Penerapan Pendidikan Akhlak Melalui Kajian Kitab Taklim Al-Muta’alim: Studi Kasus di Pesantren At-Taufiqiyah Sukabumi, Jawa Barat

Authors

  • Titim Fatimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4550

Keywords:

Taklim Al-Muta’alim, Pesantren, Remaja, Pendidikan Akhlak

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kajian kitab Taklim Al-Muta’alim di lingkungan pesantren kaitannya dengan upaya menanggulangi krisis akhlak di kalangan remaja. Seperti diketahui bahwa remaja adalah generasi yang menentukan eksistensi bangsa kedepan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pesantren At-Taufiqiyah telah mengajarkan kitab Taklim Al-Muta’alim dan mengontekstualisasikan nilai-nilai akhlak dalam kitab tersebut dengan perilaku remaja saat ini. Pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta'limul Muta'allim Thariq Al-Ta'allum karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji memiliki enam kriteria yaitu 1) Niat dalam belajar. 2) Memilih ilmu, guru dan teman. 3) Memuliakan ilmu dan ahli. 4) Kesungguhan dalam Mencari Ilmu, beristiqamah, dan cita-cita luhur. 5) Tawakal. 6) Wara. 

References

Al-Ghazali. (2008). Ihya‟ Ulumiddin Juz 3. Darul Fikr.

Fadhlurrahman, F., Falikah, T. Y., Nuryana, Z., Nur Ihsan, R. A., Putri, A. K., & Roihanah, R. (2022). Concept of Islamic Character Education According to The Thoughts of Khalid Bin Hamid Al-Hazami And Hasyim Ali Al-Ahdal. At-Ta’dib, 17(2), 254. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8808

Haidar Putra Daulay, Zaini Dahlan, Muhammad Ilham Syahputra, M. S. A. (2021). Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum Karya Syaikh Burhanuddin Az -Zarnuji. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(3), 129–132. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jurkam/article/download/631/432/

Hasanah, A. (2012). Pendidikan Karakter Berspektif Islam. Insan Komunika.

Hidayat, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Burhanul Islam Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’Lim Muta’Alim. Aksioma Ad-Diniyah, 8(1), 139–158. https://doi.org/10.55171/jad.v8i1.415

Ibnu Hajar Al-Asqalani. (n.d.). Fathul Bari. Maktabah Salafiyah.

Khalid bin Hamid al-Hazimi. (2000). Ushulu at-Tarbiyah al-Islamiyyah. Daarul ‘Alam al-Kutub.

Mahsun, M., & Maulidina, D. W. (2019). Konsep Pendidikan dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syekh Al-Zarnuji dan Kitab Washoya Al-Aba’ Lil-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(2), 164. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i2.438

Muslih, I. (2018). Membangun Akhlaq Santri Melalui Kajian Kitab Ta’Limul Muta’Allim. Prosiding Seminar Nasional Islam Moderat, 1, 187–195.

Nyayu Soraya, Maryam, S. Z. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL AKHLAK MASYARAKAT MELAYU. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 90–99.

Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9950(December), 249–267.

Rahman, A. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. At Ta’Dib, 11(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.647

Rika, Fahrudin, dan E. S. (2020). Pendidikan akhlak dalam kitab ta’lim al - muta’allim dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Taklim:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 23–36. https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim/article/view/32816/14146

Rusn, A. I. (2009). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cv Alfabeta.

Walliman, N. (2011). Research Methods: The Basic. Tylorand and Francis Group.

Yaqub, H. (1983). Etika Islam (2nd ed.). Diponegoro.

Published

29-08-2023

Citation Check