THE URGENCY OF LEARNING CITIZENSHIP EDUCATION IN HIGHER COLLEGE IN FORMING DEMOCRATIC ATTITUDES IN STUDENTS

Authors

  • Andrian Andrian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v13i02.6156

Keywords:

Citizenship Education, Higher Education, Democratic Attitudes

Abstract

This study aims to describe the urgency of learning civics education in tertiary institutions in forming democratic attitudes in students. This research uses a qualitative approach with a literature study method. Data sources are taken from credible pages, including Sinta and Google Scholar. The results of this study indicate that civic education helps shape the morality of university-level students by covering three aspects. Namely, the first is the moral concept, which includes awareness of democratic life, understanding of democratic material, appreciation of the benefits of democracy, happy reasons and democratic practices, and self-introspection in democracy. Second, moral attitudes include a sense of freedom of life, freedom of opinion, empathy for others, pleasure in deliberations, self-control of freedom, and upholding and respecting the views of others. Third, moral behavior includes respecting democratic life, the will to live in a democracy, and the habit of being democratic with others.

References

Al Fatha, K., Kurniawan, M. B., & Assingkily, M. S. (2023). “Character Education in Islam” Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 2(2), 257-262. https://zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/170.

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Assingkily, M. S., Arif, M., Marhumah, M., & Putro, K. Z. (2021). “Living Qur’an dan Hadis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Perspektif Teori Thomas Lickona” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 11-24. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/9828.

Dewi, D. A., & Ulfiah, Z. (2021). “Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 499-506. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34152.

Eriyanti, F. (2006). “Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Aplikasi Teori Emile Durkheim tentang Moralitas dan Pendidikan Moral” Jurnal Demokrasi, 5(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jd/article/view/1080.

Erlina, T. (2019). “Membangun Karakter Ke-Indonesiaan Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Era Global” Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 153-162. https://ejournal.upi.edu/index.php/factum/article/view/21612.

Firmansyah, S., & Sulistiawan, H. (2017). “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Nilai Moral yang Terkandung dalam Materi Demokrasi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 58-65. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/511.

Irayanti, I., & Komalasari, K. (2023). “Membangun Etika Kewarganegaraan Global Melalui Karakter Moral Pancasila: Analisis Konseptual” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 21-34. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/15945.

Juliardi, B. (2015). “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan” Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3. https://core.ac.uk/download/pdf/267824621.pdf.

Kurniati, P., Putra, H. M., Komara, L. S., Wibianika, H., & Setiansyah, R. (2021). “Budaya Kewarganegaraan, Praktek Kewarganegaraan dan Pendidikan untuk Kewarganegaraan Demokratis” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 107-115. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/2852.

Muhibbin, A., & Sumarjoko, B. (2016). “Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Isu-isu Kontroversial di Media Massa untuk Meningkatkan Sikap Demokrasi Mahasiswa dan Implikasinya bagi Masyarakat Madani” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 1-10. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2035.

Mulyono, B. (2017). “Reorientasi Civic Disposition dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Membentuk Warga Negara yang Ideal” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218. https://www.academia.edu/download/73282789/pdf.pdf.

Nanggala, A. (2020). “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural” Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197-210. https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/354.

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). “Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan” Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10-23. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/4545.

Nasozaro, H. O. (2019). “Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan” Warta Dharmawangsa, 13(4). http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/504.

Nasution, A. R. (2016). “Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia Melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 8(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/5167.

Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). “Implementasi Blended Learning untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 90-101. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/6168.

Setiawan, D. (2014). “Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 61-72. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/2285.

Suardi, S., & Fachria, E. (2018). “Studi Korelasi Antara Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Sikap Demokratis Mahasiswa” Jurnal Ilmiah Publipreneur, 6(1), 1-8. https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/JIP/article/view/81.

Sulianti, A., Arifin, S., & Sakdiyah, H. (2021). “Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Moral Melalui Pembelajaran Demokrasi” Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 1-8. https://pdfs.semanticscholar.org/7dfd/9d337a707f3fd51fe124b3d508ed2ca0f631.pdf.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa” Jurnal PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1). http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/504.

Downloads

Published

31-05-2024

Citation Check