Peran Strategis Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Madrasah Di Kabupaten Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6263Keywords:
Peran Strategis, Kepala Madrasah, Mutu KinerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran strategis Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dalam meningkatkan mutu kinerja madrasah di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini melibatkan pendekatan kualitatif yang mencakup analisis observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali peran strategis Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dalam meningkatkan mutu kinerja madrasah di Kabupaten Deli Serdang. Temuan utama menyoroti upaya kepala madrasah untuk mengubah visi dan misi madrasah dari sekadar formalitas menjadi pedoman yang memengaruhi kebijakan dan tindakan sehari-hari. Pentingnya strategi komunikasi yang inklusif, seperti melalui pertemuan langsung, media cetak, dan platform digital, tercermin dalam komitmen serius kepala madrasah untuk melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, peserta didik, dan orang tua. Dengan menyediakan pilihan saluran komunikasi yang beragam, kepala madrasah menciptakan dasar yang kokoh untuk memastikan penerimaan pesan dan partisipasi aktif dari seluruh anggota madrasah. Implikasi temuan ini adalah menegaskan pentingnya peran kepala madrasah sebagai pemimpin dan fasilitator kolaboratif dalam membentuk lingkungan kerja yang dinamis dan berdaya dorong. Dengan memfasilitasi komunikasi terbuka dan mempromosikan partisipasi aktif dari seluruh anggota madrasah, kepala madrasah memainkan peran kunci dalam mengarahkan upaya bersama untuk meningkatkan mutu kinerja madrasah di Kabupaten Deli Serdang.
References
Ali, H. M., & Habibatul, I. Y. (2021). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Mis Nurul Ulum 1 Muara Burnai II Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Oki. Manajemen Pendidikan Islam, 12(3–69), 424–431. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Aslamiyah, N., Supriyanto, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Kebijakan Pengambilan Keputusan Pimpinan Dilingkungan Pondok Pesantren untuk Meningkatkan Kualitas Manajerial Pendidikan Formal. Attractive : Innovative Education Journal, 4(3), 150–165. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Dan, P., & Dalam, K. (1999). Pemimpin dan kepemimpinan dalam al-qur’an. Tanzil: Jurnal Studi Al Qur’an, 1(1), 29–35.
farida siti. (2019). Kepemimpinan kepala madrsah dalam persepektif manajemen pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 1–15.
Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(2), 1–17.
Hariyani, S., & Aksin. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 1 Takeran. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 199–208. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.478
Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 228–249. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471
Hidayat, W. (2003). Strategi Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah. 20, 168–184.
Kahfi, I. (2022). LEADERSHIP OF MADRASAH HEAD IN IMPROVING THE QUALITY OF. Pendidikan Jurnal Ibtidaiyah Madrasah, 5(1), 44–61.
Kartono, K. (2008). Pemimpin Dan Kepemimpinan. Rajawali Pers.
Lubis, S. A., Siahaan, A., & Siregar, N. A. R. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Dalam Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi. Jurnal Pendidikan Islam, 11(001), 58–70.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 103–117.
Muzakir, U. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena, IV(2), 130–145.
Nasihah, D., Fauzi, A., & Hanafi, H. (2023). Analisis Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru di MAN 2 Kota Cilegon. Journal on Education, 6(1), 7172–7185. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3960
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Agama Islam
Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Zen, W. L., & Zen, W. L. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. 1(1), 123–140
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khairul Anwar, Saiful Akhyar Lubis, Amiruddin Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).