Inovasi Kurikulum Tahfizhul Qur’an Studi Multi Situs Pondok Pesantren di Sumatera Utara

Authors

  • Zulkipli Nasution UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Syamsu Nahar UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Halimah UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.6128

Keywords:

Kata Kunci, Inovasi, Kurikulum, Tahfizhul Qur’an dan Pondok Pesantren.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan persamaan dan perbedaan inovasi tujuan, materi, strategi/metode media dan evaluasi kurikulum Tahfizhul Quran di tiga pondok pesantren Sumatera Utara yang dianalisis dengan menggunakan analisis multi situs pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bersifat kualitatif. Proses penggalian data secara holistik baik dengan cara wawancara secara mendalam dengan serangkaian pertanyaan, observasi berupa pengamatan, serta pengumpulan dokumen dengan tujuan untuk mendapatkan data yang benar dan sahih terkait dengan tema penelitian tentang inovasi kurikulum Tahfizhul Quran di Sumatera Utara. Hasil Penelitian ini menunjukkan Ada 5 (lima) temuan yang menjadi hasil penelitian ini. Pertama: Inovasi dari sisi tujuan Tahfizhul Qur’an Pondok Pesantren di Sumatera Utara terkait pendidikan (akademis), karir dan ukhrawi, Kedua: Inovasi dari sisi materi Tahfizhul Qur’an Pondok Pesantren di Sumatera Utara target hafalan sesuai dengan jumlah juz juga Tahsin Alquran, Ketiga: Inovasi dari sisi strategi/metode Tahfizhul Qur’an Pondok Pesantren di Sumatera Utara bervariasi ada yang menggunakan strategi/metode Wahdah, Kitabah, Sima’i, Tahfidz, Talaqqi, Taqrir, Tasmi’, Muraja’ah dan bahkan memadukan atau menggabungkan beberapa strategi/metode. Keempat: Inovasi dari sisi media Tahfizhul Qur’an Pondok Pesantren di Sumatera Utara yaitu Alquran Khusus/Istimewa, meja Tahfizh, papan tulis, dan murattal Alquran. Kelima: Inovasi dari sisi evaluasi Tahfizhul Qur’an Pondok Pesantren di Sumatera Utara bahwa evaluasi Tahfizh dilakukan bervariasi sesuai dengan kebijakan yang berlaku, selain itu setiap selesai satu juz dilakukan ujian yaitu Mukammal.

 

References

Abbas Pulungan. 2020. “Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing: Pesantren Terbesar Di Sumatera Utara Berdiri Tahun 1912.†In . Medan: Perdana Publishing.

Abdul Ajiz bin Abdullah bin Muhammad as-Sadhan. 2010. “Cara Cepat Membaca, Memahami Dan Menghafal al-Qur’an.†In . Jakarta : Pustaka Zeedny.

Abdul Aziz Abdul Rauf. 2015. “Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al-Qur’an Da’iyah: Menghafal Al-Qur’an Itu Mudah.†In . Bandung: PT. Syaamil Cipta Media.

Abdullah Idi. 2010. “Pengembangan Kurikulum. Teori Dan Praktek.†In . Yogyakarta: ar-Ruzz Media.

Abdurrahman Saleh Abdullah. 2007. “Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an.†In . Jakarta: Rineka Cipta.

Abuddin Nata. 2009. “Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran.†In . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cece Abdulwaly. 2019. “60 Godaan Penghafal Al-Qur’an Dan Solusi Mengatasinya.†In . Sukabumi: Farha Pustaka,.

Fauzan Yayan. 2015. “Quantum Tahfidz Metode Cepat Dan Mudah Menghafal Al-Qur’an.†In . Jakarta: Erlangga.

Iwan Hermawan. Dkk. 2020. “Modernisasi Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Yayasan Al-Wustho Pabuaran Subang.†Jurnal Kependidikan Islam 10 (2).

Lebyana Norma Belinda dkk. 2018. “Penggunaan Media Pembelajaran Papan Tulis Interaktif Di Kelas Pada Abad 21.†Jurnal Lensa Pendas, no. 8: 1.

Muhammad Nur Hakim dan Mohammad Tholhah Hasan. 2019. “Inovasi Kurikulum Pendidikan SMA Darul Ulum 2 Di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.†Al Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (2).

Muhammad Rasyidi. 2019. “Inovasi Kurikulum Madrasah Aliyah.†Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13 (1).

Mursal Aziz. 2019. “Implementasi Kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah Dalam Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah Di Sumatera Utara.†Disertasi Pascasarjana UIN SU Medan.

Nur Muslimin. 2016. “Inovasi Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus Di MTsN Watulimo)â€.†Dalam TA’ALLUM 4 (1).

Nurul Qomariah dan Mohammad Irsyad. 2016. “Metode Cepat & Mudah Agar Anak Hafal Al-Qur’an.†In . Yogyakarta: Semesta Hikmah.

Pitriani Nasution dkk. 2023. “Kualitas Layanan Pondok Pesantren Modern Dan Rumah Tahfidz Al-Ikhwan Assalam†dalamTransformasi Manageria.†Journal of Islamic Education Management, 3 (1).

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2015. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru.†In . Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2007. “Memahami Penelitian Kualitatif, Dilengkapi Dengan Contoh Proposal Dan Laporan Penelitian.†In . Bandung: Alfabeta.

———. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.†In . Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 1989. “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.†In . Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsu Nahar. 2020. “Komunikasi Edukatif Orangtua Dan Anak Dalam Alquran: Kajian Tafsir Tarbawi.†In . Indramayu: Penerbit Adab.

Wina Sanjaya. 2008. “Kurikulum Dan Pembelajaran (Teoritik Dan Praktik Kurikulum KTSP).†In . Jakarta: Prenada Media Group.

Wiwi Alawiyah Wahid. 2014. “Cara Cepat Bisa Menghafal Al Qur’an.†In . Yogyakarta: Diva Press.

Yahya Bin Abdurrazaq al-Ghautsani. 2011. “Cara Mudah Dan Cepat Menghafal Al-Quran,.†In . Jakarta: Pustaka Imam as-Syafi’I.

Zainal Arifin. 2012. “Evaluasi Pembelajaran.†In . Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Zakiyah Drajat, dkk,. 2013. “Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam.†In . Jakarta : Bumi Askara.

Published

30-11-2023

Citation Check