Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam Masa Depan Berbasis iPad Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Islam Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6181Keywords:
Sekolah Islam Masa Depan, Al-Azahar Asyarif, Pendidikan Agama Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kepraktisan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan keefektifan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa SMA Islam Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara. Subjek penelitian ditetapkan berdasarkan kebutuhan pengembangan desain pembelajaran. Produk yang didesain divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan. Dalam penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran buku guru dan buku siswa yang telah divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan. Rata-rata skor validasi untuk buku guru adalah 3,46 kategori layak dan rata-rata skor validasi untuk buku siswa adalah 3,48 kategori layak. Untuk pengujian kelayakan terhadap buku siswa, kelompok kecil dan kelompok besar yaitu 0,85 kategori sangat layak, untuk tingkat kepraktisan 3,29 kategori praktis sehingga dengan demikian produk pengembangan ini praktis untuk digunakan dalam pembelajaran, untuk efektivitas dinilai efektiv terbukti melalui pengujian statistik t-test di mana peroleh harga t hitung 4,26 lebih tinggi dari pada t tabel 1,99 dengan N-Gain 0,38 kategori sedang.
References
Abdurrahman Saleh Abdullah, 1990. Educational Theory Qur’anic Outlook. Alihbahasa; M. Arifin dan Zainuddin, Jakarta; Rineka Cipta.
Ahmad Arifai, 2019. Pengembangan Kurikulum Masa Depan, Jurnal: Raudhah Volume 4 Nomor 2.
Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1-22.
Gunawan, G., Nur, W., & Mardianto, M. (2023). Analisis Tingkat Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Welt Pada Politeknik Negeri Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).
Harold G. Shane, 2022. Arti Pendidikan Bagi Masa Depan. Alihbahasa: M. Ansyar (Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Herdah, H., Saepudin, S., Mulya, D., Maghfirah, N., & Nuraisyah, T. (2020). Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab.
Irsan Habsyi dan Iswadi M. Ahmad. Pendidikan Dan Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Masa Depan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol. 3. No. 2. Juli 2022. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/ index.php/ jupek/ article/ view/367
Kamsi, N., Safitri, M., & Roybah, R. (2021). Pendidikan dan Masa Depan: Tingkat Kesadaran Masyarakat Tentang Pendidikan di Kelurahan Rahma. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 75-91.
Karim Abdillah dan Tasman Hamami, Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia, Jurnal: Al-Ilm, Vol. 4 No. 1 2021. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/895
Koderi, Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media iPAD (e-Learning), Jurnal; Al-Bayan Vol. 14 No. 2 Tahun 2022. https://www.neliti.com/id/publications/ 74334/ pembelajaran-bahasa-arab-berbasis-media-ipad-i-learning
Muhammad Al-Fatih, Alfieridho, Fazli Abdillah, Filma Muhazri Sembiring, dan Hasana Fadilla, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Jurnal: Edumaspul Vol. 6, No. 1 2022. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2260
Mukminan, 2015. Kurikulum Masa Depan. Makalah Disajikan Pada Seminar dan Kuliah Tamu Dengan Tema“Pembelajaran Modern†Diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Senin, 16 Februari.
Nasirudin, N. (2022). SEKOLAH MASA DEPAN BERBASIS EKONOMI KREATIF:(Mengelola Sekolah dengan Hati dan Rasa). Blended Learning, 2(2).
Nurbaity, A. L., & Dewi, D. A. (2021). Paradigma Baru Bagi Pendidikan Masa Depan Indonesia. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 15-24.
Moedjiarto, 2002. Sekolah Unggul, Surabaya: Duta Graha Pustaka.
Omar Muhammad al-Toumy Al-Syaibany, 1984. Falsafah Pendidikan Islam, Alihbahasa: Hassan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.
Rasyid, H. (2015). Membangun generasi melalui pendidikan sebagai investasi masa depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
Ratri Pratiwi. 2013. Pengaruh Globalisasi Dalam Pendidikan Berwawasan Global, Yokyakarta; Triharjo Wates.
Rinawati, A. (2015). Transformasi pendidikan untuk menghadapi globalisasi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1).
Ricky Mallisa dan Anggel Rani. Peran Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia Pada Masa Revolusi Industri 4.0. Jurnal: Pendidikan Volume 7 Nomor 2 Tahun 2022. https://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/ article/view/26
Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 21-33.
Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Adyan, Rusydi Ananda, Salim Salim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).