IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA MUAHAMMADIYAH CIPANAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.604Keywords:
Implementasi, Kegiatan, SMA Muhammadiyah, Karakter, Peserta didikAbstract
Penelitian ini diawali dengan kebutuhan masyarakat yang banyak terhadap kebutuhan kemampuan peserta didik memiliki karakter. Beranjak dari masalah di atas SMA Muhammadiyah Cipanas tertarik untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan melaksanakan program implementasi pengembangan keberagamaan peserta didik dengan pembiasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif partisipatoris. berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti di simpulkan bahwa dengan dilaksanakannya pembiasaan di SMA Muhammadiyah Cipanas dapat meningkatkan intensitas peserta didik dan berimplikasi pada meningkatnya karakter yang baik padapeserta didik melalaui kegiatan; Kantin (Kajian Tentang Islam), Metal (Mengkaji Tajwid Al-Quran), Sholat dhuha, Membaca al-Qur’an sebelum memulai pelajaran, Berlatih infaq setiap hari, Shalat dzuhur berjamaah dan IMMA (Intensitas Membaca Menulis al-Qur’an). Saran dari penelitian di harapkan sekolah bisa lebih memaksimalkan kegiatan dan menambahkan program keagamaan yang berkaitan dengan karakter.
References
Nurchaili. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaab, 16(9).
Raharjo, S.B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaah, 16(3).
Saihu, S. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BALANCED SCORECARD DI PONDOK PESANTREN JAM’IYYAH ISLAMIYYAH TANGERANG SELATAN. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, 3(1), 1-22.
Saihu, S. (2019). KOMUNIKASI PENDIDIK TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH KHUSUS ASY-SYIFA LARANGAN. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418-440.
Saihu, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pluralis Melalui Model Pendidikan Transformatif Learning Pada Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Negara. Kordinat| Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(1), 226-249.
Sumber dari Buku
Arifin. (1989). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Azzet, A.M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitri, A.Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Bilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Kemendikans. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Soekamto, S. (2000). Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja wali Press.
Sukanto, S. (1984). Kamus Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press.
Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).