Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keagamaan Untuk Membentuk Kemandirian Siswa (Studi Multi Situs Di Smk Nu Sunan Ampel Poncokusumo Malang Dan Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5995Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keagamaan, Kemandirian Siswa.Abstract
Pendidikan kewirausahaan berbasis keagamaan dilakukan sebagai upaya menanamkan kompetensi kewirausahaan dengan berbasiskan nilai-nilai keagamaan untuk membentuk kemandirian siswa, yaitu dengan melakukan integrasi antara pendidikan kewirausahaan dengan pendidikan agama islam mencakup nilai-nilai kewirausahaan yang terkandung dalam al-Qur’an, menjadikan Nabi Muhammad Saw dalam berwirausaha sebagai tauladan dan berwirausaha dengan mengikuti prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana konsep, implementasi dan dampak pendidikan kewirausahaan berbasis keagamaan untuk membentuk kemandirian siswa di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Malang dan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain: Konsep pendidikan kewirausahaan berbasis keagamaan untuk membentuk kemandirian siswa dilakukan melalui intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, sedangkan implementasi dilakukan melalui pembelajaran di kelas dan praktik langsung untuk berwirausaha. Adapun dampak dari implementasi di atas adalah membentuk siswa yang mandiri dengan berwirausaha sejak di bangku sekolah.
Kata kunci: Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keagamaan, Kemandirian Siswa.
References
Abdullah, Ma’ruf. 2011. Wirausaha Berbasis Syariah, Banjarmasin: Antasari Press,
Adi Mansah, 2021. Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Al-Qur’an, (Disertasi, Institut PTIQ Jakarta).
Ali Hasan, 2009. Manajemen Bisnis Syariah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Andri Seomitra, 2015. Kewirausahaan Berbasis Syariah, (CV. MANHAJI dengan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara UIN-SU Medan),
Bogdan, Robert dan Sari Knopp Biklen. 1982, Penelitian Kualitatif untuk Pendidikan: Pengantar Teori dan Metode, (Boston: Allyn & Bacon Inc, )
Dokumentasi, (SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, 16 Oktober 2023)
Dokumentasi, (SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Malang, 17 Oktober 2023)
Dokumentasi, Modul Ajar Kewirausahaan Guru: Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Malang, 5 Desember 2023
Dwi Prasetyani, 2020. Kewirausahaan Islami, (CV. Djiwa Amarta Press Surakarta)
Eko, wawancara (SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Malang, 17 Oktober 2023)
Endah Andayani, 2015. Analisis pengalaman belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada program SMK mini pondok pesantren. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Sabtu, 07 November 2015
Fadhlurrahman, 2022. Pendidikan Kewirausahaan dalam Islam, (UAD PRESS: Januari)
Faiz Nur Musyafa, Nasikh, Heny Kusdiyanti, 2022. Implementasi Nilai Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membentuk Wirausahawan Muda, Studi Kasus Di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Malang. International Journal of Education and Literature (IJEL), Vol. 1 No.3 Desember 2022, Page 14-20
Farida, wawancara (SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Malang, 17 Oktober 2023)
Hanifiyah Yuliatul Hijriah. 2016. Spiritualitas Islam Dalam Kewirausahaan, Jurnal TSAQAFAH, Vol. 12, No. 1, Mei 2016, hal. 199.
Hasanah, 2015. Teori entrepreneurship: membangun jiwa entrepreneur anak melalui pendidikan kejuruan, (CV. Misvel Aini Jaya, Maret),
Johan Arifin. 2009. Etika Bisnis Islam, Semarang: Walisongo Press
Lukman Hakim, 2012. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam, Surabaya: Erlangga,
Mangkualam, K., & Indonesia, U. I. 2018. IPRC59 The Relationship between Independent Behaviour and Positive Mental Hea lth towards Entrepreneurial Intentions of Psychology Students IPRC59 The Relationship between Independent Behaviour and Positive Mental Health towards Entrepreneurial Intentions. (October)
Marsiyah, Trisni Handayani, 2020. Implementasi Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Dinamika Pendidikan. vol.13, No.3, November 2020
Martono, wawancara (SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, 16 Oktober 2023)
Milles, Matthew B., Michael Huberman dan Johnny Saldana, 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode, Sage Publications Inc,
Mustafa Kamal Rokan, 2013. Bisnis Ala Nabi: Teladan Rasulullah SAW Dalam Berbisnis. (Yogyakarta, Bunyan, PT Bentang Pustaka: November).
Nurjanah, S, 2016. Mengangkat nilai budaya sebagai pendidikan karakter yang bermutu untuk mahasiswa indonesia. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 9, 157–162.
Ridwan, Murtadho. 2013. “Standar upah pekerja menurut sistem ekonomi islam.†Equilibrium 1 397 (2): 241–57.
Sarıkaya, M., & Coşkun, E. 2015. A New Approach in Preschool Education: Social Entrepreneurship Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 888–894. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.368
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: PT. Rineka Cipta).
Sri Astuti, Thomas Sukardi, 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Untuk Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 3, November, 2013
Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. http://repository.uin-malang.ac.id/1984/2/1984.pdf. Juli 2017
Zahid Mubarok, Hendri Tanjung, dan Abbas Mansur. Tamam 2017. Konsep Pendidikan Wirausaha Dan Kemandirian Bagi Anak Panti Asuhan, Ta’dibuna, Vol. 6, No. 1, April 2017
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).