Pengembangan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah dalam Perspektif Anti Radikalisme

Authors

  • Neno Hamriono Jakarta Islamic University Indonesia, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Jakarta Islamic University Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6136

Keywords:

Curriculum, Madrasah, Students, Anti-Radicalism

Abstract

Radikalisme masih menjadi persoalam serius di Indonesia. Remaja sebagai agensi perubahan memiliki kecenderungan lebih kuat dan kemungkinan lebih besar untuk terlibat dalam gerakan sosial radikal dibandingkan dengan orang dewasa. Sejumlah peristiwa radikalisme dan bahkan terorisme yang terjadi di Indonesia telah membuktikan keterlibatan  anak muda. Implementasi internalisasi nilai-nilai anti radikalisme pada peserta didik tidak harus  disajikan sebagai pembelajaran mata pelajaran atau pokok  bahasan tersendiri, tetapi terintegrasi ke dalam seluruh proses pembelajaran mata pelajaran, kegiatan pengembangan diri, dan kegiatan pembiasaan di sekolah. Oleh karena itu, guru dan stake holder lainnya  di sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai anti-radikalisme ke dalam kurikulum  sekolah.

References

Harahap, S. (2017). Upaya Kolektif Mencegah Radikalisme dan Terorisme.

Hasbiyallah Dkk, Deradikalisasi Islam Indonesia; Studi Pemikiran Islam Nahdlatul Ulama Laporan Penelitian Kelompok. Bandung; Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2016

Haddad, M., Menchetti, M., McKeown, E., Tylee, A., & Mann, A. 2015. “The development and psychometric properties of a measure of clinicians’ attitudes to depression: the revised Depression Attitude Questionnaire (R-DAQ) “. BMC Psychiatry. 15(7): 2-12

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam "Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia". Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Kartodirdjo, Sartono. 2005. Ratu Adil. Jakarta: Sinar Harapan

Muhammad Najib Azca. 2013. Yang Muda, Yang Radikal: Refleksi Sosiologis Terhadap Fenomena Radikalisme Kaum Muda Muslim di Indonesia Pasca Orde Baru. Jurnal MAARIF. Arus Pemikiran Islam Dan Sosial, Vol. 8 No 1. Juli 2013. Hal 14-44.

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of COVID-19 in Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory (TEP). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6 (2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i 2.5272.

Published

12-02-2024

Citation Check