Peran Strategis Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Madrasah Di Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Khairul Anwar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Saiful Akhyar Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6263

Keywords:

Peran Strategis, Kepala Madrasah, Mutu Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran strategis Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dalam meningkatkan mutu kinerja madrasah di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini melibatkan pendekatan kualitatif yang mencakup analisis observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali peran strategis Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dalam meningkatkan mutu kinerja madrasah di Kabupaten Deli Serdang. Temuan utama menyoroti upaya kepala madrasah untuk mengubah visi dan misi madrasah dari sekadar formalitas menjadi pedoman yang memengaruhi kebijakan dan tindakan sehari-hari. Pentingnya strategi komunikasi yang inklusif, seperti melalui pertemuan langsung, media cetak, dan platform digital, tercermin dalam komitmen serius kepala madrasah untuk melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, peserta didik, dan orang tua. Dengan menyediakan pilihan saluran komunikasi yang beragam, kepala madrasah menciptakan dasar yang kokoh untuk memastikan penerimaan pesan dan partisipasi aktif dari seluruh anggota madrasah. Implikasi temuan ini adalah menegaskan pentingnya peran kepala madrasah sebagai pemimpin dan fasilitator kolaboratif dalam membentuk lingkungan kerja yang dinamis dan berdaya dorong. Dengan memfasilitasi komunikasi terbuka dan mempromosikan partisipasi aktif dari seluruh anggota madrasah, kepala madrasah memainkan peran kunci dalam mengarahkan upaya bersama untuk meningkatkan mutu kinerja madrasah di Kabupaten Deli Serdang.

References

Ali, H. M., & Habibatul, I. Y. (2021). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Mis Nurul Ulum 1 Muara Burnai II Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Oki. Manajemen Pendidikan Islam, 12(3–69), 424–431. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Aslamiyah, N., Supriyanto, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Kebijakan Pengambilan Keputusan Pimpinan Dilingkungan Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Kualitas Manajerial Pendidikan Formal. Attractive : Innovative Education Journal, 4(3), 150–165. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/

Dan, P., & Dalam, K. (1999). Pemimpin dan kepemimpinan dalam al-qur’an. Tanzil: Jurnal Studi Al Qur’an, 1(1), 29–35.

farida siti. (2019). Kepemimpinan kepala madrsah dalam persepektif manajemen pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 1–15.

Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(2), 1–17.

Hariyani, S., & Aksin. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 1 Takeran. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 199–208. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.478

Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 228–249. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471

Hidayat, W. (2003). Strategi Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah. 20, 168–184.

Kahfi, I. (2022). LEADERSHIP OF MADRASAH HEAD IN IMPROVING THE QUALITY OF. Pendidikan Jurnal Ibtidaiyah Madrasah, 5(1), 44–61.

Kartono, K. (2008). Pemimpin Dan Kepemimpinan. Rajawali Pers.

Lubis, S. A., Siahaan, A., & Siregar, N. A. R. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Dalam Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi. Jurnal Pendidikan Islam, 11(001), 58–70.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 103–117.

Muzakir, U. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena, IV(2), 130–145.

Nasihah, D., Fauzi, A., & Hanafi, H. (2023). Analisis Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru di MAN 2 Kota Cilegon. Journal on Education, 6(1), 7172–7185. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3960

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Agama Islam

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zen, W. L., & Zen, W. L. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. 1(1), 123–140

Published

29-12-2023