Relevansi UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Dalam Diversitas Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6132Keywords:
Diversitas, Islam, Kebijakan, Pendidikan, SisdiknasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui relevansi pendidikan Islam dalam UU No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas) dan mengetahui implikasinya terhadap kemajuan pendidikan agama Islam di Indonesia. Penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil uraian pembahasan maka dapat disimpulkan berikut 1) Kebijalan pendidikan Islam dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional menunjukan bahwa eksistensi pendidikan Islam dalam UU No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas) secara eksplisit diimplementasikan sebagai lembaga pendidikan, materi pelajaran, dan nilai-nilai agama Islam; 2) Faktor yang berpengaruh terhadap proses formulasi kebijakan adalah adanya pengaruh tekanan-tekanan dari luar, adanya pengaruh kebiasaan amal, adanya pengaruh dari kelompok luar dan adanya pengaruh keadaan masal lalu
References
Albdul Maljid. (2018). Alnallisis Kebijalkaln Pendidikaln. Yogyalkalrtal: Salmuderal Biru.
Albdullalj. (2018). Ilmu Pendidikaln Islalm. Malkalsalr: Allaluddin University Press.
Aldialn Husalini. (2013). Filsalfalt Ilmu Perspektif Balralt daln Islalm. Jalkalrtal: Gemal Insalni.
Alhmald Dalrlis. (2017). Islalm sebalgali palraldigmal ilmu pendidikaln, Jurnall Talrbiyalh, Vol. XXIV, No. 1. 2017.
Almirudiin. (2017). Dinalmikal Lembalgal Pendidikaln Tinggi Islalm Di Indonesial, MIQOT: Jurnall Ilmu-ilmu Keislalmaln, Vol. 41, No. 1. 2017.
Alyubal Al. Alminu, Chalrals Maldu Tellal, Palul Y. Mbalyal, Public Policy Formulaltion alnd Implementaltion in Nigeria. (2012). Public Policy alnd Aldministraltion Resealrch, Vol. 2, No. 5.
Falthul Jalnnalh. (20130. Pendidikaln islalm dallalm sistem pendidikaln nalsionall, Vol. 13, No. 2.
H.Al.R. Tilalalr daln Rialnt Nugroho. (2009). Kebijalkaln Pendidikaln: Pengalntalr Untuk Memalhalmi Kebijalkaln Pendidikaln daln Kebijalkaln Pendidikaln sebalgali Kebijalkaln Publik, Yogyalkalrtal: Pustalkal Pelaljalr.
H.M. Halsbullalh. (2015). Kebijalkaln Pendidikaln Dallalm Perspektif Teori, Alplikalsi, daln Kondisi Objektif Pendidikaln di Indonesial. Jalkalrtal: Raljalwalli Pers.
Halidalr Putral Dalulaly. (2022). Visi, Misi, Tujualn Daln Fungsi Pendidikaln Islalm, Jurnall Ilmialh All-haldi. Vol. 6, no. 1.
Halsbullalh. (2015). Kebijalkaln Pendidikaln: Dallalm Perspektif Teori, Alplikalsi, daln Kondisi Objektif Pendidikaln di Indonesial. Jalkalrtal: PT RaljalGralfindo Persaldal.
Khoirul Hudal. (2016). Problemaltikal Maldralsalh Dallalm Meningkaltkaln Mutu Pendidikaln Islalm, Jurnall Dinalmikal Penelitialn, Vol. 16, No. 2.
Malrdallis. (2020). Metode Penelitialn. Jalkalrtal: Bumi Alksalral.
Mochtalr Mals’oed. (2015). Ekonomi daln Struktur Politik Orde Balru 1966-1971. Jalkalrtal: LP3ES: 2015
Mohalmmald Emnis Alnwalr. (2014). Menelusuri Kebijalkaln Pendidikaln Islalm di Indonesial, Edukalsi Islalmi: Jurnall Pendidikaln Islalm, Vol. 03.
Mohalmmald Emnis Alnwalr. (2014). Menelusuri Kebijalkaln Pendidikaln Islalm di Indonesial, Edukalsi Islalmi: Jurnall Pendidikaln Islalm, Vol. 03, Jalnualri 2014
Mudjial Ralhalrdjo. (2010). Pemikiraln Kebijalkaln Pendidikaln Kontemporer. Mallalng: UIN Malliki Press.
Nalnalng Faltalh. (2013). Alnallisis Kebijalkaln Pendidikaln. Balndung: Remaljal Rosdalkalryal.
Nalzir. (2015). Metode Penelitialn. Jalkalrtal : Ghallial Indonesial.
Palolo Fralire. (2015). Politik Pendidikaln; Kebudalyalaln, Kekualsalalaln daln Pembebalsaln, Penerjemalh Algung Prihalntoro daln Fuald Alrif Fudialrtalnto. Yogyalkalrtal: Pustalkal Pelaljalr.
Rialnt Nugroho daln HAlR Tilalalr. (2012). Kebijalkaln Pendidikaln. Yogyalkalrtal: Pustalkal Pelaljalr.
Syaliful Syalgallal. (2008). Aldministralsi Pendidikaln Kontemporer. Balndung: Allfalbetal.
Syed Halbibul Halq Naldwi. (2008). Dinalmikal Islalm, terj. Alsep Hikmalt. Balndung: Risallalh.
Undalng-Undalng Nomor 20 Talhun 2003 tentalng Sistem Pendidikaln Nalsionall
Vebrialnto. (2000). Sosiologi Pendidikaln. Yogalkalrtal : Alndi Offest.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).