Penerapan Pendidikan Akhlak Melalui Kajian Kitab Taklim Al-Muta’alim: Studi Kasus di Pesantren At-Taufiqiyah Sukabumi, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4550Keywords:
Taklim Al-Muta’alim, Pesantren, Remaja, Pendidikan AkhlakAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kajian kitab Taklim Al-Muta’alim di lingkungan pesantren kaitannya dengan upaya menanggulangi krisis akhlak di kalangan remaja. Seperti diketahui bahwa remaja adalah generasi yang menentukan eksistensi bangsa kedepan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pesantren At-Taufiqiyah telah mengajarkan kitab Taklim Al-Muta’alim dan mengontekstualisasikan nilai-nilai akhlak dalam kitab tersebut dengan perilaku remaja saat ini. Pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta'limul Muta'allim Thariq Al-Ta'allum karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji memiliki enam kriteria yaitu 1) Niat dalam belajar. 2) Memilih ilmu, guru dan teman. 3) Memuliakan ilmu dan ahli. 4) Kesungguhan dalam Mencari Ilmu, beristiqamah, dan cita-cita luhur. 5) Tawakal. 6) Wara.Â
References
Al-Ghazali. (2008). Ihya‟ Ulumiddin Juz 3. Darul Fikr.
Fadhlurrahman, F., Falikah, T. Y., Nuryana, Z., Nur Ihsan, R. A., Putri, A. K., & Roihanah, R. (2022). Concept of Islamic Character Education According to The Thoughts of Khalid Bin Hamid Al-Hazami And Hasyim Ali Al-Ahdal. At-Ta’dib, 17(2), 254. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8808
Haidar Putra Daulay, Zaini Dahlan, Muhammad Ilham Syahputra, M. S. A. (2021). Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum Karya Syaikh Burhanuddin Az -Zarnuji. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(3), 129–132. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jurkam/article/download/631/432/
Hasanah, A. (2012). Pendidikan Karakter Berspektif Islam. Insan Komunika.
Hidayat, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Burhanul Islam Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’Lim Muta’Alim. Aksioma Ad-Diniyah, 8(1), 139–158. https://doi.org/10.55171/jad.v8i1.415
Ibnu Hajar Al-Asqalani. (n.d.). Fathul Bari. Maktabah Salafiyah.
Khalid bin Hamid al-Hazimi. (2000). Ushulu at-Tarbiyah al-Islamiyyah. Daarul ‘Alam al-Kutub.
Mahsun, M., & Maulidina, D. W. (2019). Konsep Pendidikan dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syekh Al-Zarnuji dan Kitab Washoya Al-Aba’ Lil-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(2), 164. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i2.438
Muslih, I. (2018). Membangun Akhlaq Santri Melalui Kajian Kitab Ta’Limul Muta’Allim. Prosiding Seminar Nasional Islam Moderat, 1, 187–195.
Nyayu Soraya, Maryam, S. Z. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL AKHLAK MASYARAKAT MELAYU. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 90–99.
Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9950(December), 249–267.
Rahman, A. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. At Ta’Dib, 11(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.647
Rika, Fahrudin, dan E. S. (2020). Pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim al - muta’allim dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Taklim:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 23–36. https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim/article/view/32816/14146
Rusn, A. I. (2009). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cv Alfabeta.
Walliman, N. (2011). Research Methods: The Basic. Tylorand and Francis Group.
Yaqub, H. (1983). Etika Islam (2nd ed.). Diponegoro.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).