.

Parsudi Suparlan. Kemajmukan Amerika: Dari Monokulturalisme ke Multikulturalisme, Jurnal Studi Amerika. Vol. 5. 1999

Qadir, Abdullah. Teori Belajar Humanistik dalam Mengingkatkan Prestasi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik. 04 (02), 2013

Quraish, M. Shihab. 1998. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Rois, Achmad. “Pendidikan Islam Multikultural-Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah”, Jurnal Episteme, Vol 8, No 2, Desember 2013: 302-321

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga Dan Masyarakat. Jakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Ruslani. 2000. Masyarakat Kitab dan Dialog Antaragama, Studi Atas Pemikiran Mohammed Arkoun. Yogyakarta: Bentang.

Saifullah, Walidin dan Tabrani. 2015. Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Pres

Santoso, Budi. dan Muhammad Muzakki. Pendidikan AIK Multikultural di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Saputra, Riki. Kajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dalam perspektif Filsafat Ilmu Keislaman. Menara Ilmu Vol. XIV no.01. 2020: 121

Saputra. 2020. Pengembangan Model Pendidikan Islam Dalam Multikultural. Riau: Pascasarjana UIN Riau.

Solichin, Mohammad Muchlis. 2019. Pendekatan Humanisme dalam Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara

Sugiharto, Bambang. 1996. Posmodernisme Tantangan Bagi Filsafat. Yogyakarta: kanisius.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Suparlan, P. Menuju Asyarakat Indonesia Yang Multikultural. Jounal Antropologi Indonesia. 2002

Suwito dan Fauzan. 2013. Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan, Bandung: Angkasa

Taofik, Imam dan Abdul Basit. Konsep Pendidikan Multikultural dilembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi Pemikiran Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed). Jurnal Misykat Al-Anwar. Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat. Vol 5. No 1. 2022

Thabrani, Gamal 2021. Pendidikan Inklusif: Pengertian, Tujuan, Dasar Hukum.

Thabrani, Gamal. Pendidikan Inklusif: Pengertian, Tujuan, Dasar Hukum dsb. 2021.

Tilaar, H.A.R. 2002. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Tim Kemenag RI. 2012. Panduan Integrasi Nilai Multikultur dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kirana Cakra Buana bekerjasama dengan Kementerian Agama RI, Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), TIFA Foundation dan Yayasan Rahima.

Towaf, Siti Malika. 1999. Pendekatan Kontekstual bagi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, dalam Fuaduddindan Cik Hasan Basri (ed.), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Waston dan Abdullah Aly. Pendidikan multikultural dalam perguruan tinggi Islam sebuah implementasi konseptual pemikiran James A. Banks. APPTMA. 2018

Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Nuansa Aksara

Yuwono, Imam. 2014. Indikator Pendidikan Inklusif. Banjarmasin: Zifatama Jawara

Zakiyah dan Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Setia Bandung

Zamroni. 2016. Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama

Published

30-11-2023

Citation Check