Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam Masa Depan Berbasis iPad Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Islam Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara

Authors

  • Muhammad Adyan Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Rusydi Ananda Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Salim Salim Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6181

Keywords:

Sekolah Islam Masa Depan, Al-Azahar Asyarif, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk menganalisis  kelayakan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kepraktisan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan  keefektifan pengembangan kurikulum sekolah Islam masa depan berbasis iPad pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D yang dikembangkan oleh  Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa SMA Islam Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara. Subjek penelitian ditetapkan berdasarkan kebutuhan pengembangan desain pembelajaran. Produk yang didesain divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan.  Dalam penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran buku guru dan buku siswa yang telah divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan. Rata-rata skor validasi untuk buku guru adalah 3,46 kategori layak dan rata-rata skor validasi untuk buku siswa adalah 3,48 kategori layak. Untuk pengujian kelayakan terhadap buku siswa, kelompok kecil dan kelompok besar yaitu 0,85 kategori sangat layak, untuk tingkat kepraktisan 3,29  kategori praktis sehingga dengan demikian  produk pengembangan ini praktis untuk digunakan dalam pembelajaran, untuk efektivitas dinilai efektiv terbukti melalui pengujian statistik t-test di mana peroleh harga t hitung  4,26 lebih tinggi dari pada t tabel 1,99 dengan N-Gain 0,38 kategori sedang.

References

Abdurrahman Saleh Abdullah, 1990. Educational Theory Qur’anic Outlook. Alihbahasa; M. Arifin dan Zainuddin, Jakarta; Rineka Cipta.

Ahmad Arifai, 2019. Pengembangan Kurikulum Masa Depan, Jurnal: Raudhah Volume 4 Nomor 2.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1-22.

Gunawan, G., Nur, W., & Mardianto, M. (2023). Analisis Tingkat Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Welt Pada Politeknik Negeri Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).

Harold G. Shane, 2022. Arti Pendidikan Bagi Masa Depan. Alihbahasa: M. Ansyar (Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Herdah, H., Saepudin, S., Mulya, D., Maghfirah, N., & Nuraisyah, T. (2020). Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab.

Irsan Habsyi dan Iswadi M. Ahmad. Pendidikan Dan Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Masa Depan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK) Vol. 3. No. 2. Juli 2022. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/ index.php/ jupek/ article/ view/367

Kamsi, N., Safitri, M., & Roybah, R. (2021). Pendidikan dan Masa Depan: Tingkat Kesadaran Masyarakat Tentang Pendidikan di Kelurahan Rahma. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 75-91.

Karim Abdillah dan Tasman Hamami, Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia, Jurnal: Al-Ilm, Vol. 4 No. 1 2021. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/895

Koderi, Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media iPAD (e-Learning), Jurnal; Al-Bayan Vol. 14 No. 2 Tahun 2022. https://www.neliti.com/id/publications/ 74334/ pembelajaran-bahasa-arab-berbasis-media-ipad-i-learning

Muhammad Al-Fatih, Alfieridho, Fazli Abdillah, Filma Muhazri Sembiring, dan Hasana Fadilla, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Jurnal: Edumaspul Vol. 6, No. 1 2022. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2260

Mukminan, 2015. Kurikulum Masa Depan. Makalah Disajikan Pada Seminar dan Kuliah Tamu Dengan Tema“Pembelajaran Modern†Diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Senin, 16 Februari.

Nasirudin, N. (2022). SEKOLAH MASA DEPAN BERBASIS EKONOMI KREATIF:(Mengelola Sekolah dengan Hati dan Rasa). Blended Learning, 2(2).

Nurbaity, A. L., & Dewi, D. A. (2021). Paradigma Baru Bagi Pendidikan Masa Depan Indonesia. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 15-24.

Moedjiarto, 2002. Sekolah Unggul, Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Omar Muhammad al-Toumy Al-Syaibany, 1984. Falsafah Pendidikan Islam, Alihbahasa: Hassan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.

Rasyid, H. (2015). Membangun generasi melalui pendidikan sebagai investasi masa depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Ratri Pratiwi. 2013. Pengaruh Globalisasi Dalam Pendidikan Berwawasan Global, Yokyakarta; Triharjo Wates.

Rinawati, A. (2015). Transformasi pendidikan untuk menghadapi globalisasi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1).

Ricky Mallisa dan Anggel Rani. Peran Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia Pada Masa Revolusi Industri 4.0. Jurnal: Pendidikan Volume 7 Nomor 2 Tahun 2022. https://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/ article/view/26

Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 21-33.

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Downloads

Published

30-11-2023

Citation Check